PENGEMBANGAN LKPD FISIKA BERBASIS VIRTUAL LAB UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK

Nur Isna Humairah(1*), Khaeruddin Khaeruddin(2), Ahmad Yani(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v17i2.19047

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan menggunakan model 4-D yang bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan LKPD fisika berbasis virtual lab yang valid; (2) mendeskripsikan penilaian guru terhadap LKPD fisika berbasis virtual lab; (3) mendeskripsikan respon peserta didik terhadap LKPD fisika berbasis virtual lab; dan (4) mendeskripsikan efektivitas penggunaan LKPD fisika berbasis virtual lab. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah 28 orang peserta didik kelas XI MIA 1 di SMAN 6 Sinjai pada tahun ajaran 2020/2021. Data hasil penelitian diperoleh dari lembar validasi LKPD, lembar penilaian guru, angket respon peserta didik, dan hasil kerja LKPD fisika berbasis virtual lab. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan: (1) LKPD fisika berbasis virtual lab dinyatakan valid dengan nilai content validity sebesar 0,93. Profil LKPD yang memenuhi kriteria tersebut terdiri atas: sampul, identitas, Kompetensi Dasar (KD), pengantar, tujuan percobaan, informasi kerja, rumusan masalah, rumusan hipotesis, identifikasi variabel, definisi operasional variabel, alat dan bahan, prosedur kerja, hasil pengamatan, analisis data, kesimpulan, dan daftar rujukan; (2) guru memberikan penilaian dengan kategori sangat baik pada setiap aspek penilaian LKPD fisika berbasis virtual lab yang dikembangkan; (3) peserta didik memberikan respon positif terhadap LKPD fisika berbasis virtual lab yang dikembangkan; dan (4) LKPD fisika berbasis virtual lab dinyatakan efektif karena ≥80% peserta didik telah mencapai ketuntasan hasil kerja LKPD.

Full Text:

PDF

References


Dinantia, A., Amran, E. Y., & Rini. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Hierarki Konsep pada Pokok Bahasan Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Jurnal Online Mahasiswa, 4(2), 1–10.

Kartikasari, A., & Widjajanti, D. B. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Howard Gardner’s Multiple Intelligences Berorientasi pada Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VIII SMP. Prosiding Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika UNY 2015, 115–124.

Riduwan. (2016). Dasar-Dasar Statistika (Edisi Revisi). Bandung: Alfabeta.

Riduwan. (2018). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Ritmayanti, & Supardi, Z. A. I. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dalam Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Menggunakan Amrita Virtual Lab untuk Melatih Keterampilan Proses Sains pada Sub-Materi Efek Doppler. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 6(3), 49–53.

Safira, I., Ismail, & Taiyeb, A. M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Web pada Konsep Sistem Pencernaan di Sekolah Menengah Atas. UNM Journal of Biological Education, 1(2), 111–125.

Setiadi, R., & Muflika, A. A. (2012). Eksplorasi Pemberdayaan Courseware Simulasi PhET untuk Membangun Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Jurnal Pengajaran MIPA, 17(2), 258–268.

Yusuf, I., & Widyaningsih, S. W. (2018). Implementasi Pembelajaran Fisika Berbasis Laboratorium Virtual Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Persepsi Mahasiswa. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(1), 18–28.


Article Metrics

Abstract view : 1094 times | PDF view : 418 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: [email protected]

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License