PENGEMBANGAN INSTRUMEN HASIL BELAJAR FISIKA PADA PESERTA DIDIK SMA NEGERI 1 PANGKAJENE

Irmayanty Irmayanty(1*),

(1) SMA IT Athira Kajoalalido
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v14i3.10121

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen hasil belajar fisika yang valid secara teoretik dan empirik pada ranah kognitif. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) dengan tahapan yakni, menyusun spesifikasi tes, menulis soal tes, menelaah soal tes, menelaah soal tes, melakukan uji coba tes, menganalisis butir soal tes, memperbaiki tes, merakit tes, melaksanakan tes, dan menafsirkan hasil tes. Subjek uji coba instrumen yaitu peserta didik kelas XI MIA 1, XI MIA 4, XI MIA 5 dan XI MIA 8 di SMA Negeri 1 Pangkajene. Instrumen yang dikembangkan dapat mengukur empat ranah kognitif yaitu mengingat, memahami, menerapkan dan menganalisis. Terdiri atas 29 indikator yang dikembangkan dari 7 kompetensi dasar. Validasi teoretik oleh dua pakar menghasilkan koefisien validasi isi sebesar 0,82 sehingga dinyatakan bahwa instrumen konsisten dan valid dari segi isi. Hasil validasi empirik menunjukkan bahwa terdapat 51 butir soal yang valid pada materi Keseimbangan dan Dinamika Rotasi, Elastisitas dan Hukum Hooke, Fluida Statik, Fluida Dinamik, Suhu dan Kalor, Teori Kinetik Gas dan Termodinamika. Hasil uji coba empirik menunjukkan reliabilitas instrumen sebesar 0,894. Kesimpulannya instrumen tes hasil belajar fisika yang dikembangkan valid secara teoretik serta valid dan reliabel secara empirik.

Full Text:

PDF

References


Ali, S., & Khaeruddin. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Arikunto, S. (2009). Dasar- Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Gregory, R. J. (2015). Psicchologycal Testing (History, Principles and Application) 7th ed. United States of America: Pearson.

Hadijah. (2016). Pengembangan Instrumen Tes hasil Belajar Kognitif mata pelajaran Fisika pada Pokok Bahasan Momentum dan Impuls SMA Kelas XI. Jurnal Pendidikan Fisika, 30 Volume 4 No. 1.

Mardapi, D. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Non Tes. Yogyakarta: Mitra Cendekia Press.

Permendikbud. (2016). Salinan Standar Penilaian Pendidika. Jakarta.

Purwanto. (2010). Evaluasi Hasil Belajar. Jakata: Pustaka Pelajar.

Winda Fitrifitanofa, S. W. (2013). Pengembangan Instrumen Tes Formatif Fisika Kelas XI Semester Gasal Program Akseleresi. Jurnal Pendidikan Fisika, 92.


Article Metrics

Abstract view : 510 times | PDF view : 151 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License