PERSEPSI SISWA TENTANG MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT DALAM PEMBELAJARAN FISIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS XI MIA 2 SMA NEGERI 9 MAKASSAR

Yulia Syahbani(1*), Abdul Haris(2), Paribati Palloan(3),

(1) Universias Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v15i2.11032

Abstract


Persepsi merupakan suatu pandangan yang muncul pada seseorang terhadap suatu objek atau peristiwa setelah ia mengamatinya. Peneltian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui persepsi siswa tentang media pembelajaran power point dalam pembelajaran fisika pada peserta didik kelas XI MIA 2 di SMA Negeri 9 Makassar. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIA 2 SMA Negeri Negeri 9 Makassar yang berjumlah 26 peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan metode deskriptif, data-data kuantitaf dalam penelitian ini didapatkan dengan cara penilaian lembar angket dengan menggunakan rumus persentase angket. Hasil penelitian pada persepsi siswa tentang media pembelajaran interaktif melalui power point terhadap pembelajaran fisika dikelas XI MIA 2 SMA Negeri 9 Makassar secara keseluruhan adalah 73, 4 % sehingga dapat dikategorikan dalam kategori baik.

Full Text:

PDF

References


Arief S. Sadiman, ddk. 2010. Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Marwan AR. 2016 Ilmu Pengetahuan Alam Fisika. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiono. 2013. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.

Syabani, Yulia. 2018. Persepsi Siswa Tentang Media Pembelajaran Power Point Dalam Pembelajaran Fisika Pada Peserta Didik Kelas Ximia2 Sma Negeri 9 Makassar. Makassar: UNM.

Idruz. 2010. Persepsi siswa tentang penggunaan media power point dalam belajar fisika di Sma Neg 8. Makassar. Makassar: UNM


Article Metrics

Abstract view : 437 times | PDF view : 145 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License