PENGGUNAAN MEDIA SIMULASI PhET (PHYSICS EDUCATION TECHNOLOGY) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK SMAN 9 MAKASSAR

Hidayat Tullah(1*), Aisyah Azis(2), Helmi Helmi(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v17i3.29289

Abstract


Penerapan Media Simulasi PhET (Physics Education Technology) terhadap hasil belajar fisika peserta didik SMAN 9 Makassar. Program studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Hj. Aisyah Aziz, dan Helmi). Penelitian dengan jenis pre experiment dilakukan untuk mengetahui seberapa besar kemampuan pengetahuan dan keterampilan terhadap hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan media pembelajaran simulasi PhET serta ada tidaknya perbedaan diantara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. yang menjadi objek dalam penelitian ini berjumlah 32 peserta didik dari populasi. Sebelum di berikan pembelajaran siswa terlebih dahulu diberikan pre-test untuk mengetahuan kemampuan awal. Setelah proses pembelajaran kelas diberikan post-test kemudian didapat bahwa skor hasil belajar fisika  peserta didik mengalami perubahan yang signifikan

 


Full Text:

PDF

References


Andriani, Elvin dkk. (2015) Remedi Miskonsepsi Beberapa Konsep Listrik Dinamis pada Siswa SMA Melalui Simulasi PhET DIsertai LKS. 363 Jurnal Pendidika Fisika. Vol. 3 No. 4.

Ekawati, Y., Haris, S., & Amin, B. D. (2017). Penerapan Media Simulasi Menggunakan PhET (Physics Education Technology) Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X SMA Muhammadiyah Limbung. Jurnal Pendidikan Fisika-Journal of Physics Education, 3(1), 74-82..

Munadi, Yudhi. (2008). Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada.

Widia, W., 2020. Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media PhET untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa. Indonesia Journal Development. 2722-3671.

Wiyono, dkk. (2009). Model Pembelajaran Multimedia Interaktif Relativitas Khusus untuk Meningkatkan Keterampilan Geberik Sains Siswa SMA. Jurnal Penelitian Pendidikam IPA. Vol 3 (1).

Yuafi, Muhammad Erwin Dasa dan Endryansah. (2015). Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran PhET (Physics Education Technology) Simulation Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X TITL pada Standar Kompetensi Mengaplikasikan Rangkaian Listrik di SMKN 7 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Vol. 04 No. 02.


Article Metrics

Abstract view : 279 times | PDF view : 98 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License