KAJIAN TEORITIK MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN TIPE TGT DALAM PEMBELAJARAN FISIKA

ulpiana ulpiana(1*), Pariabti Palloan(2), Aisyah Azis(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v17i1.19046

Abstract


penilitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan tipe TGT. Penilitian ini adalah penilitian kepustakaan. Dengan obyek penilitian ini adalah jurnal-jurnal model penilitian ini dilakukan pada tahun 2020 dengan menggunakan jurnal yang didapatkan melalui google scholar. Instrument penilitian yang digunakan adalah peniliti sendiri sebagai instrument atau key instrument. Pada model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih lebih sedikit digunakan dari model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat dilihat bahwa mempunyai tujuan yang sama, pendapat para ahli yang berbeda, tetapi materi yang digunakan berbeda pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan tipe TGT. Pada tipe STAD materi yang digunakan lebih bervariasi dibanding dengan tipe TGT. Sedangkan sistem sosislaya hampi rsama tetapi yang membedekan dibagian memotivasi siswa oleh guru dimana pada TGT terdapat unsur permainan. Sistem pendukung pada STAD lebih bervariasi pada sistem pendukungnya seperti multimedia interaktif, media animasi, LKS dan media virtual sedangkan pada TGT sistem pendukungnya adalah LKS.

 This study aims to determine the comparison of the cooperative learning model type STAD and type TGT. This research is literature research. With the object of this research are journals obtained through google scholar. The research instrument used is the research itself as an instrument or key instrument. The STAD cooperative learning model makes students more active and can work together with goodgroups, so that all students get an explanation of thematerial being studied, the materialstudied directly by the teacher, then students are challenged to a competition with other students where thewinner gets an award. Meanwhile, the TGT type of cooperative learning model was given the task to learntogether about the material to be discussed. After that each group is in thetournament table, both the smart ones and the lessintelligent.

Full Text:

PDF

References


Abdillah, A. (2020). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament berbasis Quantum Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi listrik statis . Vol.15,No.1 Hal 18-31.

Agus Abdul Gani, A. I. (2015). Model kooperatif tipe TGT dalam pembelajaran fisika . Vol.II ,No.2 Hal 12-15.

Agus Abdul Gani, R. I. (2016). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan SETS terhadap hasil belajar fisika siswa SMAN 4 Jember . Vol.5,No .2 Hal 105-121.

Ahmad Budi Mulyanto, O. E. (2016). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X SMAN 2 Muara Belati tahun pelajaran 2015/2016. Vol.V.

Ahmad Harjono, N. G. (2016). pembelajaran kooperatif dengan media virtual untuk peningkatan penguasan konsep. Vol II No 2.

Albertus Djoko Lesmono, P. T. (2016). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan praktikum dalam pembelajaran fisika kelas X SMAN 3 Jember. Vol.5 .No 3 Hal 309-314.

Amiruddin Kade, S. S. (2018). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik kelas X SMKN 6 Palu Tahun 2016/2017. Vol.5,No.2 Hal 64-71.

Aris Doyan, J. K. (2015). pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis multimedia interaktif terhadap penguasaan konsep siswa pada materi termodinamika . Vol.I No.1.

Duwi Agustini, T. (2018). Model pembelajaran Student Teams Achievement Division( STAD) dan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) :Dampak terhadap hasil belajar fisika . Vol.I,No.2 Hal 65-77.

Dwikoranto, M. (2020). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan teknik Index Card Match untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMAN 1 Jombang . Vol,9,No.2 Hal 377-381.

Erlinda, N. (2017). Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament pada mata pelajaran fisika kelas X di SMK Dharma bakti Lubuk Alung . Vol.2,No.1 Hal 49-55.

Hanifah, N. (2016). Perbedaan hasil be;ajar materi elastisitas melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan Student Teams Achievement Division(STAD) siswa kelas X SMAN 5 Banda aceh. Vol.I,No.3 Hal 67-73.

Irwandi, T. (2019). Model pembelajaran Cooperativr tipe Teams Games Tournament (TGT) : Pengaruhnya terhadap pemahaman konsep . Vol.2,No.1 Hal 140-199.

Komikesari, H. (2016). Peningkatan keterampilan proses sains dan hasil belajar fisika siswa pada model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division . Vol.I ,No.1.

Lefudia, A. M. (2020). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament terhadap pemahaman konsep peserta didik pada pembelajaran fisika . Vol.VIII,No.2.

Lovisia, E. (2019). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada pembelajaran fisika siswa kelas X SMAN 7 Lubuklinggu. Vol.1,N0.1.

Mustika, I. W. (2020). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika . Vol.18,No.1.

Nasution, E. S. (2019). Peningkatan hasil belajar fisika peserta didik melalui pembelajaran Teams Games Tournament . Vol.II,No.2.

Nur Fadilah Aning , N. S. (2020). efek model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan Jigsaw terhadap penguasaan konsep fisika . Vol.4 No.1.

Pakpahan, R. A. (2019). Pengaruh modlel pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar fisika siswa pada meteri fluida dikelas XI IPA SMAN 1 Padangsidimpuan . Vol.4 ,No.2 Hal 79-134.

Prastiti, W. (2017). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD melalui metode eksperimen untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMAN 5 Metro. Vol.V,No.1.

Raihanati, P. D. (2019). pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) terhadap penguasan konsep hukum Hooke kelas XI MIPA SMAN 51 Jakarta. Vol VIII.

Rasto, F. S . (2018). meningkatkan pemahaman konsep siswa melalui Teams Games Tournament . Vol.5 No.1.

Ratnawulan, Z. h. (2017). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis proyek membuat alat eksperimen sederhana untuk meningkatkan aktivitas belajar dan kompetensi fisika siswa di kelas XI TKR SMK Adzkia Padang . Vol.3 No.2 Hal 172-186.

Rayendra Wahyu Bachtiar, P. A. (2017). Pembelajaran fisika di SMA dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Kajian: Di SMAN 1 Tapen Bondowoso). Vol.6,No.2 Hal 196-202.

Rusman. 2011. Model-model pembelajaran"Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Santrock, J. W. (2007). Psikologi Pendidikan . Jakarta: Kencana.

Satutik Rahayu, N. N. (2018). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan Jigsaw terhadap penguasan konsep fisika . Vol.6,No.2.

Syamsuri, L. N. (2020). Pengaruh model pembelajaran kooperatif ipe STAD terhadap hasil belajar fisika di SMKN 5 Jember . Vol.22,No.1 Hal 30-38.

Slavin, Robert E. 2005. Cooperative Learning" Teori, Riset Dan Praktik.Bandung: Nusa Media

Slavin, Robert E. 2008. Cooperative Learning" Teori, Riset Dan Praktik.Bandung: Nusa Media

Slavin, Robert E. 1990. Cooperative Learning" Teori, Riset Dan Praktik.Bandung: Nusa Media

Saco, 2006. Model -modle pembelajaran Mengembangkan Prestasi Guru. Jakarta Rineka Cipta

Trianto. 2009. Mendesain pembelajaran Inovatif. Jakarta : Kencana

Unggul Wahyono, W. D. (2016). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis media animasi dan kemampuan awal terhadap pemahaman konsep listrik dinamis siswa SMAN 8 Palu. Vol.4,No.2 Hal 78-85.

Wayan Gunada, J. M. (2016). pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division)dengan metode ekperimen terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar fisika pada siswa SMAN 1 Labuapi tahun pelajaran 2015/2016. Vol.II,No.2.

Wijaya, A. (2016). Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TGT sebagai upaya meningkatkan pemahaman konsep fisika dasar mahasiswa pendidikan IPA. Vol.XI No.1 Hal 15-21.


Article Metrics

Abstract view : 468 times | PDF view : 222 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License