STUDI KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL-SOAL FISIKA MENURUT LANGKAH PEMECAHAN MASALAH POLYA PADA PESERTA DIDIK XI IPA SMA NEGERI 1 BARAKA KABUPATEN ENREKANG
(1) Jurusan Fisika, FMIPA Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v12i2.2171
Abstract
Keywords: problem solving of Polya, reliable, descriptive
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk memperoleh gambaran/tingkat kemampuan menyelesaikan soal-soal fisika menurut langkah pemecahan masalah Polya. Adapun populasi dan sekaligus menjadi sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Baraka Kabupaten Enrekang tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 101 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan menyelesaikan soal-soal fisika menurut langkah pemecahan masalah Polya yang telah valid dan reliabel untuk digunakan. Hasil analisis deskriptif menunjukkan skor kemampuan menyelesaikan soal-soal fisika menurut langkah pemecahan masalah Polya secara keseluruhan berada pada kategori cukup dengan persentase sebesar 44,70% dan skor kemampuan menyelesaikan soal-soal fisika menurut langkah pemecahan masalah Polya, pada setiap sub indikator diperoleh untuk indikator “memahami masalah” berada pada kategori sangat tinggi dengan persentase sebesar 44,56%, indikator “membuat rencana” berada pada kategori cukup dengan persentase sebesar 35,64%, dan indikator “melaksanakan rencana” berada pada kategori rendah dengan persentase sebesar 46,53%.
Kata Kunci:pemecahan masalah Polya, reliabel, deskriptif
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. (2005). Prosedur Penelitian Suatu Pendidikan Praktek Edisi V. Jakarta: Rineka Cipta.
Asmawi Zaenul dan Noehi Nasution. (2005). Penilaian Hasil Belajar. Jakarta : Pusat Antar Universitas untuk Peningkatan dan Pengembangan Aktivitas Instruksional Ditjen Dikti departemen Pendidikan Nasional.
Azwar.(1993). Tes Prestasi, Fungsi dan Pengembangan Pengukuran. Yogyakarta: Liberty.
Badri. (2012, April 7). Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Matematika.http://pengalaman-al-badri.blogspot.co.id/2012/04/pemecahan-masalah-dalam-pembelajaran.html.(diunduh pada tanggal 13 Desember 2015)
Dwi, Sambada. (2012). Peranan Kreativitas Siswa Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Fisika dalam Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), 2(2) : 37-47.
Emi, Rofiah. (2013). Penyusunan Instrumen Tes Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi Fisika pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(2) : 17-22.
Hamalik, Oemar. (2001). Kurikulum dan Pembelajaran.Jakarta: Bumi Aksara.
Husnah. (2013). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Model Pembelajaran Think-Pair-Share (TPS). Jurnal Pendidikan Matematika, 5 (2) : 145-156.
Jiwanto, Nur. (2012). Analisis Kesulitan Siswa dalam Memecahkan Masalah Fisika Menurut Polya.Jurnal Kaunia, 8 (2) : 414-422
Marlina, Leni. (2013). Penerapan Langkah Polya dalam Menyelesaikan Soal Cerita Keliling dan Luas Persegi Panjang . Jurnal Pendidikan Matematika Tadulako, 1 (1) : 44-52.
Misrun, Mauke (2013).Pengaruh Model Contextual Teachingand Learning Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran IPA Fisika di Mts Negeri Negara.Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3 (2).
Muliadi, Rahmat. (2014). Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Melalui Strategi Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving. Jurnal Fisika Indonesia, 54 (18) : 108-112.
Nuralam. 2009. Pemecahan Masalah Sebagai Pendekatan Dalam Belajar Matematika.Jurnal Edukasi , 1 (1) : 142-154.
Putro, Eko. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Riduwan. (2003). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya,Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Kencana.
Siswono. 2008. Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Surabaya: Unesa University Press.
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung : Tarsito.
Sugiyono. (2014). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Upu, Hamzah. 2003. Problem Posing dan Problem Solving Dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Pustaka Ramadhan.
Article Metrics
Abstract view : 2227 times | PDF view : 1593 timesLicense URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/
Organized by :
Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License