EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL KOOPERATTIF TIPE TALKING STICK DENGAN STRATEGI MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 RANTEPAO

Evy Lalan Langi(1*),

(1) UNM
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jds.v4i1.2452

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model kooperatif tipe talking stick dengan strategi mind mapping dalam pembelajaran matematika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Rantepao. Keefektifan penerapan model pembelajaran ini mengacu pada 3 indikator ketercapaian yaitu hasil belajar siswa, aktivitas siswa, dan respon siswa. Jenis penelitian ini adalah pra-eksperimen dengan pendekatan one group pretest-postest design. Populasi adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Rantepao tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 10 kelas yang dibagi kedalam 2 kategori kelas yakni kelas unggulan (VII1 dan VII2) dan kelas regular (VII3 – VII10). Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik stratified random sampling sehingga diperoleh sampel yaitu kelas VII1 terdiri dari 41 orang dan VII5 terdiri dari 41 orang, untuk selanjutnya kedua kelas ini dianggap sebagai satu grup dengan perlakuan yang sama yaitu diajar dengan menerapkan model kooperatif tipe talking stick dengan strategi mind mapping.. Perangkat pembelajaran yang digunakan yaitu RPP, LKS, dan Buku Siswa. Instrumen penelitian yakni tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas siswa, angket respon siswa, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keterlaksanaan pembelajaran berada pada kategori sangat baik yakni dengan skor rata-rata 4,72, (2) Hasil belajar siswa (posttest) berada pada kategori tinggi yang mencapai nilai rata-rata 79,06 (KKM=76) dengan nilai gain ternormalisasi 0,73 atau berada pada kategori tinggi, serta ketuntasan secara klasikal sebesar 82% > 80%, (3) Aktivitas siswa berada pada kategori baik dengan rata-rata 3,7, (4) respon siswa terhadap pembelajaran yang menerapkan model kooperatif tipe talking stick dengan strategi mind mapping adalah sangat positif dengan persentase respon siswa 98%. Karena setiap indiator keefektivan yakni hasil belajar siswa, aktivitas siswa, dan respon siswa masing-masing telah mencapai kriteria eefektif, maka secara deskriptif dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe talking stick dengan strategi mind mapping efektif dalam pembelajaran matematika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Rantepao. Hasil uji hipotesis pada taraf siginifikan   dengan uji-t juga menunjukan bahwa model kooperatif tipe talking stick dengan strategi mind mapping efektif dalam pembelajaran matematika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Rantepao.

 

Kata kunci: Efektivitas pembelajaran, talking stick, mind mapping.


Full Text:

PDF

References


Amri, Satan. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Basir, Fahrul. 2014. Komparasi Keefektifan Penerapan Strategi Konflik Kognitif dan Strategi Peta Konsep Dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Asisted Individualisation) ditinjau dari Pemahaman Konsep, penalaran Komunikasi dan Pemecahan Masalah Geometri Dimensi Tiga Siswa Kelas X SMA Negeri 16 Makassar. Thesis Tidak Diterbitkan. Makassar: Program Pascasarjana UNM.

Budiyono,Budi Usodo &Yemi Kuswardi. 2012. Model,Media dan Evaluasi Pembelajaran Matematika. Surakarta: UNS.

Elyusra. 2011. Media Pembelajaran Peta Konsep: Suatu Wawasan Konseptual. (https://adabundaguru.wordpress.com/2011/03/22/media-pembelajaran-peta-konsep-suatu-wawasan-konseptual/, Diakses tanggal 20 November 20114).

Hasmiati, 2013. Efektivitas Pembelajaran Matematika Realistik dengan Setting Kooperatif tipe Team Accelerated Instroduction (TAI) dan Tipe Team Games Tournament (TGT) Materi Volume Bnagun Ruang pada Kelas V SD Inpres Bakung II. Thesis Tidak Diterbitkan. Makassar: Program Pascasarjana UNM.

Huda, Miftahul. 2014. Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur dan Model Terapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Khusna, Efirul. 2014. Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Dalam Pembelajaran Matematika Pada Pokok Bahasan Operasi Hitung Bentuk Aljabar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Salaman Tahun Pelajaran 2013/2014.

Mahmuddin. 2009. Pembelajaran Berbasis Peta Pikiran (Mind Mapping). (Online). (https://mahmuddin.wordpress.com/2009/12/01/pembelajaran-berbasis-peta-pikiran-mind-mapping/, Diakses tanggal 3 Desember 2014).


Article Metrics

Abstract view : 797 times | PDF view : 614 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Evy Lalan Langi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Publisher:

Magister Program of Mathematics Education

prostgraduate Universitas Negeri Makassar

ramlan.mm@unm.ac.id

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Indexed by

  

 

  

 

 Creative Commons License
daya matematis: jurnal inovasi pendidikan matematika is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats