ANALISIS KESIAPAN UNTUK BERINKUIRI TAHAP OBSERVASI PADA SISWA KELAS XII SMAN 22 BONE

Afridha Nurfadhyla(1*), Pariabti Palloan(2), M. A Martawijaya(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v19i2.32858

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitiaan kuaitatif jenis fenomenografi. Penelitian ini bertujuan untuk memahami persepsi setiap individu dalam menggambarkan fenomena disekitarnya untuk mengetahui kesiapan peserta didik dalam mnggunakan metode pembelajaran inkuiri terbimbing pada pelajaran fisika. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XII SMAN 22 Bone yang berjumlah 5 orang yang kemudian akan dipilih siswa kelas XII yang memiliki nilai fisika tertinggi untuk menjadi subjek penelitian ini. pengumpulan data dilakukan melalui pemberian masalah pemicu dalam bentuk pengamatan objek kearifan lokal untuk mengetahui kesiapan peserta didik dalam pembelajaran menggunakan metode inkuiri terbimbing kemudian melakukan wawancara kepada setiap subjek penelitian yang diajukan secara lisan dan dijelaskan sedetail mungkin. instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar angket. Data yang diuji keabsahannya kemudian dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedsiapan peserta didik SMAN 22 Bone untuk berinkuiri tahap observasi dapat dikatakan siap dan telah memenuhi salah satu indikator kesiapan berinkuiri tahap observasi yaitu menggunakan alat dan bahan untuk mengamati objek dengan detail.

Full Text:

PDF

References


A’yunin, Q., Indrawati, I., & Subiki, S. (2016). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Pada Pembelajaran Fisika Materi Listrik Dinamis Di Smk. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Jember, 5(2), 115751.

Arifuddin, A., Alfiani, D. A., & Hidayati, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Guru MI, 5(2), 261–274.

Bahtiar. (2015). Strategi Belajar Mengajar Sains (IPA). Mataram: CV Sanabil.

Kristianto, Y. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Kelas IV SD. E- Jurnal Mitra Pendidikan (JMP Online), 3(11), 1428–1443.

Munandar, R. R., Sutjihati, S., & Irpan, A. M. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Melalui Praktikum Berbasis Lesson Study Terhadap Penguasaan Konsep Sistem Respirasi. PEDAGONAL| JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN, 3(2), 10–17.

Murtini, L., Aminah, N. S., & Rahardjo, D. T. (2015). Eksperimentasi Pembelajaran Fisika Berbasis Ctl Melalui Metode Eksperimen Dan Demonstrasi Pada Materi Alat Optik Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa Di SMA. Prosiding Seminar Nasional Fisika Dan Pendidikan Fisika (SNFPF), 6, 140–146.

Nurfarida, Bahtiar, B., & Ernita, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 2(1), 9. https://doi.org/10.29103/relativitas.v2i1.1790

Tohir, A. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 27 Tegineneng. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 48. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.23015


Article Metrics

Abstract view : 53 times | PDF view : 18 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License