KONSEPSI FISIKA BAGI PESERTA DIDIK SMA DI BONE UTARA DALAM MEMAJUKAN PRODUKSI SONGKOK RECCA

Andi Musniar(1*), M. A. Martawijaya(2), Subaer Subaer(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v19i3.32760

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsepsi fisika bagi peserta didik SMA di Bone Utara dalam memajukan produksi Songkok Recca dengan menggunakan bahan alternatif serat eceng gondok. Penelitian ini merupakan studi kasus yang memusatkan perhatian pada suatu kasus yakni konsepsi peserta didik yang dianggap kurang. Subjek yang digunakan sebanyak lima orang dengan ketentuan menyukai mata pelajaran fisika dan familiar dengan proses pembuatan songkok recca. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan beberapa tahap yakni, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa peserta didik tidak memiliki konsepsi fisika, hanya mampu mengungkapkan konsep fisika dan adapula beberapa peserta didik tidak tahu konsep.


Full Text:

PDF

References


Febriana, K. A., & Setiawan, Y. B. (2016). Komunikasi Dalam Difusi Inovasi Kerajinan Enceng Gondok Di Desa Tuntang, Kabupaten Semarang. Jurnal The Messenger, 8(1), 17-26.

Samsudin, A., & Husnussalam, H. (2017). IbM Pemanfaatan Tanaman Eceng Gondok (Eichornia crassipes) untuk Kerajinan Tas. Agrokreatif Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), 34-39.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, Cv.

Tim Indonesiabaik.id. Bangga Buatan Indonesia. Jakarta Pusat: Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementrian Komunikasi dan Informatika.

Undang-Undang Republik Indonesia 1945 Pasal 33 Ayat 3 Tentang Pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA).

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2017 Tentang Pemajuan Kebudayaan.

Yin, Robert K. (2006). Studi Kasus Desain dan Metode. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.


Article Metrics

Abstract view : 41 times | PDF view : 17 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License