PENERAPAN BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA NEGERI 10 PINRANG

Sri mulyani Indrawati M. Cakmar(1*), Nurhayati Nurhayati(2), Ahmad Yani(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v17i3.28991

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui deskripsi hasil belajar fisika peserta didik setelah diterapkannya blended learning  pada SMA Negeri 10 Pinrang. Jenis penelitian ini adalah pra experimen. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan strategi pembelajaran blended learning. Pada strategi blended learning dilakukan pembelajaran daring dengan menggunakan aplikasi zoom metting berbantuan whatsapp dan pembelajaran luring menggunakan metode kelompok kerja yang berlangsung pada semester genap. Setelah diterapkan blended learning maka diberikan instrumen tes pada ranah kognitif untuk mengetahui skor hasil belajar peserta didik yang mengikuti strategi pembelajaran blended learning. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIPA 2 yang telah memenuhi kriteria dalam penelitian yang berjumlah 25 orang peserta didik. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan statistik deskriptif yang ditampilkan dalam bentuk skor terendah, skor tertinggi, skor rata-rata, standar deviasi, varians. Hasil analisis deskriptif diperoleh skor terendah 11, skor tertinggi 26, skor rata-rata 20,2, standar deviasi 3,9 dan varians 14.5. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa Hasil belajar fisika siswa SMAN 10 Pinrang setelah diterapkannya blended learning berada pada kategori tinggi.


Full Text:

PDF

References


Effendi, R. 2017.Konsep Revisi Taksonomi Bloom Dan Implementasinya Pada Mata Pelajaran Matematika SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan. 72-78

Hariadi, S. 2019. Pengembangan Multimedia Teks Wawanrembug Berbasis Blended Learning Pada Siswa Kelas VIII. Purbalinggo: Buku Buku.

Hardianto,R.Zamzami,& Wirdahchoiriah. 2020. Efektivitas Penerapan Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa di Unilak. Jurnal Inovtek Polbeng, 106-118

Herliana, F., Supriyanti, Y., & Astra, I, M. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Blended Learning dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA. Prosiding Seminar Nasional Fisika, 36-42

Hernawati, E. 2018. Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Melalui Penggunaan Metode Demonstrasi dan Media Audiovisual Pada Siswa Kelas X Man Jakarta. Diklat Teknis, 118-131.

Inah, E, N. 2015. Peran Komunikasi Dalam Interaksi Guru dan Siswa. Jurnal Al- Ta'dib. 150-167

Prastoyo, F. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Model Kooperatif Jigsaw Pada Materi Pecahan di Kelas V SDN Sepanjang 2. Surakarta: Kekata Group.

Putri, R. 2021. Model Blended Learning Berbasis Quided Inquiry. Jawa Tengah: PT. Tahta Media Group

Riduwan. 2013. Dasar-Dasar Statistik. Bandung: Alfabeta.

Santoso, S. A. 2020. Pembelajaran Blended Learning Masa Pandemi. Pasuruan: CV. Qiara Media.

Tiro, M. A. 2008. Dasar-Dasar Statistika Edisi Ke Tiga. Makassar: Andira Publisher.

Wijoyo, H., Suherman, & Audia. 2020. Blended Learning Suatu Panduan. Sumatra Barat: Insan Cendikia.


Article Metrics

Abstract view : 299 times | PDF view : 117 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License