PENGARUH PEMBERIAN TUGAS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK SMAN 4 BONE

Ita Angraeni(1*), Bunga Dara Amin(2), M. Sidin Ali(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Univeristas Negeri Makassar
(3) Univeristas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v16i2.15988

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen murni yang bertujuan untuk mengetahui gambaran pemahaman konsep fisika peserta didik dan motivasi belajar fisika peserta didik dengan pemberian tugas melalui model pembelajaran discovery. Penelitain ini dilaksanakan di SMAN 4 Bone tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah sampel kelas X MIA 3 yang berjumalah 34 peserta didik sebagai kelas kontrol dan kelas X MIA 4 yang berjumlah 34 peserta didik. Alat pengumpulan data mengunakan instrumen tes berupa tes pemahaman konsep fisika peserta didik pada rana pemahaman serta instrumen non tes tes motivasi belajar fisika peserta didik mengunakan angket motivasi belajar. Hasil penelitian yang diperoleh gambaran pemahaman konsep dan motivasi belajar fisika peserta didik yang terbentuk dengan menerapkan model pembelajaran discovery berada pada kategori tinggi untuk kelas eksperimen. Skor pemahaman konsep dan motivasi belajar memenuhi kriteria ketuntasan pembelajaran dikelas yaitu skor rata-rata siswa kelas eksperimen lebih besar dari nilai kelas kontrol dilihat dari tes pembelajaran yang telah dilakukan di sekolah.

Full Text:

PDF

References


Depdiknas,2006. Permen 22 Th.2006. standar Isi, Standar Kompetisi dan Kompetisi Dasar Matematika SMA-MA. Jakarta: Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menegah. Diknas

Djamara, S. B., & Zain, A. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Haling, A., & Pattaufi. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Ilahi. T. M. 2012. Pembelajaran Discovery Jogjakarta. Diva Press

Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa . Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Markaban, 2008. Model Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Discovery Terbimbing. Yogyakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

Rufiana, I. S. (2015). Level Kognitif Soal Pada Buku Teks matematika Kurikulum 2013 Kelas VII untuk Pendidikan Menengah. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 17.

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sugiyono, 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatf dan R&D Jakarta ; Alfabeta


Article Metrics

Abstract view : 147 times | PDF view : 74 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License