IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL PENGAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA
(1) Program Studi Pendidikan Fisika PMIPA FKIP Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjen. H. Hasan Basri, Kotak Pos 219, Banjarmasin 70123, Kalimantan Selatan
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v11i2.1477
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar fisika dasar II pokok bahasan listrik statis dengan mengimplemetasikan pembelajaran menggunakan model pembelajaran langsung. Subjek penelitian berjumlah 34 mahasiswa. Desain penelitian ini menggunakan One-Group pretest-postest design dengan teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitaif. Penelitian ini dilakukan dengan dua tahap, yaitu tahap pertama persiapan berupa pengembangan perangkat pembelajaran dan tahap kedua adalah eksperimen di kelas berupa penerapan perangkat pembelajaran. Metode pengumpulan data menggunakan tiga teknik yaitu observasi, tes, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keterlaksanaan pembelajaran berjalan dengan baik sesuai dengan RPP, (2) peningkatan hasil belajar kognitif mahasiswa meningkat dengan berkategori tinggi, dan (3) respons mahasiswa terhadap pembelajaran berkategori baik. Berdasarkan hasil temuan di atas dapat disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran menggunakan model pembelajaran langsung dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah fisika dasar II.
Kata Kunci:fisika dasar, hasil belajar, model pembelajaran langsung
Full Text:
PDFReferences
Arends, Richard. 2008. Learning to Teach. Belajar untuk Mengajar edisi ketujuh. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arikunto, S, 2005. Manajement Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Dick, W. & Carey, L. & Carey J.O. 2009. The Systematic Designof Instruction. New Jersey: Rights and Permision Departemen, Pearson Education Inc
Eggen & Kauchak. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran; Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir. Jakarta: Indeks
Hake, Richard. 2002. Relationship of Individual Student Normalized Learning Gains in Mechanics with Gender, High-School Physics, and Pre-test Scores on Mathematics and Spatial Visualization. The Physics Education Research Conference; Boise, Idaho.
Jauhar, Mohammad. 2011. Implementasi PAIKEM dari Behavioristik sampai Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher
Kardi, S. 2007. Pembelajaran Penemuan edisi 2. Surabaya: Unesa University Press
Kardi, S. 2003. “Strategi Motivasi ARCS”. Bahan kuliah pada Prodi S2 Pendidikan Sains Unesa Surabaya.
Kenny, T.D. 1990. Direct Instruction: An Overview of Theory and Practise. Journal of the Association of Special Education Teachers.
Moore, D. W. 2007. Direct Instruction : Targeted Strategies for Student Success. Journal National Geographic School Publishing.
Nur, Muhammad. 2006. Pengajaran Berpusat Kepada Siswa dan Pendekatan Konstruktivis dalam Pengajaran edisi 2. Surabaya: Unesa University Press
Nur, Muhammad. 2007. Pemotivasian Siswa untuk Belajar. Edisi 4. Surabaya: Unesa University Press.
Nur, Muhammah. 2008. Pengajaran Langsung. Surabaya: Unesa University Press.
Ratumanan G.T & Laurens, T. 2006. Evaluasi hasil Belajar yang Relevan dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Surabaya: Unesa University Press
Reynolds, D &Mujis, D.. 2008. Effective TeachingTeori dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Relajar.
Subrata. 2007. Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif dan Strategi Pemecahan Masalah Untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP 1 Sukasada. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Undiksha
Suparno, P. 2007. Metodologi Pembelajaran Fisika. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Supriyono, A. 2012. Cooperatif Learning; teori dan aplikasi PAKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Trianto, 2009. Mendesain Pembelajaran Kontektual di Kelas. Jakarta: Cerdas Pustaka Publisher.
Unlam, FKIP. 2008. Peraturan Akademik FKIP Unlam edisi 2. Banjarmasin: FKIP Unlam Press
Article Metrics
Abstract view : 447 times | PDF view : 256 timesLicense URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/
Organized by :
Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License