SEBARAN TINGKAT PEMAHAMAN PEMBELAJARAN FISIKA KELAS XI SMA NEGERI 4 KOTA JAMBI

Hikmah Syiarah(1*), Elfrida Desya Novista(2), Falentina Loveria Agatha(3), Nadia Natalia Simamora(4), Haini Safitri(5), Riska Fitriani(6),

(1) Universitas Jambi
(2) Universitas Jambi
(3) Universitas Jambi
(4) Universitas Jambi
(5) Universitas Jambi
(6) Universitas Jambi
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v17i2.15673

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebaran tingkat kepahaman siswa kelas XI SMA Negeri 4 Kota Jambi terhadap materi usaha dan energi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan terhadap tiga kelas sampel yang diberikan perlakuan yang sama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dimana data penelitian diperoleh dengan menyebarkan angket dalam bentuk link google form karena mengingat situasi pandemi seperti ini yang tidak memungkinkan untuk bertemu dengan siswa secara langsung. Populasi penelitian adalah siswa kelas  XI MIPA 1,2, dan 3 SMAN 4 kota Jambi. Teknik sampling yang digunakan non probability sampling yaitu sampel kuota dengan taraf kepercayaan 90% dengan ukuran sampel 60 siswa. Teknik analisis data uji prasyarat yang dilakukan diantaranya uji normalitas dan uji homogenitas software SPSS 21. Hasil uji homogenitas dengan bantuan software SPSS 21 adalah 0,698 > 0,05 yang artinya seluruh kelas memiliki variansi yang sama dalam memahami pembelajaran fisika materi usaha dan energy.

Full Text:

PDF

References


Aditya,Benta. Maison dan Ahmad Syarkowi. (2018). Perbandingan Hasil Belajar Kognitif Siswa menggunakan Media Pembelajaran berbasis Adobe Flash dan Buatan Pustekkom pada Materi Suhu dan Kalor di SMA. Jurnal EduFisika, 3(2), 91-99.

Anwar, Syaiful. Astalini dan Jufrida. (2016). Pengembangan Adjustable Single Slit Interference Kit sebagai Media Pembelajaran Difraksi Cahaya pada Celah Tunggal Kelas XII IPA. Jurnal EduFisia, 1(1),13-17.

Bulan, Sri dan Husniyatus Salamah Zainiyati. (2020). Pembelajaran Online berbasis Media Google Formulir dalam Tanggap Work From Home Masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Agama Islam, 8(1), 15-34.

Faradillah, Ayu. Windi Hadi dan Slamet Soro. (2020). Evaluasi proses & Hasil Belajar Matematika : Diskusi dan Simulasi. Jakarta : Uhamka Press.

Hardiyanti, Kiki. Astalini dan Dwi Agus Kurniawan. (2018). Sikap Siswa terhadap Mata Pelajaran Fisika di SMA Negeri 5 Muaro Jambi, Jurnal EduFisika, 3(2), 1-12.

Ismail, Muhammad Ilyas. (2020). Evaluasi Pembelajaran : Konsep Dasar, Prinsip, Teknik, dan Prosedur. Depok : Rajawali Pers.

Joneska, Alesrin. Astalini dan Nova Susanti. (2016). Perbandingan Hasil Belajar Fisika menggunakan Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle dan Index Card Match pada Materi Cahaya Kelas VIII SMP Negeri 3 Batanghari. Jurnal EduFisika, 1(1), 28-31.

Kurnia, Nila. Menza Hendri dan Haerul Pathoni. (2016). Hubungan Persepsi dengan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X MIA di SMAN 4 Kota Jambi dan SMAN 11 Kota Jambi. Jurnal EduFisik, 1(2), 55-63.

Masyithah, Deby Claudia. Jufrida dan Haerul Pathoni.(2017).

Pengembangan Multimedia Fisika Berbasis Model Pembelajaran Inkuir Terbimbing dengan menggunakan Adobe Flash CS6 pada Materi Fluida Dinamis untuk Siswa SMA Kelas XI. Jurnal EduFisika, 2(1), 51-60.

Oktaviona, Dina. Jufrida dan Darmaji. (2016). Penerapan RPP Berbasis Multiple Intelligences untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa pada Materi Kalor dan Perpindahan Kalor Kelas X MIA 4 SMA Negeri 3 Kota Jambi. Jurnal EduFisika, 1(1), 7-12.

Pasaribu, Dewi Sasmita. Menza Hendri dan Nova Susanti. (2017). Upaya Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Fisika Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick pada Materi Listrik Dinamis Dikelas X SMAN 10 Muaro Jambi. Jurnal EduFisika, 2(1), 61-69.

Purwanto, Agus Eko. Menza Hendri dan Nova Susanti. (2016). Studi Perbandingan Hasil Belajar Siswa menggunakan Media PhET Simulations dengan Alat Peraga pada Pokok Bahasan Listrik Magnet di Kelas IX SMPN 12 Kabupaten Tebo. Jurnal EduFisika, 1(1), 22-27.

Sarwono, Jonathan. (2009). Memadu Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif : Mungkinkah?. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis, 9(2), 119-132.


Article Metrics

Abstract view : 173 times | PDF view : 72 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License