ANALISIS KEMAMPUAN MEMPREDIKSI DALAM PEMBELAJARAN FISIKA PESERTA DIDIK KELAS XII MIA SMA NEGERI 9 MAKASSAR

Fitri Fitri(1*), Herman Herman(2), Abdul Haris(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Univeristas Negeri Makassar
(3) Univeristas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v16i2.15987

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian survey yang mendeskripsikan kemampuan memprediksi peserta didik dalam pembelajaran fisika. Sumber data pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XII MIA SMA Negeri 9 Makassar yang berjumlah 108, pengumpulan data yang digunakan adalah dengan pemberian tes pilihan ganda beralasan, untuk mengetahui bangaimana gambaran kemampuan memprediksi peserta didik dalam pembelajaran fisika. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan memprediksi peserta didik kelas XII SMA Negeri 9 Makassar, berada pada kategori sedang. Hal ini disebabkan karena peserta didik cenderung menggunakan persamaan deret aritmetika, persamaan garis, dan juga perhitungan secara manual dengan menjumlahkan setiap rentang yang ada pada variabel satu persatu, tanpa coba memperhatikan dan mencoba menemukan pola yang ada sehingga menyebabkan peserta didik memerlukan waktu yang lebih lama untuk menyelesaikan soal tersebut, dan peserta didik tidak mampu mengubah soal ke dalam bentuk matematika,serta tidak mengetahui persamaan yang harus digunakan sehingga tidak mampu menerapkan konsep-konsep materi yang telah dipelajarinya.


Full Text:

PDF

References


Anisah, S., Subiki, & Spriadi, B. (2018). Analysis of High School Students' Science Process Skills on Rectiliner Motion Kinematics Materials. Jurnal Edukasi, 5-8.

Charli, L., Amin, A., & Agustina, D. (2018). Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Fisika pada Materi Suhu dan Kalor di Kelas X SMA AR-Risalah Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2016/2017. Journal Inducation and Instructrion , 42-51.

Elvanisi, A., Hidayat, S., & Fadillah, N. E. (2018). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 245-252.

Hasbullah, & Nazriana, L. (2017). Peningkatan Kemampuan Interpretasi Grafik melalui Pendekatan Multi-Representasi pada Materi Gerak Lurus. Seminar Nasional II USM 2017 (hal. 114-118). Aceh: USM.

Herlen, W. (1999). Purposes and Procedures for Assessing Science Process Skills. Assesment in Education, 129-144.

Ilmi, N., Desnita, Erfan, H., & Zelda, B. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Proses Sains pada Pembeljaran Fisika SMA. Seminar Nasional Fisika 2016 (hal. 58-62). Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

King, F., Goodson, L., & Rohani, F. (2010). Higher Order Thinking Skills. Educational Services Program.

Leen, C. C., Hong, H., Kwan, F. N., & Ying, T. W. (2014). Creative and Critical Thinking in Singapore Schools. Office of Education Research, 1-48.

McNay, M. (1993). Children's Skill in Making Predictions and Their Understanding of What Predicting Means: A Developmental Study. Journal of Research in Science Teaching, 561-577.

Nurssafat'at, F. A., Sujadi, I., & Riyadi. (2016). Analsis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Volume Prisma dengan Fong's Shcematic Model For Error Analysis Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Jurnal Elektronik Pembelajran Matematika, 174-187.

Redhana, I. w. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad ke-21 dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovassi pendidikan Kimia, 2239-2253.

Rohmawati, F., Rohman, G., & Mujilahwati, S. (2017). Sistem Prediksi Jumlah Pengunjung Wisata Wego Kec. Sugio Kab. Lamongan Menggunakan Metode Fuzzy Time series. JOUTICLA, 67-74.

Sari, N. i., Subanji, & Hidayanto, E. (2018). Diagnosis Kesalahan Penalaran Matematis Sisw dalam Menyelesaikan Masalah Pola Bilangan. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 64-69.

Sari, S. M., Indrawati, & Handayani, R. D. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Terhadap eterampilan Proses dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Fisika di SMP. Jurnal Pendidikan Fisika, 103-108.

Sezen, N., Sari, M., & Bulbul, A. (2012). An Investigation of Preservice Physics Teachers' Use of Graphical Representations. Procedia-Social and Behavioral Science, 3006-3010.

Tawil, M., & Liliasari. (2014). Keterampilan-Keterampilan Sains dan Implementasinya dalam Pembelajaran IPA. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Zeidan, A. H., & Jayosi, M. R. (2015). Science Process Skills and Attitudes toward Science among Palestinian Secondary School Students. World Journal of Education, 13-24.


Article Metrics

Abstract view : 163 times | PDF view : 59 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License