Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match intuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Muatan IPS Kelas V UPTD SD Negeri 166 Barru

Rasmi Djabba(1*), Abdul Hakim(2), Ayu Wulandari(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jkp.v7i3.47131

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan proses dan hasil belajar siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas V UPTD SD Negeri 166 Barru yang terdiri dari 6 siswa lakilaki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif. Hasil pembelajaran siklus I menunjukkan aktivitas guru berada pada kategori baik (B), aktivitas dan hasil belajar siswa berada pada kategori cukup (C). Adapun hasil pembelajaran siklus II menunjukkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar berada pada kategori baik (B) sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe index card match dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa pada muatan IPS tentang jenisjenis usaha dan kegiatan ekonomi masyarakat di kelas V UPTD SD Negeri 166 Barru.

Keywords


hasil belajar; index card match; pembelajaran kooperatif

Full Text:

PDF

References


Aqib, Z., & Chotibuddin. (2018). Teori dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru/Kepala dan Pengawas Sekolah/Dosen dan Mahasiswa/Peneliti. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hasanah, M. (2023). Model Pembelajaran Index Card Match (ICM) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Edupedia, 2(1), 117–126.

Hasyim, A. (2020). Pelaksanaan Strategi Index Card Match secara Daring dalam Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Sub Tema Aku Merawat Tubuhku Semester Ganjil pada Siswa Kelas I MI Mambaul Ulum Umbulsari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pesat, 6(3), 73–94.

Jumarddin, L. F., Zuhari, & Arifin. (2015). Penerapan model pembelajaran Index Card Match dalam meningkatkan hasil belajar siswa Kelas Vb pada mata Pelajaran IPA di SDN 1 Talaga Besar Kec. Talaga Raya Kab. Buton Tengah. Jurnal Pemikiran Islam, 3(1), 36–54.

Kurniasih, D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar PAI Dan Budi Pekerti Materi Mengenal Nama Rasul Alloh Dan Ulul Azmi Melalui Metode Index Card Match Pada Siswa. UNISAedu, 5(4), 295–302.

Mahmud, S., & Muhammad, I. (2017). Strategi Belajar Mengajar. Aceh: Syiah Kuala University Press.

Mirdanda, A. (2019). Mengelola Aktivitas Pembelajaran di Sekolah Dasar. Pontianak: PGRI Provinsi Kalbar.

Permendikbud Nomor 21 Tentang Standar Isi.

Rukin. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Surabaya: CV. Jakad Media Publishing.

Susanti. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Index Card Match

terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Tajdid : Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 6(20), 22–36.

Yuniantika, D. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Index Card Match Untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas III SDN Wirokerten Yogyakarta. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4, 347–352


Article Metrics

Abstract view : 192 times | PDF view : 38 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rasmi Djabba, Abdul Hakim, Ayu Wulandari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Dipublikasikan oleh

Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Kampus VI UNM Bone

Universitas Negeri Makassar

Jalan Sudirman Watampone.

Hubungi 085299249197

Email: [email protected]

 

JIKAP Terindex:

                   

   

Lisensi Creative Commons
JIKAP dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .

                           Dedicated to:

 


Lihat Statistik Saya