ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA PELAKSANAAN PRAKTIKUM FISIKA DI SMAN 9 MAKASSAR

Frafti Rejeki(1*), Usman Usman(2), Aisyah Azis(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v16i2.15982

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui gambaran keterampilan proses sains (KPS) pada pelaksanaan praktikum fisika peserta didik di SMAN 9 Makassar. Variabel dalam penelitian ini adalah keterampilan proses sains dengan lima indikator yang akan diukur yaitu mengamati, menyusun hipotesis, merencanakan percobaan, menginterpretasi data dan mengomunikasikan. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas X MIA 9 yang berjumlah 23 orang. Data hasil penelitian diperoleh dengan melakukan tes kinerja pelaksanaan praktikum fisika materi getaran harmonis sederhana kemudian memberikan tes tertulis dalam bentuk uraian. Teknik analisis data yaitu analisis deskriptif dengan menggunakan persentase skor. Berdasarkan hasil analisis data tes tertulis diperoleh bahwa rata-rata perolehan skor keterampilan proses sains peserta didik termasuk dalam kategori tinggi dengan persentase sebesar 71.56%. Hasil tersebut diperkuat dengan hasil analisis data tes kinerja keterampilan proses sains peserta didik pada pelaksanaan praktikum fisika yang juga termasuk dalam kategori tinggi dengan persentase sebesar 61.30%. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa peserta didik sudah mampu menerapkan keterampilan proses sains pada pelaksanaan praktikum fisika.


Full Text:

PDF

References


Azizah, K. N., Ibrahim, M., & Widodo, W. (2018). Process Skill Assessment Instrument: Innovation to Measure Students' Learning Holistically. Journal of Physics: Conference Series (pp. 1-5). Indonesia: IOP Publishing.

Djamarah, S. B., & Azwan, Z. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Harlen, W. (1999). Purposes and Procedures for Assesing Science Process Skills. Assessment in Education, 6(1),129-144.

Karamostafaoglu, S. (2011). Improving The Science Process Skill Ability of Science Student Teacher Using I Diagrams. Eurasian Journal of Physics and Chemistry Education, 3(1), 26-38.

Mundilarto. (2002). Kapita Selekta Pendidikan Fisika. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Nurshinta, E. (2018). Analisis Keterampilan Proses Sains (KPS) Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning di SMAN 1 Labuanhaji. Banda Aceh: UIN Ar-Raniry.

Ozgelen, S. (2012). Students' Science Process Skills within a Cognitive Domain Framework. Eurasian Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 8(4), 283-292.

Ratnasari, D., Sukarmin, Suparmi, & Harjunowibowo, D. (2018). Analysis of Science Process Skill of Summative Test Items in Physics Physics of Grade X in Surakarta. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(1),34-40.

Tawil, M., & Liliasari. (2014). Keterampilan-Keterampilan Sains dan Implementasinya dalam Pembelajaran IPA. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Zamista, A. A., & Kaniawati, I. (2015). Pengembangan Tes Keterampilan Proses Sains Materi Fluida Statis Kelas X SMA/MA. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2015 (pp. 5-10). Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Zubaidah, S., Mahanal, S., Yuliati, L., Dasna, I. W., Pangestuti, A. A., Puspitasari, D. R.,Sholihah, M. (2017). Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.


Article Metrics

Abstract view : 344 times | PDF view : 133 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License