ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL FISIKA KELAS X MIA SMA NEGERI 3 SOPPENG

Dedi Riwanto(1*), Aisyah Azis(2), Kaharuddin Arafah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v15i2.11033

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif deskriptif menggunakan desain Survey yang bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep fisika peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 3 Soppeng pada materi getaran harmonis. Subjek penelitian adalah kelas X MIA 3 sebanyak 21 siswa dan kelas X MIA 4 sebanyak 19 siswa di SMAN 3 Soppeng. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes pemahaman konsep berupa post tes dalam bentuk pilihan ganda. Data dianalisis secara statistik deskriptif, diperoleh persentase pemahaman konsep setiap indikator secara berturut-turut adalah menafsirkan 75%, mencontohkan 73%, mengklasifikasikan 26%, membandingkan 14%, dan menjelaskan 61%. Berdasrkan hal ini dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep fisika kelas X MIA SMA Negeri 3 Soppeng yang paling dominan adalah indikator menafsirkan dan berada pada kategori tinggi sedangkan yang sangat tidak dominan adalah indikator membandingkan dan berada pada kategori sangat rendah. Faktor yang menyebabkan pemahaman konsep peserta didik rendah yaitu, kurangnya minat dan motivasi peserta didik untuk mengulang materi yang telah dipelajari, terbiasa belajar dengan menghafal rumus, belum mampu memanipulasi persamaan yang mengandung tiga variabel dan kurang teliti dalam memahami soal.

Full Text:

PDF

References


Efrilia, D. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Fisika Pada Materi Gerak Lurus di Kelas VII SMP Negeri Purwodadi Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika STKIP-PGRI Lubuklinggau. Vol. 1, No. 1: 7.

Husaian, M.S., Kendek, Y., & Fihrin. (2016). Analisis Tingkat Pemahaman Konsep Fluida Statis dan Penerapannyan di Lingkungan Sekitar Pada Siswa SMA Negeri 2 Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT). Vol. 6, No.1: 26.

Hasbullah, & Nazriana. L. (2017). Peningkatan Kemampuan Interpretasi Grafik Melalui Pendekatan Multi-representasi Pada Materi Gerak Lurus. Jurnal Seminar Nasional II USM (Universitas Serambi Mekkah). Vol.1: 117.

Nofitasari, I., Sihombing, Y. (2017). Deskripsi Kesulitan Belajar Peserta Didik dan Faktor Penyebabnya Dalam Memahami Listrik Dinamis Kelas X SMA Negeri 2 Bengkayang. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA). Vol. 7, No. 1: 49.

Prihartiningsih, Zubaidah, S., & Kusairi, S. 2016. Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Pada Materi Klasifikasi Mahluk Hidup. Jurnal Pros. Semnas Pend. IPA Pascasarjana UM. Vol. 1: 1059.

Puspitasari, D., Prastowo, S.H.B. & Pribandono, T. (2017). Analisis Pemahaman Konsep Siswa Tentang Elastisitas Di Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol. 2: 4.

Riduwan. (2011). Dasar-Dasar Statistik . Bandung: Alfabeta.

Suryaningsih, H, Yani., A., & Herman. (2015). Pengaruh Media Presentasi Berbasis Pendekatan Ilmiah Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Pada Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 10 Makassar. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika ( JSPF ). Vol. 1, No.3: 234.

Suroso. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Mengerjakan Soal-soal Fisika Termodinamika Pada Siswa SMA Negei 1 Magetan. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains. Vol.4, No.1: 14.

Suraji, Maimunah, & Saragih, S. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPDLV). Suska Journal of Mathematics Education. Vol. 4, No.1: 14.

Sari, D.M., Surantoro., & Ekawati, E.Y. (2013). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal-Soal Materi Termodinamika Pada Siswa Sma. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika. Vol. 3, No.1: 5.

Suhartin, Y,. Prastowo, S.H.B,. & Trapsilo, T. (2017). Analisis Pemahaman Konsep Spektrum Cahaya Pada Siswa Sma Kelas XII. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol. 2: 4.

Sudrajad, H. (2009). Pengembangan Perangkat Percobaan Konsep Rotasi Untuk Pembelajaran Fisika di Sma dan di Universitas. Jurnal Galiga Sains. Vol. 3, No. 2: 1.

Trianggono, M.M. (2017). Analisis Kausalitas Pemahaman Konsep Dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pemecahan MasalahFisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK). Vol. 3, No. 1: 8.

Widodo, Y. T. B. (2006). Brilliant Solution Cara Cerdas Mengerjakan Soal Fisika Mekanika untuk SMA/MA. Yogyakarta: Andi Offset.

Yusuf, M. (2014). Metode Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan). Jakarta: Prenadamedia Group.


Article Metrics

Abstract view : 2310 times | PDF view : 648 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License