ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS X DI SMAN 10 MAKASSAR

Nurazizah Sarip(1), Kaharuddin Kaharuddin(2*), Pariabti Palloan(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v18i3.31668

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian survei yang bertujuan untukmendeskripsikan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas X MIPAdi SMAN 10 Makassar. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 10Makassar pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Indikatorketerampilan berpikir kritis yang diteliti meliputi interpretasi, analisis,evaluasi dan inferensi. Adapun variabel dalam penelitian ini yaituketerampilan berpikir kritis peserta didik. Sampel penelitian yaitu pesertadidik kelas X MIPA sebanyak 5 kelas dan berjumlah 171 orang. Data hasilpenelitian diperoleh dengan cara memberikan tes keterampilan berpikirkritis. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistikdeskritif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpilirkritis pada indikator interpretasi sebesar 36,36 % peserta didik beradapada kategori sangat rendah, pada indikator analisis sebesar 37,43%peserta didik berada pada kategori rendah, pada indikator evaluasi sebesar32,16 % peserta didik berada pada kategori sangat rendah dan padaindikator inferensi sebesar 59,06% peserta didik berada pada kategorisangat rendah. Dengan demikian keterampilan berpikir kritis peserta didiksecara keseluruhan didominasi oleh kategori sedang dengan persentasesebesar 40,94 % . Berdasarkan hasil penelitian indikator analisis memilikipersentase skor rata-rata tertinggi sebesar 30,91% peserta didik beradapada kategori rendah sedangkan indikator yang memiliki presentase skorrata-rata terendah yaitu indikator inferensi sebesar 23,98 % peserta didikberada pada kategori rendah. Penyebab rendahnya keterampilan berpikirkritis peserta didik karena peserta didik tidak terbiasa menggunakan soalberbasis keterampilan berpikir kritisKata Kunci :Analisis, Berpikir Kritis, Evaluasi, Inferensi, InterpretasiAbstract – This research is survey research aims to describe the criticalthinking skills of senior high school students in class X MIPA in seniorhigh school 10 makassar. This research was conducted in 2019/2020academic year. The indicators of critical thinking skills are studiedinclude interpretation, analysis, evaluation, and inference. The researchvariables are students’ critical thinking skills .The research sample isstudents of class X MIPA with a total 171 students. The data werecollecting by providing critical thinking skills test. The data analysistechnique used descriptive statistical analysis. The results showed thatcritical thinking skill in the interpretation indicators were 36,36 % of theparticipants sitting in the very low category, on the analysis indicatorswere 37,43 % of the participants sitting in the low category, on theevaluation indicators were 32,16 % of the participants sitting in the verylow category, and on the inference indicators 59,06 % of the participantssitting in the very low category. Thus, the critical thinking skill of studensas a whole are dominated by the medium category with a percentage of59,06 %. Based on the results of the research, the rvaluation indicatorshave the highest percentage average score of 30,91% of students are inthe low category while the indicator that has the lowest percentageaverage score is the inference indicator of 23,98 % of students are in thevery low category. The course of the low critical thinking skill of studentsbecause students are note accustomed to using questions based on criticalthinking skills.Keywords :Analysis, Critical Thinking, Evaluation, Inference,Interpretation

Full Text:

PDF

References


Agnafia, D. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Biologi.

Florea : Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 6(1), 45.

https://doi.org/10.25273/florea.v6i1.4369

Alawiyah, N., & Marlina, R. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Prosiding

Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sosiomatika, 7.

http://journal.unsika.ac.id/index.php/sosiomadika

Arafah, K. (2018). Pengembangan Instrumen Berbasis Keterampilan-Keterampilan Abad ke-2. Seminar

Nasional Fisika 2018. 4.

Arizkah, N. (2019). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis

Peserta Didik Sman 5 Soppeng. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, 14(3).

https://doi.org/10.35580/jspf.v14i3.10123

Azizah, M., Sulianto, J., & Cintang, N. (2018.). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah

Dasar Pada Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013. journal penelitian pendidikan, 61-

Azwar, S. (1993). "Kelompok Subjek ini memiliki Harga diri yang rendah " ’kok tahu...? Buletin

Psikologi, I(2), 13-17 10.22146/bpsi.13160

Fithriyah, I., Sa’dijah, C., Malang, U. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IX-D

SMPN 17 Malang. Konfersi Nsional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya..

Handayani, N. N. L. (2020). Pengembangan Instrumen Critical Thinking Skills Siswa Sekolah Dasar

Pada Pembelajaran A.Bad 2. 3, 10.

Khasanah, S. M., & Supardi, Z. A. I. (2019). Pengembangan Lkpd Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk

Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis. Inovasi Pendidikan Fisika: 08(03), 5.

Muhdana, Herman, Arafah K,. (2020). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan

Berpikir Kritis Peserta Didik dI SMA NEGERI 2 Majene. Jurnal Sains dan Pendidikan

Fisika, 15(3). https://doi.org/10.35580/jspf.v15i3.13493

Rahmayanti, Hidayat, & Rahayu. (2016). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP pada

Materi Gaya dan Penerapannya. Pros Semhas Pend IPA Pascasarjana UM, 239–242.

Widiyowati, I. I. (2015). Hubungan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Respon Mahasiswa Terhadap

Penggunaan Model Pembelajaran Advance Organizer Pada Materi Larutan Penyangga.

Journal Pancanran. Vol 4(1):89-104.

Yusuf, M., Arafah, K., & Amin, B. D. (2020). Implementation of Congnitive Assessment of Physic

Subject at SMAN 10 Makassar. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah

Makassar, 8(3)


Article Metrics

Abstract view : 189 times | PDF view : 97 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License