Mengelola Stres Belajar Siswa Dengan Mengefektivitas Penggunaan Video Relaksasi Bagi Siswa Kelas VII A di SMP Negeri 4 Ajangale

Agussalim Agussalim(1*),

(1) Dinas Pendidikan Kabupaten Bone
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jkp.v2i1.5391

Abstract


Abstract. This study examines the effectiveness of the use of relaxation video to manage students' stress learning in SMP Negeri 4 Ajangale. This study used a quantitative approach with pre-experimental designs on 30 subjects who were randomly picked and were students of CLASS VII A in SMP Negeri 4 Ajangale. Data collection using stress scale learning instrument. Data analysis using descriptive statistical analysis and inferential statistical analysis, namely t-test. The results of the study showed that: (1) The level of stress of learning in SMP Negeri 4 Ajangale, before treatment in the form of relaxation exercise using relaxation video is in high category but after being treated in the form of relaxation exercise using relaxation video, stress level of student learning can be managed and in very low category. (2) The use of effective relaxation video to manage students' stress in SMP Negeri 4 Ajangale.


Keywords


manage stress, effectiveness, relaxation video

Full Text:

PDF

References


Abimanyu, S. dan Manrihu, M. T. 1996. Teknik dan Laboratorium Konseling. Jakarta: Depdikbud, Dirjen Dikti Proyek Pendidikan Tenaga Akademik.

. dan Samad, S. (eds). 2003. Pedoman Penulisan Skripsi. Makassar: FIP UNM.

Agus, Suharjo. 1996. Manajemen Stress dengan Teknik Relaksasi. Jakarta: Abdi Tandur.

Ali, M. 1990. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Modern. Jakarta: Pustaka Amani.

Anoraga, P. 1992. Psikologi Kerja. Jakarta: Rineka Cipta.

Anwar, Q. 2003. Manajemen Stres Menurut Pandangan Islam. Jakarta: Al-Mawardi Prima.

Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Aryani, F. 2008. Efektivitas Pendekatan Cognitive Behavior Modification (CBM) untuk Mengelola Stres Belajar Siswa. Malang: Universitas Negeri Malang.

Benson, H dan Proctor, W. 2000a. Dasar-dasar Respon Relaksasi. Diterjemahkan oleh Nurhasan. Bandung: Kaifa.

______. 2000b. Mengoptimalkan Kepercayaan Diri. Diterjemahkan oleh. Hermes. Jakarta: Pustaka Delapratasa.

Budi Susetyo. 1991. Mengatasi Stress Di tempat Kerja. Jakarta: Binarupa Aksara.

Budiyanto, FX. 1995. 50 Aktivitas Manajemen Stress. Jakarta: Binarupa Aksara.

Chomaria, Nurul. 2009. Tips Jitu dan Praktis Mengusir Stress. Yogyakarta: Diva Press.

Goldfried, M.R., and Davison, G. L. 1976. Clinical Behavior Therapy. New York: Holt Rinehart and Winston.

Gunarsa, S. D. 1991. Psikologi Praktis: Anak, Remaja dan Keluarga. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Hakim, T. 2004. Mengatasi Gangguan Mental dan Fisik. Jakarta: Puspa Awara.

Handoko, T.H. 2000. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.

Hariyono. 2002. Langkah Praktis Meredakan Emosi dan Stres. Surabaya: Putra Pelajar.

Herman, Hambut. 1991. Stress Pencegahan dan Penanggulangannya. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Komaruddin. 1988. Pengadaan Personalia. Jakarta: Rajawali Pres.

Mahfud, An. 2003. Petunjuk Mengatasi Stres. Bandung: Sinar Baru.

Mahfuzah bt Abbas, M. 2009. Kajian Tesis Reiki Untuk Mengatasi Masalah Stres dan Tekanan.

http://mastershifoo.wordpress.com/2009/06/13/kertas-kajian-tesis-reiki-untuk-mengatasi-masalah-stress-tekanan-master-mahfuzah-bt-abas/. Di akses tanggal 28 Juli 2009 jam 19.00

Mardiati, D. 2000. Manajemen Stress Kerja dan Belajar. http//fdib.tripod.com/makalah/dini.html. diakses tanggal 21 Juli 2009 jam 16.00.

Prawitasari. J.E. (1988), Pengaruh Relaksasi terhadap Keluhan Fisik. Laporan Penelitian. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM

Prinantyo, A. 2004. Mengapa bunuh diri masih sering terjadi ?. Artikel. Kompas, 16 Juni 2004

Purwanto, Yadi dan Mulyono, Rachmat. 2006. Psikologi Marah Perspektif Psikologi Islam. Bandung: Refika Aditama

Ramdhani, N. 2004. Pengembangan Multimedia Relaksasi. http://eworld-indonesia.com/neila/wp-content/images/relaksasi.pdf. Di akses tanggal 15 Juni 2009 jam 14.00

______.dan Putra, Aulia. 2003. Studi Pendahuluan Multimedia Interaktif “Pelatihan Relaksasi”. Laporan Penelitian. Jogyakarta: Fakultas Psikologi UGM.

Sagala, S. 2008. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sardiman, A.M. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2004. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

______, 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Syah, M. 2000. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Thantawy. 1997. Kamus Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Yayasan Bimbingan dan Konseling Bekerja sama dengan Pamator.

The Liang Gie. 1998. Cara Belajar yang Efisien. Yogyakarta: PUBIB.

Tiro, M. A. 2004. Dasar-Dasar Statistik. Ujungpandang: UNM.

Utami, M.S. (1991), Efektivitas Relaksasi dan Terapi Kognitif untuk Mengurangi


Article Metrics

Abstract view : 101 times | PDF view : 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Agussalim Agussalim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Dipublikasikan oleh

Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Kampus VI UNM Bone

Universitas Negeri Makassar

Jalan Sudirman Watampone.

Hubungi 085299249197

Email: neysaamran@yahoo.co.id

 

JIKAP Terindex:

                   

   

Lisensi Creative Commons
JIKAP dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .

                           Dedicated to:

 


Lihat Statistik Saya