Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Question Student Have Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar

Rosdiah Salam(1*), Wiidya Karmila Sari Achmad(2), Mariamah Mariamah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jkp.v8i2.60895

Abstract


Penelitian ini tentang pengaruh penerapan strategi pembelajaran Question Student Have pada siswa kelas V SD Inpres Layang Tua 1 Kota Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran penerapan strategi pembelajaran Question Student Have dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V, mengetahui hasil keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V, dan mengetahui penerapan strategi Questin Siswa Memiliki strategi pembelajaran untuk keterampilan pemahaman membaca. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen berupa Pre-Experimental Design. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Question Student Have pada siswa pembelajaran bahasa Indonesia berada pada kategori baik, hasil keterampilan membaca pemahaman berada pada kategori tinggi, dan terdapat pengaruh penerapan Question Strategi pembelajaran Student Have terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa dari adanya pengaruh positif yang signifikan dibuktikan dengan uji hipotesis menggunakan rumus Uji-t berbantuan IBM SPSS Statistic.


Keywords


This research is about the effect of the application of Question Student Have learning strategy for fifth grade students of SD Inpres Layang Tua 1 Makassar City. The purpose of this study was to determine the description of the application of the Question

Full Text:

PDF

References


Hananto, Y. (2020). Peningkatan hasil belajar pada siswa kelas V melalui model pembelajaran learning cycle. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(3), 160–169. https://doi.org/10. 22219/jppg.v1i3.14519

Isroyati, I., Hapsari, F. S., & Prasasty, A. T. (2022). Upaya Meningkatkan Keterampilan Bertanya dengan Model Pembelajaran Question Student Have pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V MI Al-Hidayah Cipayung Kota Depok. Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual, 6(2), 315-409. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v6i2.499

Know, W. S., & Do, C. A. N. (2019). PISA 2018 Results (Volume I): Vol. I. https://doi.org/10.1787/5f07c754-en

Lestari, W., Ernawati, A., & Purwokerto, U. M. (2024). Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia dengan Menggunakan Model Pembelajaran CIRC dan Media Pembelajaran Quizizz. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(2), 288–294.

Magdalena, I., Ulfi, N., & Awaliah, S. (2020). Analisis Pentingnya Keterampilan Berbahasa pada Siswa Kelas IV di SDN Gondrong 2. EDISI: Jurnal Edukasi dan Sains, 3(2), 243-252. https://doi.org/10.4324/9781315422138-8

Muliawanti, S. F., Amalian, A. R., Nurasiah, I., Hayati, E., & Taslim, T. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 860–869. https://doi.org/10. 31949/jcp.v8i3.2605

Purnomo, S. (2022). Teori Belajar Bruner dan Keterampilan Membaca Pemahaman. Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 46–50. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v9i1.2353

Puspitasari, H. (2021). Pengembangan Buku Ajar Bahasa Indonesia Membaca dan Menulis Permulaan (MMP) untuk Siswa Kelas Awal. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(2), 83–91. https://doi.org/10.21093/twt. v8i2.3303

Rahmawati, D. (2023). Penerapan Strategi Pembelajaran Question student Have untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa pada Muatan Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV SD Muhammadiyah IV Pekan Baru. Skripsi, Pekan Baru: UIN SUSKA RIAU.

Sa'diyah, C., Rahmawati, P., & Andriyani, N. (2024). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran IPAS Melalui Model Think Pair Share Dengan Berbantuan Piramida Bergambar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 48–54.

Sugiyono, P. D. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Kediri: CV Saba Jaya Publisher.


Article Metrics

Abstract view : 23 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Mariamah Mariamah, Mariamah Mariamah, Mariamah Mariamah, Mariamah Mariamah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dipublikasikan oleh

Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Kampus VI UNM Bone

Universitas Negeri Makassar

Jalan Sudirman Watampone.

Hubungi 085299249197

Email: [email protected]

 

JIKAP Terindex:

                   

   

Lisensi Creative Commons
JIKAP dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .

                           Dedicated to:

 


Lihat Statistik Saya