PROFIL SUSTAINABILITY AWARENESS SISWA SMA/SMK PADA MATERI SUHU DAN ENERGI

Nur Widya Rini(1*), Harto Nuroso(2),

(1) Universitas PGRI Semarang
(2) Universitas PGRI Semarang
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v18i1.21535

Abstract


Pada abad ke 21 ini, pembelajaran fisika dengan integrasi ESD sudah banyak diterapkan. Integrasi antara konsep Education for Sustainable Development (ESD) dan ilmu fisika dilakukan dengan tujuan untuk membangun pola berpikir siswa untuk mendukung pembangunan berkelanjutan dengan menumbuhkan sustainability awareness pada siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui profil kesadaran berkelanjutan (sustainability awareness) siswa dalam rangka melindungi dan melestarikan planet yang kita timggali. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kesdaran berkelanjutan dalam konsep ESD di kalangan siswa SMA/SMK berbasis gender di Pati. Pengumpulan data dilakukan dengan cara membagikan kuesioner tertutup dengan 20 pernyataan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sustainability awareness siswa dengan nilai mean 3,33 dari 4 termasuk dalam kriteria tinggi. Kesadaran berkelanjutan siswa perempuan relatif lebih tinggi dibandingkan dengan siswa laki-laki dengan rasio persentase 87,8% dan 79,3%. Dapat disimpulkan bahwa hasil keseluruhan kesadaran berkelanjutan siswa SMA/SMK pada materi suhu dan energi berada pada kriteria tinggi pada semua kategori sustainability awareness yaitu sustainability emotional awareness, behavior and attitude awareness, dan sustainability practice awareness.

Full Text:

PDF

References


Agusti, K.A., Wijaya, A.F.C., Tarigan, D.E. (2019). Problem Based Learning Dengan Konteks Esd Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Sustainability Awareness Siswa Sma Pada Materi Pemanasan Global. Prosiding, Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2019 yang diselenggarakan oleh FPMIPA UPI. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Amelia, A., Muslim., Chandra, A.F. (2020). Karakteristik Instrumen Non-Tes Sustainability Awareness Menggunakan Analisis Rasch Model Materi Pemanasan Global Untuk Siswa Sekolah Menengah. Wahana Pendidikan Fisika, 5(2), 49-56.

Hassan, A., Noordin, T.A., &Sulaiman, S. (2010). The status on the level of environmental awareness in the concept of sustainable development amongst secondary school students. ELSEVIER Procedia Social and Behavioral Sciences 2,vol. 2, 1276-1280.

Ridwan, I.M., Kaniawati, I., Suhandi, A., Samsudin, A., Rizal, R. (2020). Level of sustainability awareness: where are the students’ positions?. International Conference on Mathematics and Science Education (ICMScE) 2020 yang diselenggarakan oleh FPMIPA Upi, tanggal 14-15 July 2020. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Saptaji, A.H., Chandra, T., & Wjiaya, A.F.C. (2020). Pengembangan Instrumen untuk Mengukur Sustainability Awareness Siswa SMA pada Materi Suhu dan Kalor. Prosiding Seminar Nasional Fisika 6.0, 11-21. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Sudjana, N. dan Ibrahim. (2004). Penelitian dan Penilaian Pendidikan Cetakan Ketiga. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. (2020). Metode penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabet


Article Metrics

Abstract view : 105 times | PDF view : 40 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Published by :

Department of Physics, Universitas Negeri Makassar, Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate,  South Sulawesi, Indonesia.

Postal Code: 90224 Telp/Fax (0411)840622

Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id