EFEKTIVITAS INFORMASI KARIR DENGAN MEDIA BUKU BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN STUDI LANJUTAN SISWA
(1) Bimbingan dan Konseling
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jpkk.v1i1.1536
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk megetahui gambaran pemahaman terhadap studi lanjutan siswa SMP negeri 23 Makassar sebelum dan sesudah diberikan perlakuan berupa layanan informasi karir dengan media buku bergambar (2) Untuk mengetahui efektifitas layanan informasi karir dengan media buku bergambar untuk meningkatkan pemahaman terhadap studi lanjutan siswa di SMP Negeri 23 Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen (True Experimental Designs) dalam bentuk Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui angket, dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistic deskriptif non parametric wilcoxon signed ranks test. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Gambaran pemahaman terhadap studi lanjutan siswa di SMP Negeri 23 Makassar sebelum diberi layanan informasi karir dengan media buku bergambar berada pada kategori rendah, setelah diberi layanan informasi karir dengan media buku bergambar mengalami peningkatan berada pada kategori tinggi (2) Layanan informasi karir dengan media buku bergambar efektif dapat meningkatkan pemahaman terhadap studi lanjutan siswa di SMP Negeri 23 Makassar.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 2217 times | PDF view : 735 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling
Published by:
Guidance and Counseling Study Program,
Graduate Program of Universitas Negeri Makassar
Address : Jalan Bonto Langkasa Gunungsari Baru Makassar,
90222 .Kampus PPs UNM Makassar, Building AD Room 306
Lt II Study Program BK, Indonesia
Email: jppk@unm.ac.id
p-ISSN : 2443-2202
e-ISSN : 2477-2518
JPPK UNM Indexed by:
JPPK UNM is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-TanpaTurunan 4.0 Internasional.