ANALISIS KESESUAIAN BUTIR SOAL UJIAN SEKOLAH MATERI FISIKA SMA DENGAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI BERDASARKAN REVISI TAKSONOMI BLOOM

Nurul Muawanah(1*), Khaeruddin Khaeruddin(2), Helmi Helmi(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v19i3.32856

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian observasi yang bertujuan untuk mendeskripsikan kesesuaian butir soal ujian sekolah dengan indikator pencapaian kompetensi yang dibuat oleh pendidik di SMAN 8 WATANSOPPENG. Fokus penelitian ini adalah aspek kognitif dan penggunaan KKO. Data penelitian ini adalah soal ujian sekolah selama tiga tahun mulai tahun 2017 hingga 2019. Data hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan tekhnik pilah dan penggolongan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh pada tahun 2017 terdapat 20 soal sesuai, pada tahun 2018 terdapat 22 soal sesuai, dan ditahun 2019 terdapat 21 soal sesuai. Sedangkan untuk penggunaan KKO sudah tepat.

Full Text:

PDF

References


Akbar, Ilham. ( 2018). Deskiripsi Perbandingan Taksonomi Bloom dan Identifikasi Perumusan Tujuan Pembelajaran Fisika berorientasi Revisi Taksonomi Bloom. Jurnal Linear. ISSN: 2549-8657.

Anderson dan David R Krathwohl (Eds). (2010). Kerangka Landasan dan Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen Revisi Taksonomi Bloom Pendidikan Terjemahan Agung Prihantoro. A Taxsonomy For Learning, Teaching, and Assesing : A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objective. Yogyakarta: Puastaka Pelajar

Arikunto. Suharsimin. (2003). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: bumi aksara.

Daryanto. (2008). Evaluasi pendidikan. Jakarta: Rineka Cpta.

Ernawati. (2017). Analisis Kesulitan Guru dalam Merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Fisika berdasarkan Kurikulum 2013 di kota Banda Aceh. Jurnal pendidikan sains Indonesia Vol.5, No.2.

Kocakaya,Dkk.( 2010). Analysis of Turkish High School Physics Examination Questions according to Bloom’s Taxsonomy.

Nurlailiyah, Dkk. (2019). Analysis of High School Physisc National Examination Question Based on Bloom Taxonomy and National Examination Question standard in 2017/2018. Journal of Physics:conf. series 1171 (2019)012041.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 tahun 2006. Standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah.

Peraturan Menteri pendidikan dan kebudayaan republic Indonesia nomor 23 tahun 2016 tentang standar penilain pendidikan.

Rusiyah, Dkk. (2020). Analisis Soal Ujian Akhir Semester Mata Pelajaran Geografi dengan Menggunakan Pemodelan Rasch. Jurnal Swarnabhumi Vol.5, No.1, Februari 2020. P- issn 2548-5563 e-issn 2622-2701.

Setiawati, wiwik. Dkk. (2019). Buku Penilaian Berorientasi High Order Thinking Skill. Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Pendidikan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan

Slameto.(1988). Evaluasi Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara .

Sudijono. Anas, (2009). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo prasada.

Sutiadi,Asep. (2015). Analisis Butir soal Ujian Nasional SMA bidang Fisika tahun 2014 Menggunakan Taxonomy of introductory Physics Problem


Article Metrics

Abstract view : 52 times | PDF view : 20 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License