KETERAMPILAN PROSES SAINS FISIKA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 24 BONE
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v15i3.13498
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Akinyemi, A.O and Folashade Afolabi. (2010). Analysis of Science Process Skills in West African Senior Secondary School Certificate Physics Practical Examinations in Nigeria. American-Eurasian Journal of Scientific Research. ISSN 1818-6785.
Amnie, E., Abdurrahman & Ertikanto, C. (2014). Pengaruh Ketrampilan Proses Sains Terhadap Penguasaan Konsep Siswa Pada Ranah Kognitif. Jurnal Pembelajaran Fisika. Volume 2, No. 7.
Darmodjo, H. (1986). Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: Universitas Terbuka.
Efrilia, D. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Fisika Pada Materi Gerak Lurus di Kelas VII SMP Negeri Purwodadi Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika STKIP-PGRI Lubuklinggau. Vol. 1, No. 1: 7.
Hasbullah, & Nazriana, L. (2017). Peningkatan Kemampuan Interpretasi Grafik Melalui Pendekatan Multi-representasi Pada Materi Gerak Lurus. Jurnal Seminar Nasional II USM (Universitas Serambi Mekkah). Vol.1: 117.
Lindrawati, B, & Rohandi. (2015). Keterampilan Proses Sains Calon Guru Fisika. Prosiding Pertemuan Ilmiah XXIX HFI Jateng & DIY, Yogyakarta. ISSN: 0853-0823.
Nofitasari, I., Sihombing, Y. (2017). Deskripsi Kesulitan Belajar Peserta Didik dan Faktor Penyebabnya Dalam Memahami Listrik Dinamis Kelas X SMA Negeri 2 Bengkayang. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA). Vol. 7, No. 1: 49.
Prihartiningsih, Zubaidah, S., & Kusairi, S. (2016). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Pada Materi Klasifikasi Mahluk Hidup. Jurnal Pros. Semnas Pend. IPA Pascasarjana UM. Vol. 1: 1059.
Rabiah & Jasruddin. (2018). Peningkatan Keterampilan Proses Dan Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Berbasis Kontekstual Siswa Kelas VII A SMP Negeri 1 Watampone. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF). Jilid 13, Nomor 1, April 2018, hal. 1 – 5. ISSN Cetak: 1858-330X dan ISSN Online: 2548-6373.
Ratnasari, D, Sukarmin dan Suparmi. (2017). Analisis Implementasi Instrumen Two-Tier Multiple Choice Untuk Mengukur Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 2, Nomor 2. DOI: 10.24832/jpnk.v2i2.627.
Sari, D.M., Surantoro., & Ekawati, E.Y. (2013). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal-Soal Materi Termodinamika Pada Siswa Sma. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika. Vol. 3, No.1: 5.
Suroso. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Mengerjakan Soal-soal Fisika Termodinamika Pada Siswa SMA Negei 1 Magetan. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains. Vol.4, No.1: 14.
Sutrisno. (2006). Fisika dan Pembelajarannya. Bandung: Jurusan Fisika FMIPA UPI.
Usman, Wahyuni, S. & Yani, A. (2018). Penerapan Metode Question Based Discovery Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas XI MIA SMA Negeri 21 Makassar. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF). Jilid 14, Nomor 1, April 2018, hal. 1 – 5. ISSN Cetak: 1858-330X dan ISSN Online: 2548-6373.
Article Metrics
Abstract view : 487 times | PDF view : 145 timesLicense URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/
Organized by :
Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License