STUDI LITERATUR PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MENGGUNAKAN INKUIRI TERBIMBING

Anisah Ramadhani(1*), Usman Usman(2), Helmi Helmi(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v17i2.24404

Abstract


Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar, keterampilan
proses sains, dan keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui
analisis artikel yang dilakukan. Jenis penelitian ini yaitu pendekatan
kepustakaan atau studi literatur dengan menggunakan artikel penelitian
terkait dengan pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap
hasil belajar, keterampilan proses sains, dan keterampilan berpikir kritis
peserta didik sebagai objek penelitan. Sumber data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah sumber data sekunder yaitu artikel yang telah di
publikasikan dengan teknik pengumpulan data berupa narrative review.
Terdapat 30 jurnal nasional yang akan dianalisis oleh peneliti. Teknik
analisis data yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini yaitu
metode analisis isi (Content Analysis). Hasil dari penelitian ini diketahui
bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan model
pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar Fisika,
keterampilan proses sains, dan keterampilan berpikir kritis peserta didik
di SMA. Model pembelajaran inkuiri terbimbing terbukti lebih baik
diterapkan untuk memperoleh hasil belajar, sketerampilan proses sains,
dan keterampilan berpikir kritis siswa.
Kata Kunci : Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar, Keterampilan Proses
Sains


Abstract – This study aims to determine the effect of the guided inquiry
learning model on learning outcomes, science process skills, and
students' critical thinking skills through article analysis conducted. This
type of research is a literature approach or literature study using
research articles related to the influence of guided inquiry learning
models on learning outcomes, science process skills, and students' critical
thinking skills as research objects. Sources of data used in this study is
secondary data sources, namely articles that have been published with
data collection techniques in the form of narrative review. There are 30
national journals that will be analyzed by researchers. The data analysis
technique used by the researcher in this study is the method of content
analysis. The results of this study indicate that there is a significant
influence on the use of the guided inquiry learning model on the learning
outcomes of Physics, science process skills, and critical thinking skills of
students in high school. The guided inquiry learning model is proven to
be better applied to obtain learning outcomes, science process skills, and
students' critical thinking skills.
Keywords : Guided Inquiry, Result Of Study, Science Process Skills.


Full Text:

PDF

References


Akbar, M. A., Hikmawati, H., & Rokhmat, J. (2020). Pengaruh Model Guided Inquiry Learning terhadap Hasil Belajar Siswa di SMAN 1 Pringgarata. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 4(2), 105. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v4i2.142

Budiyono, A., & Hartini, H. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Wacana Didaktika, 4(2), 141–149. https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.4.2.141-149

Dimyati, & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta.

Haj, A. R. AL, & Tampubolon, T. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Fluida Statis Di Kelas Xi Semester Ii Sma N 1 Selesai T. P 2014/2015. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 4(2). https://doi.org/10.24114/inpafi.v4i2.5500

Juliyasa, G. E., Rapi, N., & Rahmawat, D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X MIPA SMA Negeri. Jurnal Riset Pendidikan Fisika Undiksha, 8(1), 1–6.

Khairani, D., & Ritonga, W. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Listrik Dinamis Di Kelas X Semester Ii Sma Negeri 8 Medan T.P. 2013/2014. Jurnal Ikatan Alumni Fisika, 3(4), 25. https://doi.org/10.24114/jiaf.v1i1.2693

Kurniawati, I. D., & Diantoro, M. (2014). Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Integrasi Peer Instruction Terhadap Penguasaan Konsep Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 10(1), 36–46. https://doi.org/10.15294/jpfi.v10i1.3049

Lovisia, E. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar. SPEJ (Science and Phsics Education Journal), 2(1), 59. https://doi.org/10.32585/jkp.v1i1.17

Maretasari, E., & Subali, B. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Laboratorium Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Sikap Ilmiah Siswa. UPEJ (Unnes Physics Education Journal), 1(2). https://doi.org/10.15294/upej.v1i2.1375

Maulina. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMA Negeri 3 Polewali. Jurnal Sains Dan Pendiidkan Fisika, 14(2), 37–43. https://doi.org/10.29303/jppipa.v4i2.113

Nurmayani, L., Doyan, A., & Sedijani, P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 4(2), 2–7. https://doi.org/10.29303/jppipa.v4i2.113

Pertiwi, E. F. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X IPA SMA Negeri Gowa. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 129–138. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jpf/article/view/1293/1147

Rachman, N. D., Sudarti, & Supriadi, B. (2013). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry Approach) Pada Pembelajaran Fisika Siswa Kelas VIII-B SMP Negeri 3 Rogojampi Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(3), 1–3.

Rahmani, Halim, A., & Jalil, Z. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sans Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sain Indonesia, 2(5), 158–168. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i2.8250

Said, N. J., Patandean, A. ., & Rusli, M. A. (2017). Peranan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Pada Peserta Didik Kelas X Sma Negeri 2 Polewali. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika (JSPF), 13(1), 255–262.

Sanjaya, W. (2006). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Kencana Prenada media group.

Sinaga, L. D., & Harahap, M. H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Sma Materi Pokok Fluida Statik. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 6(2), 56–62. https://doi.org/10.24114/inpafi.v6i2.10105

Sukma, Komariyah, L., & Syam, M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Saintifika, 18(1), 59–63.

Tarigan, I., Juliani, R., & LImbong, J. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Belajar Dan Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1).

Wahyudi, L. E., & Supardi, Z. A. I. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Pokok Bahasan Kalor Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains. Jipf, 02(02), 62–65.

Wahyudin, Utikno, & Isa, A. (2010). Keefektifan Pembelajaran Berbantuan Multimedia Menggunakan Metode Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Minat Dan Pemahaman Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(1), 1–1. https://doi.org/10.15294/jpfi.v6i1.1105

Wijayanti, P. I., & Hindarto, N. (2012). Eksplorasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Cahaya Dan Upaya Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(1), 1–1. https://doi.org/10.15294/jpfi.v6i1.1093

Wulaningsih, S., Prayitno, B. A., & Probosari, R. M. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Ditinjau Dari Kemampuan Akademik Siswa Science Process Skills Viewed From Student ’ S Academic. Pendidikan Biologi, 4(2), 33–43. https://doi.org/10.1161/RES.0b013e31821e0b53

Zama’ah, Z., Tandean, A. J., & Amin, B. D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas Xi Sma Negeri 2 Majene. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 15(1), 86–92. https://doi.org/10.35580/jspf.v15i1.9411

Zani, R., Adlim, A., & Safitri, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Fluida Statis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 2(2), 56–63. https://doi.org/10.24815/jipi.v2i2.11622


Article Metrics

Abstract view : 415 times | PDF view : 165 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License