STUDI KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL-SOAL FISIKA MENURUT LANGKAH PEMECAHAN MASALAH POLYA PADA PESERTA DIDIK XI IPA SMA NEGERI 1 BARAKA KABUPATEN ENREKANG

Muhammad Sugiarto(1*), Ahmad Yani(2), Bunga Dara Amin(3),

(1) Jurusan Fisika, FMIPA Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v12i2.2171

Abstract


This research is a descriptive research that aims to obtain a description / level of ability on solving physics’ questions by Problem Solving of Polya steps. The population and the sample in this research were students of class XI IPA SMAN 1 Baraka Enrekang year 2015/2016 year that consist of 101 people. Instruments that used in this research is test of ability on solving physics’ questions by Problem Solving of Polya steps which have valid and reliable to use. Descriptive analysis shows that score of abilty on solving physics’ question by Problem Solving of Polya steps overall in the middle category by percentage of 44,70% and the score of abilitiy on solving physics’ questions by Problem Solving of Polya steps on each sub-indicators obtain indicator, " Understanding the problem " were in the very high category by percentage of 44,56%, the indicator " Devising a plan " were in the middle categories by percentage of 35,64%, and indicators " Carrying out the plan " were in the low category by percentage of 46,53%.

Keywords: problem solving of Polya, reliable, descriptive

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk memperoleh gambaran/tingkat kemampuan menyelesaikan soal-soal fisika menurut langkah pemecahan masalah Polya. Adapun populasi dan sekaligus menjadi sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Baraka Kabupaten Enrekang tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 101 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan menyelesaikan soal-soal fisika menurut langkah pemecahan masalah Polya yang telah valid dan reliabel untuk digunakan. Hasil analisis deskriptif menunjukkan skor kemampuan menyelesaikan soal-soal fisika menurut langkah pemecahan masalah Polya secara keseluruhan berada pada kategori cukup dengan persentase sebesar 44,70% dan skor kemampuan menyelesaikan soal-soal fisika menurut langkah pemecahan masalah Polya, pada setiap sub indikator diperoleh untuk indikator “memahami masalah” berada pada kategori sangat tinggi dengan persentase sebesar 44,56%, indikator “membuat rencana” berada pada kategori cukup dengan persentase sebesar 35,64%, dan indikator “melaksanakan rencana” berada pada kategori rendah dengan persentase sebesar 46,53%.

Kata Kunci:pemecahan masalah Polya, reliabel, deskriptif

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2005). Prosedur Penelitian Suatu Pendidikan Praktek Edisi V. Jakarta: Rineka Cipta.

Asmawi Zaenul dan Noehi Nasution. (2005). Penilaian Hasil Belajar. Jakarta : Pusat Antar Universitas untuk Peningkatan dan Pengembangan Aktivitas Instruksional Ditjen Dikti departemen Pendidikan Nasional.

Azwar.(1993). Tes Prestasi, Fungsi dan Pengembangan Pengukuran. Yogyakarta: Liberty.

Badri. (2012, April 7). Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Matematika.http://pengalaman-al-badri.blogspot.co.id/2012/04/pemecahan-masalah-dalam-pembelajaran.html.(diunduh pada tanggal 13 Desember 2015)

Dwi, Sambada. (2012). Peranan Kreativitas Siswa Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Fisika dalam Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), 2(2) : 37-47.

Emi, Rofiah. (2013). Penyusunan Instrumen Tes Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi Fisika pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(2) : 17-22.

Hamalik, Oemar. (2001). Kurikulum dan Pembelajaran.Jakarta: Bumi Aksara.

Husnah. (2013). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Model Pembelajaran Think-Pair-Share (TPS). Jurnal Pendidikan Matematika, 5 (2) : 145-156.

Jiwanto, Nur. (2012). Analisis Kesulitan Siswa dalam Memecahkan Masalah Fisika Menurut Polya.Jurnal Kaunia, 8 (2) : 414-422

Marlina, Leni. (2013). Penerapan Langkah Polya dalam Menyelesaikan Soal Cerita Keliling dan Luas Persegi Panjang . Jurnal Pendidikan Matematika Tadulako, 1 (1) : 44-52.

Misrun, Mauke (2013).Pengaruh Model Contextual Teachingand Learning Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran IPA Fisika di Mts Negeri Negara.Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3 (2).

Muliadi, Rahmat. (2014). Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Melalui Strategi Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving. Jurnal Fisika Indonesia, 54 (18) : 108-112.

Nuralam. 2009. Pemecahan Masalah Sebagai Pendekatan Dalam Belajar Matematika.Jurnal Edukasi , 1 (1) : 142-154.

Putro, Eko. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Riduwan. (2003). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya,Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Kencana.

Siswono. 2008. Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Surabaya: Unesa University Press.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung : Tarsito.

Sugiyono. (2014). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Upu, Hamzah. 2003. Problem Posing dan Problem Solving Dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Pustaka Ramadhan.


Article Metrics

Abstract view : 2227 times | PDF view : 1593 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License