PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP MINAT BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 3 MAKASSAR

Ayunita Alfiani(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v17i3.16008

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian True Eksperimental Design dengan desain penelitian Posttest Only Control Group Design. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap minat belajar fisika peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Makassar. Sampel pada penelitian ini yaitu XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Untuk mengukur minat belajar peserta didik dalam penelitian ini menggunakan angket. Statistik deskriptif menunjukan skor rata-rata minat belajar pada kelas eksperimen eksperimen sebesar 89,69 dengan standar deviasi 12,37, sedangkan pada kelas kontrol skor rata-rata minat belajar peserta didik sebesar 80,85 dengan standar deviasi 10,22. Hasil uji hipotesis dengan uji-t pada taraf siginifikan  = 0,05 diperoleh  thitung = 3,00  dan ttabel = 1,99. Karena ttabel < thitung, maka hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima yaitu pembelajaran dengan model pembelajaran inkuiri  mempunyai pengaruh yang positif terhadap minat belajar fisika peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Makassar.

 

Abstract.This research is a True Experimental Design with Posttest Only Control Group Design. This research aims to determine the effect of the inquiry learning model on students' interest in learning physics class XI SMA Negeri 3 Makassar. The subjects in this study were XI MIPA 4 as the experimental class and XI MIPA 3 as the control class. To measure students' interest in learning in this study was a questionnaire.  Statistics descriptive shows the average score of learning interest in the experimental class was 89.69 with standard deviasi 12,37, while in the control class the average score of students' learning interest was 80.85 with standard deviasi 10,22. The results of hypothesis testing with t-test of the taraf significance   = 0,05 obtained tvalue = 3.00 and ttable = 1.99. Because ttable < tvalue, this indicates that H0 is rejected and H1 is accepted, namely learning with inquiry learning models has a positive effect on the students' interest in learning physics in class XI SMA Negeri 3 Makassar.


Full Text:

PDF

References


As’ad, S. (2015). Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Teknik Audio Video SMKN 3 Mataram Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar

Indraawati & Wawan S. (2009). Model Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. Diterbitkan oleh PPPPTK IPA

Justitia, V.S, Zainal, A.I.S. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri pada Materi Elastisitas untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kedamean Gresik. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika 4(3)

Lismawati, Vandalita, R. & Candra. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Minat Belajar Biologi Siswa Lintas Minat. ISSN

Lubis, F.A. (2018). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Divariasikan dengan Mind Mapping terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Biolokus. 1(2). 93-100

Sukardi. (2013). Metode Penelitian Tindakan Kelas, Implementasi, dan Pengembangannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Wulandari, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTs Darul Falah Tahun Ajaran 2018/2019 dengan Materi Persamaan Linear Satu Variabel


Article Metrics

Abstract view : 528 times | PDF view : 178 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License