HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DAN POLA ASUH ORANGTUA DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM PEMBELAJARAN FISIKA PESERTA DIDIK SMA NEGERI 6 JENEPONTO

Pertiwi Pertiwi(1*), Nurhikmah Hasan(2),

(1) Universitas Pancasakti
(2) Universitas Pancasakti
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v17i2.23589

Abstract


Berpikir kreatif menjadi langkah awal inovasi dan perubahan-perubahan sehingga meningkatkan kualitas dan taraf hidup manusia. Kepercayaan diri akan menyatukan motivasi dan sumber dayanya yang mendorong kemampuan berpikir kreatifnya. Sedangkan pola asuh orangtua berperan dalam pembentukan sikap terbuka dan saling menghargai yang mendukung terbentuknya pola pikir kreatif anak. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal  9 – 11 September 2021 di SMA Negeri 6 Jeneponto. Populasi adalah seluruh peserta didik kelas XII MIA SMA Negeri 6 Jeneponto sebanyak 163 orang. Dengan menggunakan teknik slovin sehingga diperoleh jumlah sampel sebesar 116 orang dan teknik penarikan sampel berupa teknik simple random sampling.  Penelitian ini adalah penelitian ex-Post Facto dengan pendekatan kuantitatif serta menggunakan desain korelasi berganda. Instrumen yang digunakan adalah instrument non tes berupa kuisioner untuk mengukur kepercayaan diri dan pola asuh orangtua sedangkan instrument tes berjenis essay test digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Untuk melihat hubungan antar variabel digunakan teknik analisis korelasi sederhana dan teknik analisis korelasi ganda. Sedangkan uji asumsi digunakan analisis uji anova. Pengujian prasyarat dilakukan berupa uji normalitas dan multikoloneritas. Sehigga diperoleh hasil bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kepercayaan diri dan pola asuh orangtua dengan kemampuan berpikir kreatif peserta didik baik secara sederhana maupun bersama.

Full Text:

PDF

References


Domino, Primus. 2016. Perbedaan Motivasi Berprestasi ditinjau dari Pola Asuh Orangtua pada Siswa SMU di Kabupaten Manggarai.Jurnal pendidikan dan kebudayaan Missio Vol. 8 No. 1

Fachturahman, M. & Herlan Pratikto. 2012. Kepercayaan Diri, Kematangan Emosi, Pola Asuh Orangtua Demokrasi dan Kenakalan Remaja. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia Vol. 1 No. 2

Human Development Reports 2020 United Nation Development Program

Irfana, Shifa dkk. 2019. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Unnes Physics Education Journal Vol. 8 No.1

Mehrinejad, Seyed Abolghasem dkk. 2015. The Relationship between Parenting Styles and Creativity and the Predictability of Creativity by Parenting Styles. Procedia - Social and Behavioral Sciences 205. Elsevier Inc.

Moma, La. 2016. Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis untuk Siswa SMP. Delta-Pi: Jurnal matematika dan pendidikan matematika Vol. 4 No. 1

Ranggawuni, Intan Ratri dkk. 2014. Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa berdasarkan Pola Asuh Orangtua. Insight: Jurnal Bimbingan Konseling Vol. 3 No. 2

Romlah, Siti & Chandra Novtar. 2018. Hubungan antara Self Concept terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa MTSN 4 Bandung Barat. Nusantara of research: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri Vol. 5 No. 1

Tanjung, Zulfriadi & Sinta Huri Amelia. 2017. Menumbuhkan Kepercayaan Diri Siswa. Indonesia Institute for Counseling, Education and Therapy (IICET) Vol. 2 No. 2

Sambada, Dwi. 2012. Peranan Kreativitas Siswa terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Fisika dalam Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya Vol. 2 No. 2

Sukenti, Desi. 2018. Pengembangan Berpikir Kreatif Mahasiswa dengan Penguatan Kepercayaan Diri. Jurnal Geram (Gerakan Aktif Menulis) Vol. 6 No. 1

Winarsih, Puput dkk. 2018. Hubungan Self Confidence terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa MTs. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif Vol. 1 No.5.


Article Metrics

Abstract view : 457 times | PDF view : 130 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License