The Effect of Early Mathematical Ability and Mathematical Communication Ability on Mathematical Problem Solving Ability
(1) Universitas Pattimura, Indonesia
(2) Universitas Pattimura, Indonesia
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jdm.v11i2.51281
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ferryansyah, & Anwar, A. (2020). Hubungan Kemampuan Awal
Matematika Dengan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas Viii Smp 12 Tarakan. Mathematic Education Andaplication, 2(1), 8–14
Juhrani, Suyitno, H., & Khumaedi. (2017). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Self-Efficacy Siswa Pada Model Pembelajaran Mea. Unnes Journal Of Mathematics Education Research, 6(2), 251–258. Https://Journal.Unnes.Ac.Id/Sju/Index.Php/Ujmer/Article/View/20604
Lestari, K.E Dan Yudhanegara, M.R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika (Panduan Praktis Menyusun Skripsi, Tesis, Dan Laporan Penelitian Dengan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan Kombinasi Disertai Dengan Model Pembelajaran Dan Kemampuan Matematis). Bandung
Pratama, T. C., Hendra Kartika, Dan Indrie Noor Aini. (2017). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Dengan Kemampuan Komunikasi Matematis. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika) 2017 | Isbn: 978-602-60550-1-9 Pembelajaran, Hal. 668-679
Razak. F. (2017). Hubungan Kemampuan Awal Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Pada Siswa Kelas Vii Smp Pesantren Immim Putri Minasatene. Jurnal “Mosharafa”, Volume 6, Nomor 1, Januari 2017.
Safitri. (2023). Hubungan Motivasi Belajar Dan Kemampuan Awal Matematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa (Studi Pada Kelas X Sman 14 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022). Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung
Selvia, M. D., Satya Santika Dan Ipah Muzdalipah. (2017). Korelasi Kemampuan Komunikasi Matematik Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Terhadap Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (Laps)-Heuristic. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika. Vol. 3 No. 2, Pp. 145–150, September 2017
Suciati, I., Mailili, W. H., Dan Hajerina. (2022). Implementasi Geogebra Terhadap Kemampuan Matematika Peserta Didik Dalam Pembelajaran: A Systematic Literature Review. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 7(1), 27-42, Maret 2022. P-Issn 2541-0660, E-Issn 2597-7237 © 2022.
Susanto, Hadi. (2013a). Peran Komunikasi Dalam Pembelajaran Matematika.[Online]. Diakses Dari: Https://Begawanabiyasa.Wordpress.Com/2013/05/20/Peran-Komunikasidalam-Pembelajaran-Matematika/
Ulya, H. (2016). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Bermotivasi Belajar Tinggi Berdasarkan Ideal Problem Solving. Jurnal Konseling Gusjigang Vol. 2 No. 1 (Januari-Juni 2016).
Utami, R. W., & Wutsqa, D. U. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dan Self-Efficacy Siswa Smp Negeri Di Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika 4(2), 2017, 166-175
Wahyuni, Fina Tri, Arnetta Thalia Arthamevia, Dan Danang Haryo. (2018). Berpikir Reflektif Dalam Pemecahan Masalah Pecahan Ditinjau Dari Kemampuan Awal Tinggi Dan Gender. Jurnal Pendidikan Matematika 1 (1): 31
Article Metrics
Abstract view : 96 times | PDF view : 20 timesRefbacks
Copyright (c) 2023 Christanti Fransina Angel Paulus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Publisher:
Magister Program of Mathematics Education
prostgraduate Universitas Negeri Makassar
ramlan.mm@unm.ac.id
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Indexed by
daya matematis: jurnal inovasi pendidikan matematika is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/