KESULITAN MATERI FISIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS X MIPA SMA NEGERI 14 BULUKUMBA

Syahrul Salassa(1*), Bunga Dara Amin(2), Muh Sidin Ali(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v19i1.32349

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kesulitan materi fisika peserta didik dan faktor-faktor penyebab kesulitan materi fisika peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 14 Bulukumba. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 14 Bulukumba tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 43 peserta didik. Data tingkat kesulitan materi fisika peserta didik diperoleh dari two-tier multiplechoice diagnostic test. Sedangkan data faktor-faktor yang menyebabkan peserta didik mengalami kesulitan materi fisika, diperoleh dari lembar kuesioner yang diisi oleh peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesulitan materi fisika pada materi pengukuran besaran pada kategori sedang, materi vector pada kategori sedang, materi gerak lurus pada kategori tinggi, materi gerak parabola pada kategori sangat tinggi, dan materi gerak melingkar pada kategori sangat tinggi. Kesulitan belajar materi fisika yang dialami peserta didik disebabkan oleh faktor usaha untuk belajar materi fisika, ketertarikan pada materi fisika, kecakapan dalam mempelajari materi fisika, teman bergaul dan relasi antar peserta didik.

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. (2012). Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis dan Remediasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas). (2007). Pedoman Pengembangan Tes Diagnostik. Mata Pelajaran IPA SMP/MTS. Depdiknas. Jakarta.

Hadi, S., Ismara, K. I., & Tanumihardja, E. (2015). Pengembangan Sistem Tes Diagnostik Kesulitan Belajar Kompetensi Dasar Kejuruan Siswa Smk. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 19(2), 168–175.

Hatibe, A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Fisika Siswa SMA Menggunakan Two-tier Multiple Choice Diagnostic Instrument. 8(2).

Kallesta, K. S., & Erfan, M. (2017). Junal Pendidikan Fisika Volume 1 No 1, September 2017 Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar IPA Fisika pada Materi Bunyi Junal Pendidikan Fisika Volume 1 No 1, September 2017. 1(1).

Kemendikbud. (2016). Salinan Permendikbud Nomor 23 tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan. 2016, Standar Penilaian Pendidikan, 1–12.

Skl-sp, P., Kompetensi, S., & Satuan, L. (2006). Standar Kompetensi Lulusan Satuan. 1–13.

Yuwarti, Y., Pasaribu, M., & Hatibe, A. (2017). Analisis Pemahaman Konsep Vektor pada Siswa SMA Negeri 5 Palu. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 5(3), 12.


Article Metrics

Abstract view : 97 times | PDF view : 235 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License