ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL FISIKA KELAS X MIA SMA NEGERI 3 SOPPENG
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v15i2.11033
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Efrilia, D. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Fisika Pada Materi Gerak Lurus di Kelas VII SMP Negeri Purwodadi Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika STKIP-PGRI Lubuklinggau. Vol. 1, No. 1: 7.
Husaian, M.S., Kendek, Y., & Fihrin. (2016). Analisis Tingkat Pemahaman Konsep Fluida Statis dan Penerapannyan di Lingkungan Sekitar Pada Siswa SMA Negeri 2 Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT). Vol. 6, No.1: 26.
Hasbullah, & Nazriana. L. (2017). Peningkatan Kemampuan Interpretasi Grafik Melalui Pendekatan Multi-representasi Pada Materi Gerak Lurus. Jurnal Seminar Nasional II USM (Universitas Serambi Mekkah). Vol.1: 117.
Nofitasari, I., Sihombing, Y. (2017). Deskripsi Kesulitan Belajar Peserta Didik dan Faktor Penyebabnya Dalam Memahami Listrik Dinamis Kelas X SMA Negeri 2 Bengkayang. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA). Vol. 7, No. 1: 49.
Prihartiningsih, Zubaidah, S., & Kusairi, S. 2016. Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Pada Materi Klasifikasi Mahluk Hidup. Jurnal Pros. Semnas Pend. IPA Pascasarjana UM. Vol. 1: 1059.
Puspitasari, D., Prastowo, S.H.B. & Pribandono, T. (2017). Analisis Pemahaman Konsep Siswa Tentang Elastisitas Di Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol. 2: 4.
Riduwan. (2011). Dasar-Dasar Statistik . Bandung: Alfabeta.
Suryaningsih, H, Yani., A., & Herman. (2015). Pengaruh Media Presentasi Berbasis Pendekatan Ilmiah Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Pada Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 10 Makassar. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika ( JSPF ). Vol. 1, No.3: 234.
Suroso. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Mengerjakan Soal-soal Fisika Termodinamika Pada Siswa SMA Negei 1 Magetan. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains. Vol.4, No.1: 14.
Suraji, Maimunah, & Saragih, S. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPDLV). Suska Journal of Mathematics Education. Vol. 4, No.1: 14.
Sari, D.M., Surantoro., & Ekawati, E.Y. (2013). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal-Soal Materi Termodinamika Pada Siswa Sma. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika. Vol. 3, No.1: 5.
Suhartin, Y,. Prastowo, S.H.B,. & Trapsilo, T. (2017). Analisis Pemahaman Konsep Spektrum Cahaya Pada Siswa Sma Kelas XII. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol. 2: 4.
Sudrajad, H. (2009). Pengembangan Perangkat Percobaan Konsep Rotasi Untuk Pembelajaran Fisika di Sma dan di Universitas. Jurnal Galiga Sains. Vol. 3, No. 2: 1.
Trianggono, M.M. (2017). Analisis Kausalitas Pemahaman Konsep Dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pemecahan MasalahFisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK). Vol. 3, No. 1: 8.
Widodo, Y. T. B. (2006). Brilliant Solution Cara Cerdas Mengerjakan Soal Fisika Mekanika untuk SMA/MA. Yogyakarta: Andi Offset.
Yusuf, M. (2014). Metode Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan). Jakarta: Prenadamedia Group.
Article Metrics
Abstract view : 2310 times | PDF view : 648 timesLicense URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/
Organized by :
Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License