PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBENTUK FLIPBOOK BERCIRIKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS

Fauziah Rasyid(1), Pariabti Palloan(2*), Khaeruddin Khaeruddin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v20i1.31852

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan modul pembelajaran fisika berbentuk flipbook bercirikan Keterampilan Proses Sains (KPS) yang valid, praktis dan efektif. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan model Nieveen dan Plomp. Teknik pengumpulan data yaitu pengisian lembar validasi, angket repon guru dan peserta didik serta instrumen pretest dan postest. Hasil penelitian menujukkan bahwa validasi modul menghasilkan kofisien Gregory 1,0 yang menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan telah valid. Kepraktisan modul berdasarkan respon guru dan respon peserta didik. Respon guru menunjukkan respon yang sangat positif dan respon peserta didik menunjukkan 42,3% memberi respon sangat positif, 50% positif dan 7,7% cukup positif. Efektivitas modul berdasarkan peningkatan hasil belajar peserta didik. Diperoleh bahwa terdapat perbedaan skor pretest dan postest yang signifikan pada taraf signifikansi 5% dan nilai N-Gain 0,2. Maka  disimpulkan bahwa modul pembelajaran fisika berbentuk flipbook yang bercirikan keterampilan proses sains yang dikembangkan valid, efektif dan praktis

Full Text:

PDF

References


Akker, J. van den, Bannan, B., Kelly, A. E., Nieveen, N., & Plomp, T. (2013). Educational Design Research. Educational Design Research, 1–206. http://www.eric.ed.gov/ERICWebPortal/recordDetail?accno=EJ815766

Arumsari, L. T., Rosilawati, I., & Kadaritna, N. (2013). Pengembangan Instrumen Asesmen Keterampilan Proses Sains Pada Materi Teori Tumbukan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Gultom, E. C. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains, Sikap Ilmiah dan Kemampuan Kognitif Siswa. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 9(1), 76–83.

Hidayah, N. (2021, August 26). 90% Sekolah di Maros Sudah Lakukan Pembelajaran Tatap Muka. TribunMaros.Com.

Joshephine, N. E. (2020). GERAK MELINGKAR FISIKA KELAS X. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Jumadi, J., Sunarno, W., & Aminah, N. S. (2018). Pengembangan Modul Ipa Berbasis Keterampilan Proses Sains Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas Vii Smp Pada Materi Kalor. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 7(2), 262. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v7i2.22986

Maharani, M., Wati, M., & Hartini, S. (2017). Pengembangan Alat Peraga pada Materi Usaha dan Energi untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Melalui Model Iquiry Discovery Learning (IDL Terbimbing). In Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika (Vol. 5, Issue 3).

Mutrovina, N., & Syarief, S. H. (2015). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Reaksi Reduksi-Oksidasi di Kelas X SMA Negeri 12 Surabaya. UNESA Journal of Chemical Education, 4(3), 466–471.

Rochmad. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Jurnal Kreano, 3(1).

Septian, D. (2018). Pembelajaran IPA dengan Learning Cycle Berbantuan Multimedia Interaktif Ditinjau dari Pengetahuan Awal dan Gaya Belajar Siswa. http://journal.unucirebon.ac.id/index.php/jpfs

Sujanem, R., Suwindra, I. N. P., & Tika, I. K. (2009). Pengembangan Modul Fisika Interaktif Berbasis Web Untuk Siswa Kelas I SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 42(1), 97–104.

Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu. Bumi Aksara.

Wahab, A., Junaedi, J., & Azhar, Muh. (2021). Efektivitas Pembelajaran Statistika Pendidikan Menggunakan Uji Peningkatan N-Gain di PGMI. Jurnal Basicedu, 5(2), 1039–1045. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.845

Wibowo, E., & Pratiwi, D. D. (2018). Desimal: Jurnal Matematika Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Materi Himpunan. 1(2), 147–156. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/desimal/index


Article Metrics

Abstract view : 7 times | PDF view : 1 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License