MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA KELAS VI SD INPRES MALLENGKERI BERTINGKAT KOTA MAKASSAR

Wiantik Aksari Basri(1*),

(1) UNM
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jds.v4i1.2451

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan  teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes hasil belajar, dan angket respons siswa. Pada penelitian ini telah dilaksanakan proses pembelajaran dengan menerapkan pendekatan realistik dan model pembelajaran kooperatif yang dilaksanakan sebanyak 2 (dua) siklus dengan masing-masing disajikan selama 4 kali tindakan dan 1 kali pemberian tes hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan pemahaman matematika siswa kelas VI SD Inpres Mallengkeri Bertingkat Kota Makassar dengan indikator sebagai berikut: (1) terjadi peningkatan rata-rata skor hasil belajar matematika yang dicapai 32 siswa dari sebelum pelaksanaan tindakan ke setelah pelaksanaan tindakan pada siklus I dan siklus II; (2) persentase siswa yang tuntas belajar sudah memenuhi target minimal ketuntasan klasikal 75% siswa mencapai KKM; (3) rata-rata aktivitas siswa pada setiap aspek yang diamati menunjukkan bahwa aktivitas siswa dikatakan memenuhi kriteria efektif; (3) aktivitas guru menunjukkan bahwa kemampuan guru mengelola pembelajarn sudah berada pada kategori “sangat tinggi”;  (4) secara keseluruhan komponen yang direspons mendapat respons positif dari siswa dengan persentase di atas 70%.

 

Kata kunci: Pemahaman Matematika, Pendekatan realistic


Full Text:

PDF

References


Amri, S. & Ahmadi, I.K. (2010). Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif dalam Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Arends, R. (2007). Learning To Teach. Belajar Untuk Mengajar. (Edisi Ketujuh). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Biolla. (2009). Efektifitas Pendekatan Open-Ended Problem dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika (Tesis Magister tidak diterbitkan), Pascasarjana Universitas Negeri Makassar, Makassar.

Daryanto & Tasrial. (2012). Konsep Pembelajaran Kreatif. Yogyakarta: Gava Media.

depdiknas. (2003). Kurikulum 2004: Pedoman Khusus Pengembangan Portofolio untuk Penilaian. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Depdiknas.

Hamka, A. (2010). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika melalui Penerapan Kooperatif Tipe STAD dengan Pendekatan Pemecahan Masalah pada Siswa Kelas XI IPA-3 SMA Negeri 2 Jayapura (Tesis Magister tidak diterbitkan), Pascasarjana Universitas Negeri Makassar, Makassar.

Hastina, A. (2010). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Model Kooperatif pada Pokok Bahasan Perbandingan dan Skala untuk Siswa Kelas V SD (Tesis Magister tidak diterbitkan), Pascasarjana Universitas Negeri Makassar, Makassar

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21 (Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013). Bogor: Ghalia Indonesia.

Hudojo, H. (2003). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. JICA: Universitas Negeri Malang.

Ibrahim (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA

Mulbar, U. (2014). Metakognisi Siswa dalam Pembelajaran Matematika Realistik. Makalah disajikan dalam Pidato pengukuhan Profesor pada Sidang Senat Terbuka Luar Biasa, Universitas Negeri Makassar, Makassar, 25 November 2014.

Nahdliyana, F., Sulistyarini, I. & Ma’ruf, A. (2012). Model Pembelajaran Matematika Realistik. Tugas Mata Kuliah Inovasi pembelajaran Matematika 1. Diambil dari http://kelompok11-3d.blogspot.com/.

Novia, W. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Surabaya: Kashiko Press.


Article Metrics

Abstract view : 728 times | PDF view : 299 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Wiantik Aksari Basri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Publisher:

Magister Program of Mathematics Education

prostgraduate Universitas Negeri Makassar

ramlan.mm@unm.ac.id

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Indexed by

  

 

  

 

 Creative Commons License
daya matematis: jurnal inovasi pendidikan matematika is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats