PENENTUAN KOEFISIEN TUMBUKAN MENGGUNAKAN APLIKASI PHYPOX

Katarina Boleng Liwun(1*), Fransiska Yosdi Ecing(2), Elisabeth Montesia Pora(3), Richardo Barry Astro(4), Yasinta Embu Ika(5),

(1) Universitas Flores
(2) Universitas Flores
(3) Universitas Flores
(4) Universitas Flores
(5) Universitas Flores
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v17i3.26878

Abstract


Peristiwa tumbukan lenting sebagian merupakan salah satu fenomena fisika yang terjadi dalam waktu yang singkat sehingga untuk mendapatkan data kecepatan benda sebelum dan setelah tumbukan, diperlukan perangkat yang mampu merekam gejala tersebut dengan ketelitian tinggi. Penelitian ini menggunakan aplikasi phypox yang terinstal dalam smartphone sebagai alat ukur eksperimen. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui nilai koefisien restitusi benda (kelereng) pada tiga permukaan yaitu permukaan keramik, permukaan lantai semen dan permukaan kayu. Penelitian dilakukan dengan menjatuhkan kelereng dari ketinggian 30 cm. Pengukuran dilakukan sebanyak 5 kali untuk mendapatkan hasil yang akurat. Data hasil percobaan ini berupa nilai ketinggian pantulan benda. Berdasarkan nilai tinggi pantulan benda diperoleh koefisien tumbukan kelereng terhadap permukaan keramik sebesar e = 0,88, lantai semen sebesar e = 0,76 dan permukaan kayu sebesar e = 0,87. Disimpulkan bahwa tumbukan antara kelereng dan ketiga permukaan diatas, serta aplikasi phypox sebagai alat ukur, diperoleh nilai koefisien tumbukan sesuai dengan teori.


Full Text:

PDF

References


Amalia. R & Yulianti. (2015). Penerapan Pendekatan Problem Posing Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 81–88.

Anjani, R. (2018). Menentukaan Momentum Dan Koefisien Restitusi Benda Tumbukan Menggunakan Tracker Video Analyse. Journal of Teaching and Learning Physics, 3(2), 21–25. https://doi.org/10.15575/jotalp.v3i2.6554

Astro, R. B., Ratnaningsih, F., Asmarani, R., Aimon, H., & Kurniasih, N. (2018). Penentuan Momen Inersia Katrol pada Pesawat Atwood dengan Metode Video Tracking. Seminar Nasional Inovasi Pembelajaran Sains (SNIPS), 32–39.

Fatkhulloh. (2012). Penentuan Koefisien Restitusi Menggunakan Video Based Laboratory dan Logger 3.84. Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA. Yogyakarta.

Fiqry, R. (2021). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pemanfaatan Aplikasi Sensor Smartphone untuk Praktikum. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(2), 103–108.

Fitriyanto, I., & Sucahyo, I. (2016). Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika ( JIPF ) ISSN : 2302-4496 Penerapan Software Tracker Video Analyzer Pada Praktikum Kinematika Gerak. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 05(03), 92–97.

Ghufron, G. (2018). Revolusi Industri 4.0: Tantangan, Peluang, Dan Solusi Bagi Dunia Pendidikan. Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2018, 1(1), 332–337.

Irfan, Rasdiansyah, M. M. (2017). Jurnal Teknologi dan Industri Pertanian Indonesia. Jurnal Teknologi Dan Industri Pertanian Indonesia, 09(01), 23–27.

Juita, S. T., Seko, M. S., Seku, A. Y. &, & Astro, R. B. (2020). Penentuan Koefisien Restitusi Benda Menggunakan Metode Video Tracking. OPTIKA:Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 46–53.

Khotijah, K., Arsini, A., & Anggita, S. R. (2019). Pengembangan Praktikum Fisika Materi Hukum Kekekalan Momentum Menggunakan Aplikasi Video Tracker. Physics Education Research Journal, 1(1), 37–45. https://doi.org/10.21580/perj.2019.1.1.3961

Kristiyani, Y., Sesunan, F., & Wahyudi, I. (2020). Pengaruh Aplikasi Sensor Smartphone Pada Pembelajaran Simple Harmonic Motion Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Peningkatan Email : yoanakristiyani09@gmail.com Abstrak Kristiyani ., Sesunan ., Wahyudi – Pengaruh Aplikasi Sensor Smartphone … PENDAHULUAN. JPF Jurnal Pendidikan Fisika, V111(2), 138–149.

Muhammad Habibbulloh, 1)Madlazim. (2014). Penerapan Metode Analisis Video Software Tracker Dalam Pembelajaran Fisika Konsep Gerak Jatuh Bebas Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Siswa Kelas X Sman 1 Sooko Mojokerto. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 4(1), 15–22.

Nasution. (2000). Didaktik Asas-Asas Mengajar (B. Aksara (ed.)).

Novitasari, S., Tulandi, D. A., & Lolowang, J. (2021). Pengembangan Panduan Praktikum Online Menggunakan Smartphone Berbasis Aplikasi Phypox. Charm Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 2(1), 35–42.

Riwanto, D., Azis, A., & Arafah, K. (2019). Analisis Pemahaman Konsep Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Fisika Kelas X Mia Sma Negeri 3 Soppeng. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 15(2), 23–31. https://doi.org/10.35580/jspf.v15i2.11033

Siska Murti, Muhibbuddin, C. N. (2014). Penerapan Pembelajaran Berbasis Praktikum Untuk Peningkatkan Kemampuan Kognitif Dan Psikomotorik Pada Perkuliahan Anatomi Tumbuhan. Jurnal Biologi Edukasi, 6(12), 1–8.

Sunard, A., & Gamayel, A. (2018). Pemanfaatan Pantulan Bola Karet sebagai Pemanen Energi pada Piezoelektrik. Prosiding Seminar Nasional Teknoka, 3(2502), 49. https://doi.org/10.22236/teknoka.v3i0.2914


Article Metrics

Abstract view : 970 times | PDF view : 300 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License