ANALISIS KONSEP FISIKA MAHASISWA TEKNIK ELEKTRONIKA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Nur Aulia Fitriani Syarifuddin(1*), M. A. Martawijaya(2), Usman Usman(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v20i1.32867

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian studi yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan konsep fisika yang dimiliki oleh mahasiswa jurusan Teknik Elektronika di Universitas Negeri Makassar. Masalah yang dikaji adalah konsep fisika yang dimiliki oleh mahasiswa jurusan teknik eletronika, subjek penelitian ini adalah 2 mahasiswa yang memiliki nilai yang tinggi. Mata kuliah yang dipiluh oleh peneliti adalah rangkaian listrik, peneliti menggunakan instrumen wawancara dengan validasi pakar, berdasarkan analisis Gregory sebesar 0,975 dan dinyatakan valid dan dapat digunakan dengan revisi kecil. Teknik analisis data yaitu mereduksi data, menyaji data, dan penarikan kesimpulan sehingga konsep fisika mahasiswa teknik elektronika menunjukkan bahwa ada 2 subjek yang memiliki konsep fisika yang bagus. Diantara 2 subjek tersebut ada 1 subjek yang memiliki konsep fisika yang tinggi.

Full Text:

PDF

References


Amnirullah, L. (2015). Analisis Kesulitan Penguasaaan Konsep Mahasiswa pada Topik Rotasi Benda Tegar Dan Momentum Sudut. Jurnal FIsika Indonesia, 34.

Amnirullah, L. (2015). Analisis Kesulitan Penguasaan Konsep Mahasiswa Pada Topik Benda Tegar Dan Momentum Sudut. Jurnal Fisika Indonesia, 34.

Ansyah, H. (2015, April). Apa Arti Dari Mahasiswa. Retrieved from Kompasiana : htttp://www.google.com/amp/s/www.kompasiana.com/amp/heriansyah_ppkn/apa-arti-dari-mahasiswa_553110c96ea8345d538b456b

Hatta, W., Sudarwanto, M. B., Sudirman, I., & Malaka, R. (2013). SURVEI POTENSI DANGKE SUSU SAPI SEBAGAI ALTERNATIF DANGKE. JITP, 40-50.

Hidayat, S. (2013). Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: PT Remaja.

Marthen Kanginan, M. (2013). Fisika 1 untuk SMA/MA Kelas X. Penerbit Erlangga.

Jeanete Ophilia Papilaya, N. H. (2016). Identifikasi Gaya Belajar Mahasiswa. Jurnal Psikologi Undip, 56-63.

Kurniawan, A. (2021, Februari). Guru Pendidikan. Diambil kembali dari gurupendidikan.com: http://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-mahasiswa/

Kurniawan, A. (2021, Februari 2). Pengertian Mahasiswa Menurut Para Ahli Beserta Peran dan Fungsinya. Diambil kembali dari gurupendidikan.com: http://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-mahasiswa/

MS, A. (2016, September 14). Cabang-Cabang Fisika. Diambil kembali dari Fisika Indonesia: https://fisika.id/2016/09/14/cabang-cabang-fisika/

Mutahharah Hasyim, M. T. (t.thn.). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Pada Peserta Didik Kelas XI IPA SMA NEGERI 4 Takalar. Jurnal Pendidikan FIsika dan Terapannya, 25.

Oktavianus Ama Ki'i, E. D. (2021). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pelaksanaan Praktikum Elektronika Dasar II secara virtual di Masa Pandemi COVID-19. Jartika Sinta, 75-80.

Rahmatillah, A. M. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Keterampilan Proses Sains Terhadap Aktivitas Pada Materi Koloid. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA (JIPI).

Shelvi. (2017). Peran, Fungsi dan Pengertian Mahasiswa Menurut Para Ahli . Diambil kembali dari Masukuniversitas: http://www.masukuniversitas.com/mahasiswa/amp/

Siswono, H. (2017). ANALISIS PENGARUH KETERAMPILAN PROSES SAINS TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA SISWA . Momentum: Physics Education Journal , 83-90.

WIbowo, A. M. (2012). Peningkatan Pemahaman Konsep Sains Di Madrasah Ibtidaiyah Melalui Perbaikan Bahan Ajar. Madrasah, 163.

Wiseza, F. C. (2017). Implementasi Nilai Karakter Jujur di Sekolah Bunda Paud Kerinci. Nur El- Islam.


Article Metrics

Abstract view : 24 times | PDF view : 12 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: [email protected]

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License