ANALISIS JENIS MINERAL PADA GUMUK BATU PASIR SUMALU KECAMATAN RANTEBUA KABUPATEN TORAJA UTARA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SUSEPTIBILITAS MAGNETIK

Novelita Tabita(1*), Pariabti Palloan(2), Vistarani Arini Tiwow(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v17i1.19061

Abstract


Telah dilakukan penelitian tentang analisis jenis mineral pada Gumuk Pasir Sumalu Kecamatan Rantebua Kabupaten Toraja Utara dengan menggunakan metode suseptibilitas magnetik.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui berapa nilai suseptibilitas magnetik pada Gumuk Pasir Sumalu di Kecamatan Rantebua Kabupaten Toraja Utara dan Untuk mengetahui jenis mineral gumuk pasir Sumalu di Kecamatan Rantebua Kabupaten Toraja Utara.Lokasi penelitian berada pada  Lintang Selatan dan Bujur Timur. Pengambilan sampel dilakukan pada 30 titik dengan kedalaman masing-masing 30 cm. Pengukuran suseptibilitas magnetik menggunakan alat Bartington MS2B dan pengukuran jenis unsur mineral magnetik menggunakan alat X-Ray fluorescence (XRF), sedangkan pengukuran mineral magnetik menggunakan alat X-ray Diffraction (XRD)tipe Rigaku MiniFlex II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai suseptibilitas magnetik pada Gumuk Pasir Sumalu Kecematan Rantebua Kabupaten Toraja Utara berkisar 5.7 × 10-8 m3/kg sampai dengan 14.7 × 10-8 m3/kg yang termasuk dalam golongan , Biotite (Mg, Fe, Al silicate), pyroxene (. Unsur mineral magnetik pada Gumuk Pasir Sumalu  dominan mengandung  Si, Fe, Al, Mg, sedangkan mineral magnetik utama penyusun gumuk pasir ini adalah Quartz, HematiteKaolinite ,Periclase dan Titanium Oxide).

Full Text:

PDF

References


Bambang, N. W. 2005. Penyelidikan Endapan Pasir di Daerah Peisisir Selatan Ende-Flores Provinsi Nusa Tenggara Timur.Sub. Dit Mineral Logam.

Notohadiprawiro, Tetjoyuwono. 1983. Selidik Cepat Ciri Tanah DiLapangan. Ghalia Indonesia.Yogyakarta.

Saukani, M., Sudarningsih., dan Wianto, T. 2011. Analisa mineral Magnetik Pasir Sisa Pendulangan Intan di Cempaka, Kota Banjarbaru Berdasarkan Nilai Suseptibilitas Magnetik. Jurnal Fisika FLUX, Vol. 8 No. 1, Pebruari 2011 (85-93).

Sunarto, 2014.Geomorfologi Dan Kontribusinya Dalam Pelestarian Pesisir Bergumuk Pasir Aeolian Dari Ancaman Bencana Agrogenik Dan Urbanogenik. Naskah Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar 2 April2014. Yogyakarta: Fakultas Geografi. Universitas Gadjah Mada.

Suntoko., Hadi, M., Nurdin., Yarianto., Hamzah, I. 2012. Pendeteksian Keberadaan Struktur Sesar pada Batuan Vulkanik dengan Metode Magnetik.Eksplorium Volume 33 No. 2, November 2012: 111-120.

Sugiharyanto dan Khotimah, Nurul. 2009. Diktat Mata Kuliah Geografi Tanah. Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta.

Palkrisman., Budiman, A. 2014. Pemetaan Persentase kandungan dan Nilai Suseptibilitas Mineral Magnetik Pasir Besi Pantai Sunur Kabupaten Padang Pariaman Sumatera Barat

Pemerintah Kabupaten Toraja Utara. 2015 - 2019. Rencana program investasi insfrastruktur jangka menegah (RPI2JM).Dalam http://sippa.citrakarya.pu.go.id (diakses tanggal 17 desember 2019)


Article Metrics

Abstract view : 643 times | PDF view : 200 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License