Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Question Student Have Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jkp.v8i2.60895
Abstract
Penelitian ini tentang pengaruh penerapan strategi pembelajaran Question Student Have pada siswa kelas V SD Inpres Layang Tua 1 Kota Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran penerapan strategi pembelajaran Question Student Have dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V, mengetahui hasil keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V, dan mengetahui penerapan strategi Questin Siswa Memiliki strategi pembelajaran untuk keterampilan pemahaman membaca. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen berupa Pre-Experimental Design. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Question Student Have pada siswa pembelajaran bahasa Indonesia berada pada kategori baik, hasil keterampilan membaca pemahaman berada pada kategori tinggi, dan terdapat pengaruh penerapan Question Strategi pembelajaran Student Have terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa dari adanya pengaruh positif yang signifikan dibuktikan dengan uji hipotesis menggunakan rumus Uji-t berbantuan IBM SPSS Statistic.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Hananto, Y. (2020). Peningkatan hasil belajar pada siswa kelas V melalui model pembelajaran learning cycle. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(3), 160–169. https://doi.org/10. 22219/jppg.v1i3.14519
Isroyati, I., Hapsari, F. S., & Prasasty, A. T. (2022). Upaya Meningkatkan Keterampilan Bertanya dengan Model Pembelajaran Question Student Have pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V MI Al-Hidayah Cipayung Kota Depok. Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual, 6(2), 315-409. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v6i2.499
Know, W. S., & Do, C. A. N. (2019). PISA 2018 Results (Volume I): Vol. I. https://doi.org/10.1787/5f07c754-en
Lestari, W., Ernawati, A., & Purwokerto, U. M. (2024). Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia dengan Menggunakan Model Pembelajaran CIRC dan Media Pembelajaran Quizizz. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(2), 288–294.
Magdalena, I., Ulfi, N., & Awaliah, S. (2020). Analisis Pentingnya Keterampilan Berbahasa pada Siswa Kelas IV di SDN Gondrong 2. EDISI: Jurnal Edukasi dan Sains, 3(2), 243-252. https://doi.org/10.4324/9781315422138-8
Muliawanti, S. F., Amalian, A. R., Nurasiah, I., Hayati, E., & Taslim, T. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 860–869. https://doi.org/10. 31949/jcp.v8i3.2605
Purnomo, S. (2022). Teori Belajar Bruner dan Keterampilan Membaca Pemahaman. Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 46–50. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v9i1.2353
Puspitasari, H. (2021). Pengembangan Buku Ajar Bahasa Indonesia Membaca dan Menulis Permulaan (MMP) untuk Siswa Kelas Awal. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(2), 83–91. https://doi.org/10.21093/twt. v8i2.3303
Rahmawati, D. (2023). Penerapan Strategi Pembelajaran Question student Have untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa pada Muatan Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV SD Muhammadiyah IV Pekan Baru. Skripsi, Pekan Baru: UIN SUSKA RIAU.
Sa'diyah, C., Rahmawati, P., & Andriyani, N. (2024). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran IPAS Melalui Model Think Pair Share Dengan Berbantuan Piramida Bergambar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 48–54.
Sugiyono, P. D. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Kediri: CV Saba Jaya Publisher.
Article Metrics
Abstract view : 23 times | PDF view : 1 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Mariamah Mariamah, Mariamah Mariamah, Mariamah Mariamah, Mariamah Mariamah
![Creative Commons License](http://licensebuttons.net/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dipublikasikan oleh
Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Kampus VI UNM Bone
Universitas Negeri Makassar
Jalan Sudirman Watampone.
Hubungi 085299249197
Email: [email protected]
JIKAP Terindex:
JIKAP dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .
Dedicated to: