PENGEMBANGAN INSTRUMEN MATERI FISIKA KELAS XI UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA NEGERI 8 MAKASSAR

A. Heriati Asri(1*), Kaharuddin Arafah(2), Helmi Helmi(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v19i2.31796

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur dan menganalisis kualitas pengembangan instrumen materi fisika kelas XI agar dapat digunakan untuk mengukur keterampilan berpikir kritis peserta didik SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan yang dikemukakan oleh Allen (1979) yang melalui 6 tahap yaitu plan the test, write item for each of the areas in the plan, administer all the item to a reasonably, conduct an item analysis, administer the revised test the another representative sample of examinee dan test standardization. Untuk mengetahui tujuan tersebut diperoleh koefisien validitas isi, koefisien reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda butir instrumen. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XII IPA SMAN 8 Makassar terdiri dari 106 peserta  didik. Jumlah butir yang dikembangkan sebanyak 52 butir soal pilihan ganda. Hasil penelitian ini yaitu instrumen materi fisika kelas XI yang dikembangkan memiliki kualitas dengan kategori sangat layak berdasarkan hasil uji validasi ahli sebesar 0,96. Jumlah butir soal yang diujicobakan sebanyak 40 butir. Ujicoba instrumen dilakukan sebanyak dua kali dan menghasilkan koefisien reliabilitas sebesar 0,87 untuk ujicoba pertama dan ujicoba kedua. Dengan hasil analisis yang telah diperoleh maka instrumen materi fisika kelas XI yang dikembangkan tergolog valid dan reliabel baik secara teoretik maupun seara empirik. Sehingga menghasilkan instrumen tes yang baik dengan jumlah butir tes soal pilihan ganda sebanyak  33 butir soal.

 

Kata Kunci : Instrumen Materi Fisika, Keterampilan Berpikir Kritis, Validitas, Reliabilitas


Full Text:

PDF

References


Antara, Anak Agung.(2020). Penyetaraan Vertikal dengan Pendekatan Klasik dan Item Response Theory (Teori dan Aplikasi) Yogyakarta: Deepublish.

Arifin, Zaenal. (2017). Mengembangkan Instrumen Pengukur Critical Thinking Skills Siswa pada Pembelajaran Matematika Abad 21. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(2), 92-100.

Arifin, Zaenal. (2017).Kriteria Instrumen dalam Suatu Penelitian. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 2(1), 28-36.

Arkundanto, A. (2007). Pembaharuan dalam Pembelajaran . Jakarta: Universitas Terbuka.

Facione P. A. (2015). Critical Thinking: What it is and why it counts. Measured Reasons and the California Academic Press, Millbrae, CA.

Giancoli, Douglas C. (2001). Jilid 2, diterjemahkan oleh Yuhilza Hanum dari Physics Fifth Edition, Jakarta: Penerbit Erlangga.

Hassoubah, Z.I. (2004). Developing Creative and Critical Thinking Skills. Bandung: Nuansa.

Khaeruddin. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Keterampilan Proses Sains untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta didik SMA (Disertasi). Universitas Negeri Surabaya, Surabaya.

Khaeruddin, & Amin, B. D. (2018). Analisis keterampilan berpikir kritis pada Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 Mata Pelajaran SMA. Makassar: Lembaga Penelitian UNM.

Negoro, R. A., Hidayah, H., Subali, B., & Rusilowati, A. (2018). Upaya Membangun Ketrampilan Berpikir Kritis Menggunakan Peta Konsep Untuk Mereduksi Miskonsepsi . Jurnal Pendidikan (Teori dan Praktik), 3(1), 45.

Maulana. (2018). Konsep Dasar Matematika dan Pemgembangan Kemampuan Berpikir Kritis- Kreatif. UPI Sumedang Press: Sumedang

Mardapi, D. (2018). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Yogyakarta: Nuha Medika.

Mardapi, D. (2015). Pengukuran, Penilaian dan Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Matondang, dkk. (2019). Evalusi Hasil Belajar. Jakarta : Yayasan Kita Bisa.

Muliyani, titin., Huriaty, Dina (2016). Pengembangan Instrumen Tes Geometri Dan Pengukuran Pada Jenjang SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2). ISSN 2442-3041.

Maulidya, A. (2018). Berpikir dan Problem Solving. 19.

Puspita., Firlani.,Kartikasari (2020). Pembelajaran Berbasis Praktik Baik untuk Peserta Didik. Tinta Merah Indonesia.

Sriyanti. (2019). Evaluasi pembelajaran matematika. Jakarta : Uwais Inspirasi Indonesia.

Sumardi M.Hum, Dr. (2020). Teknik Pengukuran dan Penilaian Hasil Belajar. Sleman : CV Budi Utama.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susilowati, S., Sajidan, S., & Ramli, M. (2018). Keefektifan perangkat pembelajaran berbasis inquiry lesson untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 22(1), 49.

Tipler, P.(1998). Untuk Sains Dan Teknik. Jakarta: Erlangga.

Trilling,B., & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills Learning for Life in Our Times (1 ed.). Jossey-Bass.

Tresnawati., Wahyu Hidayat., Euis Eti Rohaeti (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kepercayaan Diri Peserta didik SMA. Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 2(2). ISSN 2548-2297.


Article Metrics

Abstract view : 75 times | PDF view : 24 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License