STRATEGI PEMECAHAN MASALAH MEKANIKA FLUIDA MENURUT TAKSONOMI SOLO

M. Dewi Manikta Puspitasari(1*), Kuni Nadliroh(2), Muhammad Najibulloh Muzaki(3),

(1) Universitas Nusantara PGRI Kediri
(2) Universitas Nusantara PGRI Kediri
(3) Universitas Nusantara PGRI Kediri
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v16i3.16457

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi pemecahan masalah mahasiswa berkemampuan fisika tinggi dan sedang dalam menyelesaikan soal mekanika fluida. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah mahasiswa yang menempuh mata kuliah mekanika fluida. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan wawancara, tes mekanika fluida dan tes kemampuan fisika. Tes kemampuan fisika digunakan untuk mengelompokkan tingkatan kemampuan fisika mahasiswa tinggi dan sedang bedasarkan kriteria nilai hasil tes kemampuan fisika mahasiswa. Sedangkan strategi pemecahan masalah ditentukan dari hasil jawaban mahasiswa terhadap 4 soal mekanika fluida yang diberikan dan wawancara yang kemudian dianalisis dengan rubrik identifikasi strategi pemecahan masalah (epistemic game). Hasil analisis tes pertama menunjukkan strategi pemecahan masalah yang digunakan dalam menyelesaikan masalah adalah mapping mathematics to meaning dengan level relational dan transliteration to mathematics dengan level multistructural. Pada tes kedua, mahasiswa menggunakan pictorial analysis dengan level extended abstract dan transliteration to mathematics dengan level relational dalam menyelesaikan masalah. Sedangkan mahasiswa menyelesaikan masalah pada tes ketiga dengan menggunakan mapping mathematics to meaning dengan level relational dan recursive plug and chug dengan level relational. Mahasiswa menggunakan recursive plug and chug dengan level relational dan transliteration to mathematics dengan level relational dalam menyelesaiakn test keempat. Strategi pemecahan masalah dari penelitian ini nantinya dapat digunakan untuk menentukan strategi atau model pembelajaran yang sesuai dengan pembelajaran konsep materi.

Full Text:

PDF

References


Adair, D., & Jaeger, M. (2016). Incorporating Critical Thinking into an Engineering Undergraduate Learning Environment. International Journal of Higher Education, 5(2), 23–39.

Appulembang, O. D. (2017). Profil Pemecahan Masalah Aljabar Berpandu pada Taksonomi Solo Ditinjau dari Gaya Kognitif Konseptual Tempo Siswa SMA Negeri 1 Makale Tana Toraja. Journal of Language, Literature, Culture, and Education, 13(2), 133–149.

Fathiah, F., Kaniawati, I., & Utari, S. (2015). Analisis Didaktik Pembelajaran yang Dapat Meningkatkan Korelasi antara Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA pada Materi Fluida Dinamis. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 1(1), 111–118.

Gamez-montero, P. J., Raush, G., Domènech, L., Castlla, R., García-vílchez, M., & Carbó, A. (2015). Fluid Mechanics Courses in Undergraduate Engineering Programs. 5(1), 15–30.

Guseinova, E. E. (2018). Organizational and pedagogical conditions for the development of professional competencies in the technical students’ individual work through the example of studying the discipline «Hydraulics and fluid mechanics». European Journal of Contemporary Education, 7(1), 118–126.

Jamil, A. F. (2017). Peningkatan Level Berpikir Aljabar Siswa Berdasarkan Taksonomi SOLO pada Materi Persamaan Linier melalui Pemberian Scaffolding. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 3(1), 175–183.

Kamol, N., & Har, Y. B. (2010). Upper Primary School Students’ Algebraic Thinking. Proceedings of the 33rd Annual Conference of the Mathematics Education Research Group of Australasia, July, 3–7.

Lian, L. H., & Yew, W. T. (2012). Assessing algebraic solving ability: A theoretical framework. International Education Studies, 5(6), 177–188.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis. In R. Holland (Ed.), SAGE Publications (Second). SAGE Publications.

Ogilvie, C. A. (2009). Changes in students’ problem-solving strategies in a course that includes context-rich, multifaceted problems. Physical Review Special Topics - Physics Education Research, 5(2), 1–14.

Sena-Esteves, T., Morais, C., Guedes, A., Pereira, I. B., Ribeiro, M. M., Soares, F., & Leão, C. P. (2019). Student’s perceptions regarding assessment changes in a fluid mechanics course. Education Sciences, 9(2), 1–19.

Suarez, A., Kahan, S., Zavala, G., & Marti, A. C. (2017). Students’ conceptual difficulties in hydrodynamics. Physical Review Physics Education Research, 13(2), 1–12.

Teodorescu, R. E., Bennhold, C., Feldman, G., & Medsker, L. (2013). New approach to analyzing physics problems: A taxonomy of introductory physics problems. Physical Review Special Topics - Physics Education Research, 9(1), 1–20.

Tuminaro, J., & Redish, E. F. (2007). Elements of a cognitive model of physics problem solving: Epistemic games. Physical Review Special Topics - Physics Education Research, 3(2), 1–22.


Article Metrics

Abstract view : 243 times | PDF view : 95 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Published by :

Department of Physics, Universitas Negeri Makassar, Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate,  South Sulawesi, Indonesia.

Postal Code: 90224 Telp/Fax (0411)840622

Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id