ANALISIS HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI MEDAN MAGNET KELAS XII IPA SMAN 6 MUARO JAMBI

Wella Meliza(1*), Nurmaliza Nurmaliza(2), Sisca Agustin(3), Amril Sastra(4),

(1) Universitas Jambi
(2) Universitas Jambi
(3) Universitas Jambi
(4) Universitas Jambi
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v17i1.15671

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi siswa terhadap pembelajaran fisika pada materi medan magnet.  Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 6 Muaro Jambi tahun ajaran 2020/2021. Kelas observasi dalam penelitian ini adalah XII IPA SMAN 6 Muaro Jambi. Penelitian ini berlangsung pada bulan Oktober 2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan bentuk penelitian hubungan (interrelationship studies), studi sebab akibat (causal-comparrative). Sample penelitian ini adalah seluruh kelas XII IPA.  Instrumen penelitian  yang digunakan berupa instrumen tes objektif pilihan ganda materi listrik statis sebanyak 25 butir soal dan instrumen nontes berupa angket respon siwa yaitu angket motivasi sebanyak 25 butir pernyataan. Data hasil instrumen tes dianalisis secara kuantitatif, sedangkan data hasil instrumen nontes dianalisis secara kuantitatif menghasilkan data berupa kuantitatif, menghasilkan data berupa persentase yang kemudian dikonversi menjadi data kualitatif. Teknik analisis data menggunakan SPSS 23 dengan melakukan pengujian normalitas, homogenitas, dan uji korelasi. Hasil analisis data menunjukkan nilai.  

 

AbstractThis study aims to see the relationship between student motivation and learning physics on magnetic field material. This research was conducted at SMA Negeri 6 Muaro Jambi in the academic year 2020/2021. This research took place in October 2020. The research method used is descriptive method with a quantitative approach. The total population was the total students of class XII IPA at SMA Negeri 6 Muaro Jambi. The research instrument used was an objective test instrument of 25 items of magnetic field material choice and a non-test instrument in the form of a student response questionnaire, namely a motivation questionnaire sheet consisting of 25 statements. The data analysis technique used SPSS 23 by testing for normality, homogeneity, and testing. The results of data analysis were tested by normality test and homogeneous test obtained significance of 0.41> 0.005 and 0.79> 0.005 which means that they are normal and homogeneous. Meanwhile, when displayed suddenly a significant value was obtained 0.764> 0.005, which means that there is no effect of the magnetic field student's cognitive learning motivation.


Full Text:

PDF

References


Achyanadia, S. (2013). Hubungan Kebiasaan Belajar Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Ciseeng. Jurnal Teknologi Pendidikan, 2(2), 6.

Astalini., Kurniawan, Dwi Agus., dan Sumaryanti. 2018. Sikap Siswa Terhadap Pelajaran Fisika di SMAN Kapupaten Batanghari. Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika. 3(2), 59-64.

Astalini., Kurniawan, Dwi Agus., dan putri, Aqina Deswana. 2018. Identifikasi Sikap Impilasi Sosial Dari IPA , Ketertarikan Menambah Waktu Belajar IPA, Dan Ketertarikan Berkarir Dibidang IPA Siswa SMP Se Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Ilmiah Kependidikan. 7(2), 93-108.

Jecseneri, Andry. 2018. Pengaruh Motivasi Belajar, Minat Belajar Serta Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Fisika Kelas VIII SMPN 1 Tana Tidung Tahun Ajaran 2017/2018. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Kurniawan, Dwi Agus., Astalini., Anggraini,Lika. 2018. Evaluasi Sikap Siswa Smp Terhadap Ipa Di Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Ilmiah Didaktika. 19 (1), 124-139.

Sardiman. 2012. Intruksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Rajawali.

Sari, Ira Nofita., Saputri Dwi Fajar., Sasmita. 2016. Pengaruh Minat Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika Pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Galing Kabupaten Sambas. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains. 4 (2), Hal 108-114.

Simamora, N.N., Ramadhanti, A. 2020. Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Fisika Kelas X Mipa Di Sma Negeri 4 Kota Jambi. Jurnal pendidikan informatika dan sains. 9(1), 1-8.

Sirait, Erlando. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 6(1).

Siregar, Evelin Dan Nara, Hartini. 2014. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Bogor : Ghalia Indonesia.

Wulan, Novita Sri. 2017. Pengaruh Alat Peraga Medan Magnet (APMM) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Medan Magnet. Jakarta : Universitas islam negeri syarif Hidayatullah.


Article Metrics

Abstract view : 575 times | PDF view : 252 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License