Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Interaksi Manusia Pada Lingkungan Di Kelas V SD

Hasnah Hasnah(1*), Ila Israwaty(2), Fernandes Carles(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jkp.v7i3.44476

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan proses dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe example non example. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian ini adalah terjadi peningkatan proses dan hasil belajar siswa. Pada siklus I hasil observasi guru berada pada kategori baik (B) dan hasil observasi siswa berada pada kategori cukup (C). Pada siklus II hasil observasi guru berada pada kategori baik (B) dan hasil observasi siswa berada pada kategori baik (B). Adapun peningkatan hasil belajar siswa yaitu pada siklus I, hasil tes belajar siswa berada pada kategori Cukup (C). Pada siklus II, hasil tes belajar siswa berada pada kategori Baik (B). Simpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe example non example dapat meningkatkan proses dan hasil belajar belajar siswa tentang interaksi manusia pada lingkungan di kelas V UPTD SD Negeri 79 Parepare.


Keywords


Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


FApriliani, E., Nurhasanah, A., & Hakim, Z. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Pada Pembelajaran IPS Di Kelas IV SD. JIKAP PGSD : Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan. 4(3), 233–239.

Hasnah. (2012). Paradigma Pendidikan Masa Depan. Jurnal Publikasi Pendidikan, II(2), 130–138.

Israwaty, I., & Yulia, Y. (2019). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Yang Kreatif , Efektif dan Menarik Pada Guru Sekolah Dasar Di SD Negeri 35 Pare-Pare. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 536–538.

Lestari, E. S., Masrukhi, & Sunarto. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran PKn Berbasis Video Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JIKAP PGSD : Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 6(1), 8–15.

Mokoginta, H. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Example Non Example Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Sub Tema Ayo Cinta Lingkungan Pada Siswa Kelas IV. Jurnal Ilmiah Pembelajaran, 4.

Muliawan, J. U. (2017). 45 Model Pembelajaran Spektakuler Buku Pegangan Teknis Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Nurgiansah, T. H., Pratama, F. F., & Iman Nurchotimah, A. S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Dalam Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan PKN (Pancasila Dan Kewarganegaraan), 2(1), 10.

Putra, H, D, W. Haryono & Setiawan, D. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Lectora Inspire dan Macromath Terhadap Hasil Belajar Matematika. JIKAP PGSD : Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 6(2), 267–273.

Rahmad. (2016). Kedudukan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada Sekolah Dasar. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 67–78.

Rukin. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Takalar : Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.

Sutrisno, B. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Example Non Example Dalam Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 01 Mangunharjo Kota Madiun. Jurnal Edukasi.1(1),10-19.

Suyanti, P., Hanifah, N., & S. D. T. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Examples Non Examples Pada Materi Tokoh-Tokoh Sejarah Untuk Meningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Gunungsari. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 2021–2030.


Article Metrics

Abstract view : 196 times | PDF view : 28 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Hasnah Hasnah, Ila Israwaty, Fernandes Carles

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Dipublikasikan oleh

Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Kampus VI UNM Bone

Universitas Negeri Makassar

Jalan Sudirman Watampone.

Hubungi 085299249197

Email: [email protected]

 

JIKAP Terindex:

                   

   

Lisensi Creative Commons
JIKAP dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .

                           Dedicated to:

 


Lihat Statistik Saya