THE EFFECTIVENESS OF GENERATIVE LEARNING MODEL WITH WRITE-PAIR-SWITCH STRATEGY IN MATHEMATICS LEARNING OF GRADE X STUDENTS AT SMA NEGERI 9 MAKASSAR
(1) UNM
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jds.v5i1.3036
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amaliah, Y. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa pada Konsep Cahaya. (Online). Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Anton, H. 1994. Elementary Linear Algebra Seventh Edition. New York: John Wiley & Sons.
Ardin. 2012. Efektivitas Pembelajaran Matematika Realistik Setting Kooperatif Tipe NHT dapat Menjadi Solusi dari Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Matematika di Kelas X SMA Negeri 1 Kulisusu. Tesis Tidak diterbitkan. Makassar: PPs UNM.
Aunurrahnan. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa: Edisi Keempat. Jakarta: PT. Gramedia.
Dimyati & Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Dunne, R. dan Wragg, T. 1996. Pembelajaran Efektif. Diterjemahkan oleh Anwar Jasin. Jakarta: Gramedia.
Edy, Yulianus, dan Asep. Efektivitas Model Pembelajaran Generatif pada Materi Lingkaran di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Marau. FKIP Untan.
Hake, R.R. 1999. Analyzing Change/Gain Scores. Artikel. www.physics.indiana.edu/~sdi/AnalyzingChange-Gain.pdf. (Online). Diakses 9 September 2015.
Hamalik, O. 2006. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamdani, D. dkk. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Generatif dengan Menggunakan Alat Peraga terhadap Pemahaman Konsep Cahaya Kelas VIII di SMP Negeri 7 Kota Bengkulu. Jurnal Exacta, Vol. X No. 1 Juni 2012. Diakses 21 Agustus 2015.
Hargreaves, D. 2005. About Learning: Report of the Learning Working Group. (Online). Demos: United Kingdom. (http://www.demos.co.uk/files/About_learning.pdf. Diakses September 9, 2015).
Ilyas, B. & Tiro, M. A. 2007. Statistika Terapan untuk Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial Edisi Kedua. Makassar: Andira Publisher.
Jacobs, G.M. Power, M. A., Loh, W. I. 2002. The Teacher’s Sourcebook for Cooperative Learning. Practical techniques, basic principles, and frequently asked questions. Thousand Oaks, CA: Corwin Press. Online. http://corwinpress.com/book.aspx?pid=7905. Diakses 28 Agustus 2015.
Matthews, K.R. 1998. Elementary Linear Algebra. (Second online version). University Of Queensland.
Nasution. 1986. Didaktik Asas-Asas Mengajar. Bandung: Jemmars.
Noormandiri. 2007. Matematika untuk SMA Kelas X. Jakarta: Erlangga.
Nurkancana, W. & Sumartana. 1986. Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Permendikbud. No. 81A Tahun 2013. Implementasi Kurikulum. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Puspasari, W.D. 2010. Meningkatkan Sikap Positif Siswa SMA Negeri 1 Muntilan terhadap Matematika melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Sagala, S. 2005. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Saputra, A. K. 2010. Keefektifan Pembelajaran Matematika Realisitk pada Kelas VII SMP Negeri 18 Makassar. Skripsi. Tidak diterbitkan. Makassar: Universitas Negeri Makassar.
Slameto. 1999. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Sudirman. 2005. Cerdas Aktif Matematika. Jakarta: Ganexa Exact.
Sudjana, N. 2004. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sudjana, N. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit ALFABETA.
Tiro, MA. 2000. Dasar-Dasar Statistika. Makassar: State University of Makassar Press.
Trianto, 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.
Warsita, B. 2008. Teknologi Pembelajaran, Landasan, dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Wittrock, Merlin C, (1992). Generative Learning Processes of the Brain. Educational Psychologist, 27(4), 531-541. University of California, Los Angeles.
Article Metrics
Abstract view : 609 times | PDF view : 181 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Lisnasari Andi Mattoliang

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Publisher:
Magister Program of Mathematics Education
prostgraduate Universitas Negeri Makassar
ramlan.mm@unm.ac.id
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Indexed by
daya matematis: jurnal inovasi pendidikan matematika is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/