PENGARUH PENAMBAHAN NANO QUARTZ TERHADAP KUAT TEKAN DAN KEKERASAN VICKERS MORTAR GEOPOLIMER BERBAHAN DASAR FLY ASH

Sri Oktaviani(1*), Subaer Subaer(2), Nurhayati Nurhayati(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v17i3.27880

Abstract


Telah dilakukan penelitian tentang mortar geopolimer fly ash dengan variasi penambahan nano quartz. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur dan sifat mekanik mortar geopolimer fly ash dengan variasi penambahan nano quartz. Mortar geopolimer berbahan dasar fly ash dengan variasi penambahan nano quartz 0%, 1%, 2% dan 4% dibuat menggunakan metode aktivasi alkali dan dipanaskan pada suhu 70o selama 6 jam. Struktur mikro diperoleh menggunakan teknik X-Ray Diffraction (XRD) dan Scanning Electron Microscopy (SEM). Sifat mekanik diperoleh dari hasil pengujian kuat tekan dan kekerasan Vickers. Hasil analisis XRD seluruh sampel menunjukkan fase tetringgi yakni Quartz pada sudut 26,6o. Hasil dari citra SEM memperlihatkan material penyusun sampel yaitu nano quartz (SiO2) ditandai dengan skala kecerahan. Hasil dari pengujian kuat tekan mengalami kenaikan seiring dengan persentase penambahan nano quartz. Nilai kuat tekan tertinggi terdapat pada sampel dengan persentase penambahan nano quartz 4% sebesar 33,26 MPa. Hasil dari pengujian kekerasan Vickers mengalami fluktuasi, dimana nilai kekerasan Vickers teringgi berada pada penambahan nano quartz 1%. Hal ini disebabkan oleh partikel - partikel yang tidak bereaksi dengan baik dan struktur permukaan sampel yang tidak rata pada saat pemolesan sehingga pada saat dilakukan pengujian kekerasan dengan metode Vickers ditemukan titik yang permukaannya lunak dan keras (tidak homogen).

 


Full Text:

PDF

References


C. Li, X.Z. Gong, S.P. Cui, Z.H. Wang, Y. Zheng, B.C. Chi, CO2 emissions due to cement manufacture. Materials Scie nce Forum: Trans Tech Publ; 2011. p. 181-187.

Subaer. (2015). Pengantar Fisika Geopolimer. Makassar: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Jam'an, M. (2009). Studi Tentang Kekerasan Vickers Geopolimer Berbahan Dasar Fly Ash dan Metakaolin. Makassar: Skripsi Universitas Negeri Makassar.

Totok Wianto dan Ninis Hadi Haryanti. (2008). Penentuan Mineral dan Logam Sebagai Material Dasar dalam Pengembangan Potensi Kalimantan Selatan sebagai daerah penghasil Nanomaterial. Jurnal Fisika Flux Vol.5 No.2.

Tang Yixiang, Sun Wanli, et al. Journal of Functional Materials, Vol.44(2013),p.124.

Ding Siang Ng, S. C. (2020). Influence of SiO2, TiO2 and Fe2O3 nanoparticles on the properties of fly ash blended cement mortars. Construction and Building Materials.

D. Gundogdu, B. P. (2010). Influence Of Nano SiO2 On Mechanical Properties Of Mortars Containing Fly Ash. International RILEM Conference on Material Science.

Feldman, R.F.; Cheng-Yi, H. Cem. Concr. Res. 1985, 15, 943-952.


Article Metrics

Abstract view : 127 times | PDF view : 51 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License