ANALISIS MINAT BELAJAR KELAS XI SMA NEGERI 1 SUNGAI PENUH PADA PEMBELAJARAN FISIKA

Uci Fatonah(1*), Ricky Purnama Wirayuda(2), Gunawan Wibisono(3), Sakahuni Sakahuni(4),

(1) Universitas Jambi
(2) Universitas Jambi
(3) Universitas Jambi
(4) Universitas Jambi
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v16i2.15511

Abstract


Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis tentang deskripsi minat belajar fisika yang dimiliki oleh siswa di SMA Negeri 1 Sungai Penuh. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas XI MIPA 1, kelas XI MIPA 2 dan kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 1 Sungai Penuh yang sampelnya diambil 20 siswa perkelas sehingga total sampel berjumlah 60 siswa. Metode penelitian ini menggunakan instrument berupa angket minat yang menggunakan skala likert dengan 4 indikator yaitu STS (sangat tidak setuju), TS (tidak setuju, S (setuju) dan SS (sangat setuju). Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan SPSS dan Microsoft Excel. Berdasarkan analisis dari hasil penelitian dapat diketahui 4 kategori yang dimiliki siswa terhadap minat belajar fisika yaitu kurang baik, cukup baik, baik dan sangat baik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sungai Penuh memiliki kategori minat yang baik terhadap pembelajaran Fisika, yaitu sebanyak 45%.


Full Text:

PDF

References


Aminoto, Tugiyo., & Pathoni, Hairul. (2014). Penerapan Media E-Learning Berbasis Schoology Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Usaha dan Energi Di Kelas XI SMA N 10 Kota Jambi. Jurnal Sainmatika, 8(1), 13-29

Aryani, D., Astalini, A., & Kurniawan, D. A. (2019). Identifikasi Sikap Siswa Terhadap Mata Pelajaran IPA di SMP Se Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Pijar Mipa, 14(2), 111–127.

Astalini, A., & Kurniawan, D. A. (2019). Pengembangan Instrumen Sikap Siswa Sekolah Menengah Pertama Terhadap Mata Pelajaran Ipa. Jurnal Pendidikan Sains (Jps), 7(1), 1-7

Astalini, A., Kurniawan, D. A., & Putri, A. D. (2018). Identifikasi Sikap Implikasi Sosial dari IPA, Ketertarikan Menambah Waktu Belajar IPA, dan Ketertarikan Berkarir Dibidang IPA Siswa SMP Se-Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2), 93–108.

Astalini, A., Kurniawan, D. A., Darmaji, D., & Kurniawan, N. (2020). Analisis Sikap Siswa Terhadap Ipa Di Smp Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Pendidikan Sains (Jps), 8(1), 18-26

Astalini, A., Kurniawan, D. A., Melsayanti, R., & Destianti, A. (2018). Sikap Terhadap Mata Pelajaran Ipa Di Smp Se-Kabupaten Muaro Jambi. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 21(2), 214-227

Astalini., Kurniawan, D. A., Sumaryanti., & Effendi. (2019). Deskripsi Adopsi dari Sikap Ilmiah, Kesenangan dalam Belajar Fisika dan Ketertarikan Memperbanyak Waktu Belajar Fisika.Unnes Jouurnal, 48(1), 1–6.

Astalini., Rahmat Perdana, , Kurniawan, D. A., Perdana, Rahmat., & Pathoni, H. (2019). Identifikasi Sikap Peserta Didik terhadap Mata Pelajaran Fisika di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Kota Jambi. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 8(1), 34–43.

Basuki, F. (2014). Pengembangan Subject Specifict Pedagogy Fisika Berbasis Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Dan Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Universitas Muhammadiyah Semarang, 2(2), 20–35.

Basuki, F. R., Xena, A., & Pasminingsih, P. (2019). Development of Science Book Based on Jambi Local Wisdom in the Material of Pressure and Vibration and. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 02(3), 287–297.

Chotimah, C., Hendri, M., & Rasmi, D. P. (2018). Penerapan LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Listrik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IX SMPN 22 Kota Jambi. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 9(1), 36-39.

Darmaji, D., Kurniawan, D. A., Astalini, A., & Nasih, N. R. (2019). Persepsi Mahasiswa pada Penuntun Praktikum Fisika Dasar II Berbasis Mobile Learning. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(4), 516–523.

Darmaji, D., Kurniawan, D. A., Astalini, A., & Samosir, S. C. (2019). Persepsi Mahasiswa Pendidikan Biologi Dan Pendidikan Kimia Terhadap Penggunaan Buku Panduan Praktikum Fisika Dasar Berbasis Mobile Learning. Edusains, 11(2), 213–220.

Gulo, Yosefin Sulistyawantic. (2016). Minat siswa kelas XI-IPA terhadap mata pelajaran fisika di kabupaten nias barat. Skripsi, 11–12.

Hutauruk, N. E., & Erika. (2019). Identifikasi Minat Belajar Kelas Xi Dan Xii Sma Negeri 6 Muaro Jambi Pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 5(2), 348-352.

Jaba, I., Palittin, vyalentine D., & Nur, A. S. (2019). Hubungan Minat Belajar Dengan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Merauke, 6(1), 65–73.

Jannah, N., Hidayat, M., & Dani, R. (2020). Identifikasi Kompetensi Pedagogik Mahasiswa Semester VII Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Jambi Tahun Akademik 2019 / 2020, 8(1). 102-107.

Jufrida, J., Basuki, F. R., Rinaldo, F., & Purnamawati, H. (2020). Analisis Permasalahan Pembelajaran Ipa: Studi Kasus Di Smpn 7 Muaro Jambi. Jurnal Pendidikan Sains (Jps), 8(1), 50-58.

Kritis, B., Pada, M., & Gelombang, M. (2018). Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi Volume 4 No.2, Desember 2018, 4(2). 40-48

Kurnia, N., Hendri, M., & Phatoni, H. (2016). Hubungan Persepsi Dengan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X Mia Di Sma Negeri 4 Kota Jambi Dan Sma Negeri 11 Kota Jambi Nila. Jurnal EduFisika, 01(02), 55–63.

Kurniawan, D. A., Astalini, & Anggraini, L. (2018). Evaluasi Sikap Siswa Smp Terhadap Ipa Di Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Ilmiah Didaktika, 19(1), 124–139.

Kurniawan, D. A., Astalini, A., Kurniawan, N., & Anggraini, L. (2020). Sikap Siswa Terhadap IPA berdasarkan Investigasi dan Korelasi: Kesenangan Belajar dan Minat Meluangkan Waktu pada IPA (The Student’s Attitude toward Science based on Investigation and Correlation: Learning Fun & Enthusiasm for Spending Time). SEJ (Science Education Journal), 3(1), 1-13.

Mafudiansyah., Sari, S.S., & Arsyad, Muhammad. (2020). Analisis Hasil Belajar Fisika Di SMA Negeri 3 Makassar. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF), 18(1), 8–19.

Maison, M., Lestari, N., & Widaningtyas, A. (2019). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Usaha Dan Energi. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 32-39.

Nehru, N., & Syarkowi, A. (2017). Analisis Desain Pembelajaran Untuk Meningkatkan Literasi Sains Berdasarkan Profil Penalaran Ilmiah. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 2(1), 20–24.

Pasaribu, D. S. (2017). Upaya Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick Pada Materi Listrik Dinamis Di Kelas X Sman 1

Muaro Jambi. EduFisika, 2(1), 61–69.

Pathoni, H., & Susanti, N. (2017). Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Lesson Study Menggunakan Model Guided Inquiry di MTS Laboratorium Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(4), 142-146.

Pathoni, H., Pujaningsih, F. B., Hendri, M., Maison, M., & Nehru, N. (2019). Pelatihan Pengembangan Content E-Learning Untuk Guru IPA SE-JALUKO. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 3(1), 120-123.

Putra, D. S., & Wiza, O. H. (2019). Analisis Sikap Siswa Terhadap Mata Pelajaran Fisika di SMA Ferdy Ferry Putra Kota Jambi. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 8(3), 299–311.

Rahayu, Minto. 2007. Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. Jakarta: Grasindo

Restiarni, E.p., Aminoto, Tugiyo., & Pujaningsih, F.B., (2019). Pengembangan Modul Elektronik Pada Materi Persamaan Schrodinger Mata Kuliah Fisika Kuantum Untuk Mengembangkan HOTS Mahasiswa. Edufisika : Jurnal Pendidikan Fisika Edufisika. 4(2), 1-12

Syahrial, Asrial, Kurniawan, D. A., & Piyana, S. O. (2019). E-Modul Etnokontruktivisme: Implementasi Pada Kelas V Sekolah Dasar Ditinjau Dari Persepsi, Minat Dan Motivasi. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(2), 165–177.

Utama, Z. P., Maison, M., & Syarkowi, A. (2018). Analisis Kemampuan Bernalar Siswa SMA Kota Jambi. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 9(1), 1-5.

Utami, S.A., Hendri, Menza & Darmaji. (2017). Hubungan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika Kelas Xi MIA SMA N 1 Muaro Jambi, Jurnal Edufisika, 02(02), 58-67.

Widiawati, S., Hikmawati, & Wahyudi. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(1), 40-48.

Wiza, O. H., & Dewi, U. P. (2019). Implikasi sikap sosial, minat menambah jumlah waktu belajar, dan ketertarikan berkarir di bidang IPA. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 6(2), 86


Article Metrics

Abstract view : 847 times | PDF view : 277 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License