IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN DALAM BERPIKIR KRITIS, KREATIF DAN BEKERJASAMA PESERTA DIDIK KELAS VIIA SMP NEGERI 4 SIBULUE

Suardi Suardi(1*),

(1) SMP Negeri 4 Sibulue
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v16i2.12557

Abstract


Suardi. 2019. Implementasi Pembelajaran Berbasis STEM dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Berpikir Kritis, Kreatif dan Bekerjasama. Penelitian bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang: 1) peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik; 2) peningkatan kemampuan berpikir kreatif; 3) peningkatan kerjasama. Pada Penelitian ini digunakan teknik pengumpulan data denganmenggunakan pretes dan postes untuk mengukur pemahaman konsepdan kemampuan berpikir kritis dan kreatif peserta didik. Selain itu dilakukan dengan teknik observasi. Hasil peneliian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik setelah diimplementasikan unit pembelajaran STEM meningkat; kemampuan berpikir kreatif juga meningkat; dan kemampuan kerja sama peserta didik juga meningkat.

Full Text:

PDF

References


Bybee, R. W. 2010. Advancing STEM education: A 2020 vision. Technology and Engineering Teacher, 70(1), 30-35.

Bybee, R. W. 2013. The case for STEM education: Challenges and opportunity. Arlington, VI: National Science Teachers Association (NSTA) Press.

Ennis, R.H. 1985. Critical thinking and the curriculum. National Forum, 65, 28-31

Ennis, Robert H. 1996. Critical Thingking. New Jersey: Simon & Schuster/A Viacom Company

Filsaisme, D.K. 2008. Menguak Rahasia Berpikir Kritis dan Kreatif. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Fisher, Alec. 2009. Berpikir kritis. Jakarta: Erlangga

Zamroni dan Mahfuz. 2009, Panduan Teknis Pembelajaran yang Mengembangkan Critical Thinking. Jakarta: Kencana.


Article Metrics

Abstract view : 316 times | PDF view : 124 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License