KAJIAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DALAM PEMBELAJARAN FISIKA

Iin Arisandi Asis(1*), Khaeruddin Khaeruddin(2), Abdul Haris(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v17i1.19035

Abstract


Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap keterampilan proses sains dalam pemebelajaran fisika. Penelitian ini adalah penelitian Pustaka. Dengan obyek penelitian ini adalah jurnal-jurnal model pembelajaran inkuiri terhadap keterampilan proses sains pada pembelajran fisika. Tempat Penlitian dilakukan perpustakaan di jurusan fisika UNM Parang Tambung. Instrumen penilitian yang digunakan adalah peniliti sendiri sebagai Key instrument. Hasil penelitian menujukkan nilai dari penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap keterampilan proses dari 3 indikator, yaitu mengamati, hipotesis, dan merancang percobaan. Data yg diperoleh dari hasil penelitian tersebut dilihat dari hasil akhir setelah diterapkannya model pembelajaran inkuiri apakah berada dikategori rendah, sedang, atau tinggi Skor keterampilan proses saisn siswa pada indikator mengamati berada pada kategori tinggi, pada indikator hipotesis berada pada kategori sedang, dan pada indikator merancang percobaan berada pada kategori sedang. Penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap keterampilan proses sains pada pembelajaran fisika secara keseluruhan berada pada kategori sedang dalam 3 tahun terakhir.


Kata Kunci : model pembelajaran inkuiri, keterampilan proses sains siswa

Abstract – This study aims to determine the description of the application of the inquiry learning model to studenst’s science process skills in physics learning. This research is library research. With the object of this research are the inquiry learning model to studenst’s science process skills in physics learning. The research site was carried out by the library in the physics department of UNM Parang Tambung. The research instrument used is the research itself as a key instrument. The results showed the value of the aplication of inquiry learning models on science process skills from 3 indicators, observing, hypothetical, designing experiments. The data obtained from the research result are seen from the final result after the aplications of the inquiry learning model is it the low, medium,or high category. The scores of student’s science process skills on the observing indikators are in the high category, the hypothetical indicators are in the medium category, and the indicator for designing experiments are the medium category. The aplication of the inquiry learning model to science process skills in physics learning as a whole is in the medium category in the last 3 years.

Keywords : inquiry learning model, science process skills.


Full Text:

PDF

References


Anam, K. (2015). Pembelajaran Berbasis Inkuiri Metode Dan Aplikasi. Pustaka Pelajar.

Aqib, Z., & Murtadlo, A. (2016). Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif & Inofatif. Satu Nusa.

Balanay, C. A. S., dan Elnor, C.R. (2013). asesment on students science process skills: A student-Centred Approach, International Journal of Biology Education, 5 (3) 51-63

Budiono, Agus dan Hartini (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Jurnal Pemikiran Penelitian Pendidikan dan Sains. 4(2) e-ISSN : 2579-8464

Erina, richie dan kuswanto (2015). Pengaruh Model Pembelajaran InSTAT Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains dan hasil belajar kognitif siswa fisika SMA. Jurnal Inivasi pendidikan IPA. 2(2) 202-211

Fahrudin, M. F., Subekti, H., dkk. (2014). Implementasi Model Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Pada Materi Kalor Dan Perpindahannya. Jurnal Pendidikan Sains ePensa 2, 378–383.

Fitriani, Riska., dkk. (2017). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan. Jurnal Pinovasi pendidikan kimia. 11(2).

Handayani, Anita, dkk. (2016). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Di SMA NEGERI 3 SINGKAWANG. Jurnal pendidikan fisika, 64(2),. https://doi.org/10.1119/1.1514215

Haryono, S. (2017). Peningkatan Keterampilan Kerja Ilmiah Siswa Kelas X Melalui Model Pembelajaran Inquiry Role Approach Berbasis Lesson Study Di Sma N 16 Semarang. BIOMA Jurnal Ilmiah Biologi, 6(2). https://doi.org/10.26877/bioma.v6i2.1715

Kurniawan, asep. (2018). Metodologi penelitian pendidikan. rosda.

Meltzer, D. E. (2002). The relationship between mathematics preparation and conceptual learning gains in physics: A possible “hidden variable” in diagnostic pretest scores. American Journal of Physics, 70(12), 1259–1268. https://doi.org/10.1119/1.1514215

Miller,K., dkk (2013). Role Of Physic Lecture Demonstration In Conceptual Learning. physic riview special topic-physics education research, 9(2),1-5

Sudjana. (2005). Metoda Sratistika. Tarsito.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatifmdan R&D. alfabeta.

Sumarli, dkk. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berpendekatan Inquiry terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa. Physics Communication. 2 (1) 63-69 http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/pc

Trianto, I. B. al-Tabani. (2017). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan kontekstual: Konsep, landasan, dan implementasi pada kurikulum 2013 (kurikulum tematik integrative/KTI). Kencana.

Uno, H. B. (2010). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif Dan Efektif. Bumi Aksara.

Juhji (2016). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Pendekatan Inkuiri Terbimbing. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 58(2). e-ISSN 2477-2038

Wati, Widya dan Novianti (2011). Pengembangan Rubric Asesmen Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran IPA SMP. Jurnal ilmiah pendidikan fisika Al-BiRuNi. 5 (1). https://doi.org/10.24042/jpialbiruni.v5i1.1


Article Metrics

Abstract view : 320 times | PDF view : 138 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License