PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF PADA MATERI FISIKA SISWA KELAS VII SMP

Syamsul Bahri(1*),

(1) UPTD SPF SMP Negeri 4 Liliriaja
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v17i3.25610

Abstract


Telah dilakukan penelitian dengan judul penerapan model Problem Basede Learning (PBL) terhadap kemampuan kognitif pada materi (Fisika) siswa kelas VII SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan kognitif siswa sebelum dan setelah menerapkan model PBL. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan One Group Pretest- Postest yang termasuk ke dalam jenis penelitian pre-experiment.  Penelitian ini melibatkan 30 siswa sebagai sampel penelitian dari 54 populasi. Pengmabilan sampel dilakukan berdasarkan purpossive sampling dengan dasar menetapkan siswa yang tingaal jauh dari sekolah tidak termasuk dalam sampel. Dengan menggunakan instrumen kognitif sebanyak 15 butir soal yang telah valid dengan nilai r =0,432 atau lebih besar dari 0,344 menunjukkan hasil penelitian bahwa rerata kemampuan kognitif siswa sebelum diterapkan model PBL adalah sebesar 41,11 pada kategori sangat rendah dan belum mencapai KKM sebesar 60, setelah diterapkan model PBL menunjukkan rerata kemampuan kognitif siswa sebesar 66,67 pada kategori sedang dan mencapai nilai KKM sebesar 60. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan kognitif secara signifikan sebelum dan setelah penerapan model PBL pada materi FISIKA kelas VII di UPTD SPF SMP Negeri 4 Liliriaja.


Full Text:

PDF

References


Fravitasari, dkk. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Proses Dan Hasil Belajar Muatan IPA Tema 8 Sub Tema 1 Kelas 4. Journal for Lesson and Learning Studies, 1 (3).

Hidayah, R., & Pratiwi Pujiastuti. (2016). Pengaruh PBL Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Kognitif IPA Pada Siswa SD. Jurnal Prima Edukasia, 186 - 197.

Nofziarni, A., & dkk. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Research and Learning in Elementary Education. 3 (4): 2016 – 2024.

Rianto, Y. (2009). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada

Ridwan, A. (2014). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Beriorentasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Savery, J. R. (2006). Overview of Problem-based Learning:Definitions and Distinctions. The Interdisciplinary Journal, 9-20.

Sitiatava, R. P. (2013). Desain Pembelajaran Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Jogjakarta: Diva Press

Sudjana, N. (2011). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru algensindo.

Supiandi, J. M., & Julung, H. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains, 4(2), 60-64.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Widoyoko, E.P. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.


Article Metrics

Abstract view : 220 times | PDF view : 94 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License