ANALISIS KETERAMPILAN MENARIK KESIMPULAN DALAM PEMBELAJARAN FISIKA PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 9 MAKASSAR

Riska Irmayadi(1*), Abdul Haris(2), Kaharuddin Kaharuddin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v16i3.16466

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatifyang bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menarik kesimpulan peserta didik. Subjek penelitian ini adalahpeserta didik kelas XII MIA IV di SMAN 9 Makassar. Penelitian ini menggunakan tes keterampilan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan peserta didik dalam menarik kesimpulan secara deduksi berada pada kategori sedang sementara secara induksi berada pada kategori kurang. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa keterampilan menarik kesimpulan secara deduksi lebih dominan dibandingkan keterampilan menarik kesimpulan secara induksi. Hal ini disebabkan oleh jarangnya penggunaan keterampilan menarik kesimpulan dalam pembelajaran fisika dan kurangnya penggunaan metode induksi dibandingkan dengan deduksinya

Full Text:

PDF

References


Bhat, M. A. (2016). The Predictive Power of Reasoning Ability on Academic Achievement. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research.

Blumenthal-Barby, J. S., & Krieger, H. (2015). Cognitive Biases and Heuristics in Medical Decision Making: A Critical Review Using a Systematic Search Strategy. Medical Decision Making, 35(4), 539–557.

Boeree, C. G. (2016). General Psycology: Psikologi keprbadian,persepsi, kognisi, Emosi, dan Perilaku. Prisma Sophie.

Chang, T. Y., Solomon, D. H., & Westerfield, M. M. (2016). Looking for Someone to Blame: Delegation, Cognitive Dissonance, and the Disposition Effect: Looking for Someone to Blame. The Journal of Finance, 71(1), 267–302.

Dobelli, R. (2013). The art of thinking clearly (First edition). Harper.

Dozois, D. J., & Rnic, K. (2015). Core beliefs and self-schematic structure in depression. Current Opinion in Psychology, 4, 98–103.

Evans, J. St. B. T., & Over, D. E. (2013). Reasoning to and from belief: Deduction and induction are still distinct. Thinking & Reasoning, 19(3–4), 267–283.

Geisler, N. (1995). Come, Let Us Reason; An introduction To Logical Thinking. B Bakery Academi.

Haryadi, R., & Pujiastuti, H. (2015). Pengaruh Kemampuan Matematis Terhadap Hasil Belajar Fisika. 4.

Kemendikbud. (2016). Permendikbud No. 22 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Levine, L. E., & Munsch, J. (2011). Child Development: An active learning approach. SAGE Publication.

Markawi, N. (2015). Pengaruh Keterampilan Proses Sains, Penalaran, dan Pemecahan Masalah terhadap Hasil Belajar Fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(1).

Moore, B. N., & Parker, R. (2012). Critical thinking (tenth). Mc Graw Hill.

Nurlailiyah, A., & Deta, U. A. (2015). Studi Korelasi Antara Kemampuan Matematika Dengan Hasil Belajar Fisika Di Sma Pgri Sumberrejo Bojonegoro Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), 5(2), 64.

Osborne, J. (2010). Arguing to Learn in Science: The Role of Collaborative, Critical Discourse. Science, 328(5977), 463–466.

Permendikbud. (2016). Permendikbud No. 23 Tentang Standar Penilaian Pendidikan. Kemendikbud.


Article Metrics

Abstract view : 140 times | PDF view : 40 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License