ANALISIS KARAKTER KERJA KERAS TERHADAP MATA PELAJARAN FISIKA DI SMA NEGERI 1 KOTA JAMBI

Kholilah Kholilah(1*), Maharani Rizky Pratiwi(2), Sri Wahyuni(3), Fauziah Yolviansyah(4), Langgengyoga Wicaksono(5),

(1) Universitas Jambi
(2) Universitas Jambi
(3) Universitas Jambi
(4) Universitas Jambi
(5) Universitas Jambi
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v17i1.15528

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis karakter kerja keras terhadap mata pelajaran fisika di lingkungan sekolah SMA Negeri 1 Kota Jambi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode peniltian analisis kuantitatif. Metode ini termasuk metode statistika deskriptif. Metode statistika deskriptif adalah metode bagian statistika mengenai pengumpulan data, penyajian, penentuan nilai-nilai statistika, pembuatan diagram atau gambar mengenai sesuatu hal, disini data yang disajikan dalam bentuk yang lebih mudah dipahami atau dibaca. . Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Data primer adalah data asli yang dikumpulkan sendiri oleh peneliti untuk menjawab masalah yang sedang di teliti. Subjek dari penelitian adalah siswa SMA Negeri 1 Kota Jambi, kelas XI MIPA 4 berjumlah 20 orang, kelas XI MIPA 5 berjumlah 20 orang dan kelas XI MIPA 6 berjumlah 20 orang. Dimana hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa  dari semua pernyataan yang telah diberikan SMA Negeri 1 Kota Jambi telah berhasil menerapkan nilai-nilai karakter kerja keras dalam pembelajaran Fisika

The  purpose  of  this  study  was  to  analyze  the  character  of hard work on physics subjects in SMA Negeri 1 Jambi City. The method used  in  this  research  is  quantitative  analysis  research  method.  This method is a descriptive statistical method. Descriptive statistical method is  a  method  of  the  statistics  section  regarding  data  collection, presentation,  determining  statistical  values,  making  diagrams  or pictures of something, here the data is presented in a form that is easier to  understand or  read.  .  The data  used  in  this  study  are  primary  data. Primary  data  is  the  original  data  that  the  researcher  has  collected himself  to  answer  the  problem  being  studied.  The  subjects  of  the  study were students of SMA Negeri 1 Kota Jambi, class XI MIPA 4 totaling 20 people,  class  XI  MIPA  5  totaling  20  people  and  class  XI  MIPA  6 totaling  20  people.  Where  the  results  of  this  study  state  that  of  all  the statements that have been given by SMA Negeri 1 Jambi City, they have succeeded  in  applying  the  values  of  hard  work  character  in  learning physics.  


Full Text:

PDF

References


Astalini., Kurniawan, D, A., &Sumaryanti. (2018). SikapSiswaTerhadap Pelajaran Fisika Di SMAN KabupatenBatanghari.JurnalIlmu Pendidikan Fisika, 3 (2). 59-64.

Astalini., Kurniawan, D, A., & Putri, A, D. (2018). Identifikasi Sikap Implikasi Sosial Dari Ipa Ketertarikan Menambah Waktu Belajar Ipa Dan Ketertarikan Berkarir Dibidang Ipa Siswa SMP Sekabupaten Muaro Jambi.Jurnal Ilmu Kependidikan, 7 (2). 93-108.

Darmaji., Kurniawan, D, A., Astalini., & Nasih, N, R. (2019). Persepsi Mahasiswa Pada Penuntun Praktikum Fisika Dasar II Berbasis Mobile Learning.Jurnal Pendidikan, 4 (4). 516-523.

Elfrindi, H. L., dkk. 2012. Pendidikan Karakter: Karakter, Metode Dan Aplikasi Untuk Pendidik Dan Profesional. Jakarta: Badouse Media.

Gunawan, I. 2009. Determinasi Supervisi Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Diakses 1 Juni 2009 dari http://masimamgun.blogspot.com/2009/02/determinai-supervisi-dalam-peningkatan.html.

Hakiem, A, A, F, E. 2017. Model Peningkatan Pola Kerja Keras Melalui Religiosty, Motivasi Intrinsik Dan Motivasi Ekstrinsik.Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 18 (2). 136-148.

Imran, M. 2013. Kerja Keras. Dikutip dari http://.slidshare.net/busfaaja/kerja-keras diakses pada 29 Agustus 2016 pukul 20.17 wib.

Islam, S. 2017. Karakteristik Pendidikan Karakter, Menjawab Tantangan Multidimensional Melalui Implementasi Kurikulum 2013.Jural Eduriligia, 1 (1). 89-101.

Kesuma, D., Triatna, C., & Permana, J. 2012. Pendidikan Karakter: Kajian Teori Dan Praktik Di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kurniawan, D, A., Astalini., &Anggraini, L. (2018). EvaluasiSikapSikapSiswaTerhadapIpa Di KabupatenMuaroJambi.JurnalIlmiah DIDAKTIKA, 19 (1). 124-139.

Lase, B, P. (2020). Strategi Guru PPKN Dalam Mengimplementasikan Pendidikan Karakter Di SMP Negeri 3 Alasa Talu Muzoi.Jurnal Warta Edisi 63, 14 (1). 165-174.

Nasution, L, M. 2017. Statistik Deskriptif.Jurnal Hikmah, 14 (1). 49¬-55.

Nurachmandani, S. (2009). Fisika 2 Untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Omeri, N. (2015). Pentinya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan.Jurnal Manajer Pendidikan, 9 (3). 464-468.

Pathoni, H., Perdana, R., Kurniawan, D, A., & Astalini. (2019). Identifikasi Sikap Peserta Didik Terhadap Mata Pelajaran Fisika Di SekolahMenengah Atas Negeri 5 Kota Jambi.Unnes Physics Education Journal, 8 (1). 34-43.

Rianawati. 2015. Impelentasi nilai-nilai karakter pada mata pelajar pendidikan agama islam (PAI). PT: IAIN Pontianak Press.

Sari, N. (2020). Hubungan Kerja Keras dengan Sikap Siswa dalam Mata Pelajaran Ipa di SMP se-Kecamatan Muara Bulian.

Suwarjo., &Mardikarini, S. (2016). Analisis Muatan Nilai-Nilai Karakter Pada Buku Teks Kurikulum 2013 Pegangan Guru Dan PeganganSiswa.Jurnal Pendidikan Karakter, 6 (2). 261-274.

Wulandari, Y., &Kristiawan, M. (2017). Strategi Sekolah Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Siswa Dengan Memaksimalkan Peran Orang Tua.JurnalManajemen, Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan, 2 (2). 290-303.

Yaumi, Dr. M. M. Hum., M. A. 2014. Pendidikan Karakter Landasan, Pilar & Implementasi. Jakarta: Kencana.


Article Metrics

Abstract view : 333 times | PDF view : 128 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License