KORELASI MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA KELAS XI MIPA SMA NEGERI 1 KUALA TUNGKAL

Uliya Aprily(1*),

(1) Universitas Jambi
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v16i2.15521

Abstract


Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk menganalisis tentang korelasi motivasi belajar dan hasil belajar siswa SMAN 1 Kuala Tungkal tahun ajaran 2020/2021.Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA SMAN 1 Kuala Tungkal yang berjumlah 62 orang.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran motivasi belajar siswa berada pada kategori kadang-kadang,hubungan motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas XI SMAN 1 Kuala Tungkal.


Full Text:

PDF

References


Arikunto,S.(2010).Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta

Ghazali,I.(2013).Aplikasi analisis multivariente dengan program SPSS 21.Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hendri et al.(2019).Analisis hubungan karakter semangat kebangsaan dengan hasil belajar siswa.Jurnal Pembangunan dan Pendidikan:Fondasi dan Aplikasi.Vol.7.No.1:hal 1-5.

Kurniawan,R.,& Yuniarto,B.(2016).Analisis regersi dasar dan penerapannya dengan R.Jakarta:Djambatan.

Perdana,dkk.(2019).Sikap dan Motivasi Siswa Pada Pelajaran Fisika di Sekolah Menengah Atas.Pancasakti Science Education journal.Vol.4No.2:hal 2.

Riduwan.(2012).Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula.Bandung:Alfabeta.

Rukajat,A.(2018).Pendekatan penelitian kuantitatif (Quantitative research approach).Yogyakarta:Deepublish.

Santoso,S.(2012).Aplikasi SPSS pada statistik parametric.Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Saputra,dkk.(2019).Korelasi Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri Se-Kecamatan Jambi Selatan.Jurnal Pendidikan Fisika.Vol.4.No.1:hal 38.

Saputra,dkk.(2019).Korelasi Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri Se-Kecamatan Jambi Selatan.Dalam Sugiyono,2009.Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan

Kuntitatif,Kualitatif fan R&D.Bandung:Alfabeta.

Septian,D.(2018).Pembelajaran IPA dengan learing cycle berbantuan multimedia interaktif ditinjau dari pengetahuan awal dan gaya belajar siswa.Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains.Vol.1.No.1:hal 1-13.

Sari,Intan Rizki.(2019).Analisis Tingkat Kemndirian Belajar Siswa Pada Mata Pelajara n Fisika Kelas XII MAN 1 Batanghari.Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi.Vol.5.No.2.

Utami,S,A.,Hendri,M.,& Darmaji,D..(2017).Hubungan lingkungan belajar terhadap hasil belajar fisika kelas XI SMAN 1 Muaro Jambi.Jurnal EduFisika:Jurnal Pendidikan Fisika.Vol.2.No.2.


Article Metrics

Abstract view : 254 times | PDF view : 84 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License