PENGEMBANGAN BUKU SUPLEMEN PEMBELAJARAN FISIKA TERINTEGRASI KEARIFAN LOKAL UNTUK MENGUATKAN KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK

Dwi Utami Putri(1*), M A Martawijaya(2), Helmi Abdullah(3),

(1) Univeristas Negeri Makassar
(2) Univeristas Negeri Makassar
(3) Univeristas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v16i2.15986

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development), dengan menggunakan pengembangan model 4 - D (Four-D Model) yang dikembangkan oleh S. Thiagarajan yang  bertujuan untuk Untuk mengetahui validitas Buku Suplemen fisika terintegrasi kearifan lokal untuk menguatkan karakter Kemandirian peserta didik SMAN 22 Makassar. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 22 Makassar pada tahun ajaran 2019/2020 dengan subjek penelitian 1 orang peserta didik kelas XI MIPA VI di SMA Negeri 22 Makassar yang memiliki tingkat kemandirian yang masih kurang. Instrumen penelitian yang digunakan merupakan lembar validasi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan data validasi ahli. Hasil penelitian yang diperoleh dibagi menjadi beberapa tahap, antara lain: a) Tahap pendefinisian, b) Tahap perencanaan, dan c) Tahap pengembangan. Buku Suplemen pembelajaran Fisika di SMAN 22 Makassar yang layak digunakan oleh ahli pakar berada pada contents validity. Buku Suplemen yang dikatakan layak  yaitu Buku Suplemen pembelajaran Fisika mengarahkan peserta didik untuk mempelajari Kearifan lokal setempat juga menguatkan kemandirian.

Full Text:

PDF

References


Kemendikbud. (2014) Pembelajaran pada Pendidikan dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta : Mentri Pendidikan dan Budaya.

Agus Martawijaya (2014) Buku fisika peserta didik berbasis keariifan lokal untuk meningkatkan karakter dan ketuntasan belajar. Jurnal sains dan pendidikan fisika, hal. 285-292.

Desmita. (2014) Psikologi perkembangan peserta didik. BANDUNG : PT REMAJA ROSDAKARYA

Fajarini, Ulfah (2014) Peranan kearifan lokal dalam pendidikan karakter.

Masnaini (2015), Gandrang Bulo sebagai bahan ajar seni . Jurnal Of EST, hal. 21-30.


Article Metrics

Abstract view : 234 times | PDF view : 108 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License