ANALISIS PENGUASAAN KONSEP GELOMBANG PESERTA DIDIK MAN 2 KOTA MAKASSAR DI MASA PANDEMI COVID-19

Oktaviana Beferly Mapau(1), Helmi Helmi(2*), Abdul Haris(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v18i3.31480

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survey yang bertujuan untuk mendeskripsikan penguasaan konsep gelombang peserta didik MAN 2 Kota Makassar di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Variabel dalam penelitian ini adalah penguasaan konsep gelombang. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XII MIPA MAN 2 Kota Makassar tahun ajaran 2021/2022 dengan ukuran sampel 115 peserta didik yang telah mempelajari materi gelombang. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode tes dengan dua cara yakni memberikan instrumen tes yang berupa soal pilihan ganda beralasan kepada peserta didik secara langsung dan berbantuan google formulir.. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa skor rata- rata penguasaan konsep peserta didik berada pada kategori sangat rendah dengan persentase 77%.


Full Text:

PDF

References


Amina, Adelina Ratna Sari, Arif Hidayat, dan Lia Yuliatu. 2017. “Profil Pemahaman Konsep Dasar Gelombang Mekanik Siswa.” 209–17.

Anggraini, Rizky Mayang, Jufrida Jufrida, dan Wawan Kurniawan. 2019. “Developing A Module on Sound Wave of Solid, Liquid, and Gas Substances through Problem Solving Model with Matlab Simulation on Wave and Optical Courses.” Jurnal Pendidikan Fisika 7(2):173–82. doi: 10.26618/jpf.v7i2.1996.

Herliandry, Luh Devi, Nurhasanah Nurhasanah, Maria Enjelina Suban, dan Heru Kuswanto. 2020. “Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19.” JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan 22(1):65–70. doi: 10.21009/jtp.v22i1.15286.

Iftitah, Anggita Nurul, Sri Handono Budi Prastowo, dan Alex Harijanto. 2017. “Analisis Penguasaan Konsep Rangkaian Arus Listrik Bolak-Balik pada Siswa Kelas XII SMA.” Seminar Nasional Pendidikan Fisika (2):1–6.

Kameo, W., S. Handayanto K., dan A. Taufiq. 2020. “Eksplorasi Penguasaan Konsep Gelombang Mekanik Mahasiswa Pendidikan Fisika Tahun Pertama Semester Genap Universitas Nusa Cendana Kupang.” JRPF (Jurnal Riset Pendidikan Fisika) 5(1):46–52.

Kemendikbud. 2015. “Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013.” Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan 210.

Nabilah, Nabilah, Yayuk Andayani, dan Dwi Laksmiwati. 2013. “Analisis Tingkat Pemahaman Konsep Siswa Kelas XI IPA SMAN 3 Mataram Menggunkan One Tier Dan Two Tier Test Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan.” Jurnal Pijar Mipa 8(2):64–69. doi: 10.29303/jpm.v8i2.80.

Ningrum, Dian Ambar. 2017. Getaran, Gelombang dan Optika. Yoyakarta: Istana Media.

Sadikin, Ali, dan Afreni Hamidah. 2020. “Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19.” BIODIK 6(2):109–19. doi: 10.22437/bio.v6i2.9759.

Suparno, Paul. 2005. Miskonsepsi & Perubahan Konsep Pendidikan Fisika. Jakarta.

Sutopo. 2016. “Pemahaman Mahasiswa Tentang Konsep-Konsep Dasar Gelombang Mekanik.” Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 2(2):41–53.

Tiro, Muhammad Arif. 2008. Dasar-dasar Statistika. Makassar: Andira Publisher Makassar.


Article Metrics

Abstract view : 137 times | PDF view : 41 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License