PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK SMA NEGERI 11 PINRANG

Fitriani Rajja(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v16i1.15858

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian hasil belajar fisika peserta didik SMA Negeri 11 Pinrang yang terdiri atas instrumen dan rubrik pada ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan instrumen penilaian hasil belajar fisika untuk materi Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan instrumen penilaian hasil belajar fisika untuk materi Hukum Newton. Pengumpulan data validasi teoteris melalui pendapat pakar dan proses validasi empiris dengan teknik tes dan nontes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 2 butir instrumen ranah pengetahuan yang tidak valid secara teoretik dengan koefisien konsistensi antarpakar sebesar 0,96. Sedangkan, untuk instrumen penilaian ranah sikap dan keterampilan semua butir instrumen valid secara teoretik dengan nilai koefisien konsistensi untuk kedua instrumen sebesar 1,00. Pada tahap validasi empirik dilakukan ujicoba beberapa kali untuk tiap-tiap instrumen. Untuk instrumen penilaian ranah sikap spiritual sebanyak 3 kali dan sikap sosial sebanyak 4 kali. Untuk instrumen penilaian ranah kognitif dilakukan 3 kali dan terdapat 3 butir soal yang tidak valid pada ujicoba ketiga. Sedangakan untuk instrumen penilaian keterampilan kinerja sebanyak 2 kali. Berdasarkan hasil analisis semua instrumen penilaian yang dikembangkan telah valid dan reliabel serta layak digunakan.


Full Text:

PDF

References


Depdiknas. (2008). Pengembangan Perangkat Penilaian Psikomotor. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Djaali, H., Muljono, P. (2004). Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: PPS UNJ.

Hadijah & Anggereni, S. (2016). Pengembangan Instrumen Tes Hasil Belajar Kognitif Mata Pelajaran Fisika pada Pokok Bahasan Momentum dan Impuls SMA Kelas XI. Jurnal Pendidikan Fisika, 4, 30.

Haryati, M. (2010). Model dan Teknik Penilaian pada Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Tim Gaung Persada Press Jakarta.

Kunandar. (2014). Acuan dan Teknik Penilaian Proses dan Hasil Belajar dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Permendikbud. (2016). Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta.

Purwanto. (2010). Evaluasi Hasil Belajar. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Retnawati, H. (2017). Validitas, Reliabilitas & Karakteristik Butir. Yogyakarta: Parama Publishing.

Uno, H. B., & Koni, S. (2016). Assessment Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara


Article Metrics

Abstract view : 764 times | PDF view : 210 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License